FBPixel
Inbound Marketing, Teknik Pemasaran Jitu untuk Menggaet Konsumen

Inbound Marketing, Teknik Pemasaran Jitu untuk Menggaet Konsumen

Ditulis pada 19 Mei 2022 oleh

Kategori :

Era digital bisa dikatakan sebagai zaman yang istimewa. Pasalnya, ada banyak perubahan dan inovasi di bidang bisnis yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah inbound marketing, istilah yang cukup familier di kalangan pebisnis dalam talian.

Bagi Anda yang membuka toko secara dalam talian dan ingin menggaet banyak konsumen, mempelajari lebih lanjut tentang inbound marketing merupakan langkah yang tepat. Penasaran dengan teknik pemasaran yang satu ini? Yuk, baca pembahasan berikut dengan saksama!

Apa Itu Inbound Marketing?

Inbound marketing adalah metode untuk menarik pelanggan tertarget dengan cara menemani mereka selama keseluruhan proses, mulai dari ketika pelanggan baru berinteraksi dengan bisnis Anda sampai mereka akhirnya menjadi pelanggan setia.

Mengapa Inbound Marketing Penting?

Pemasaran inbound menjadi cukup penting karena beberapa alasan berikut:

  • bersifat jangka panjang atau berkelanjutan,
  • menghasilkan prospek yang bermutu,
  • tidak menghabiskan banyak biaya,
  • membuat bisnis lebih dikenal, dan
  • membangun kredibilitas.

Metodologi Inbound Marketing

Attract

Pada tahapan ini, Anda akan menggaet konsumen potensial melalui konten atau pesan yang terpersonalisasi. Tahap attract akan menciptakan peluang bagi konsumen untuk engage dengan bisnis Anda.

Engage

Tahap engage memberikan informasi dan solusi yang berguna untuk menyelesaikan permasalahan konsumen atau mengantarkan pelanggan kepada tujuan. Metode ini akan mendorong mereka untuk berinvestasi kepada bisnis.

Delight

Tahap ini memastikan agar pelanggan merasa senang dan puas setelah melakukan pembelian.

Baca juga: Strategi Marketing Paling Efektif Untuk Pengembangan Usaha Anda

Elemen-Elemen dalam Inbound Marketing

Dalam inbound marketing, ada beberapa elemen yang perlu Anda perhatikan, antara lain,

Riset

Sudah memahami bagaimana sasaran inbound marketing Anda? Jika belum, riset akan membantu memberikan informasi seputar target pemasaran, seperti profesi, usia, minat, media yang dikonsumsi, agama, atau segmentasi ekonomi dan sosial. Riset juga memudahkan Anda untuk memprediksi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor.

Pembuatan portal untuk menampilkan konten

Konten harus diterbitkan di portal yang tepat. Pembuatan portal yang disesuaikan dengan hasil riset akan mendatangkan audiens dan mendorong lebih banyak interaksi dengan konsumen. Portal yang efektif memerlukan beberapa hal, seperti SEO yang berkualitas dan penyertaan call-to-action.

Pembuatan konten

Konten perlu dibuat dengan mempertimbangkan tema dan format yang sesuai dengan tujuan bisnis maupun minat audiens. Contohnya, jika Anda menjual produk perawatan wajah, konten dengan tema-tema yang berkaitan, seperti gaya hidup sehat dan pemilihan bahan yang sesuai kebutuhan kulit, akan sejalan dengan tujuan bisnis sekaligus mendorong pemirsa untuk mengenali produk yang ditawarkan.

Publikasi dan promosi konten

Publikasikan konten yang relevan dengan bisnis dan minat audiens ke portal yang sudah Anda bangun. Kemudian, promosikan konten tersebut melalui media yang tepat. Dalam pemasaran inbound, e-mail dan jejaring sosial merupakan beberapa opsi yang kerap diandalkan.

Penjaringan prospek (leads)

Prospek dapat dijaring menggunakan call-to-action yang sesuai dengan tujuan pemasaran. Beberapa contoh call-to-action yang bisa diterapkan, yakni mengajak berlangganan melalui e-mail agar audiens dapat memperoleh berita terkini terkait bisnis Anda, konten khusus, atau acara terbatas.

Optimisasi secara berkala

Optimisasi portal dan konten sangat penting dalam pemasaran inbound. Setiap melakukan optimisasi, Anda perlu mencatat hasilnya secara berkala. Hasil ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan atau mengubah strategi inbound marketing sehingga proses pemasaran berjalan berjalan lancar.

Perbedaan Inbound Marketing dan Outbound Marketing

Inbound dan outbound marketing pada dasarnya termasuk teknik pemasaran yang bermanfaat. Namun, keduanya berbeda dalam hal komunikasi. Outbound marketing mengandalkan komunikasi tradisional yang bersifat agresif. Sebaliknya, pendekatan dalam marketing inbound berfokus pada komunikasi digital yang bersifat interaktif, noninvasif, dan spesifik.

Inbound channel dan outbound channel pun berbeda. Pemasaran inbound mencakup saluran-saluran kunci, seperti konten web dengan faktor keviralan dan posisi di mesin pencarian, kiriman, grup, dan tagar media sosial, atau OOH (Out of Home) dan DOOH (Digital Out of Home). Sementara itu, saluran pemasaran outbound biasanya berupa media penyiaran, periklanan digital, atau acara outdoor dan pameran.

Strategi Pemasaran Inbound

Mengetahui tujuan

Apa yang menjadi tujuan Anda? Apakah brand awareness? Peningkatan penghasilan? Prospek yang lebih terkualifikasi?

Mempelajari audiens

Dalam semua teknik pemasaran, termasuk marketing inbound, audiens merupakan aspek paling dasar. Untuk mengetahui pelanggan potensial yang tertarik dengan bisnis Anda, pahami terlebih dahulu apa yang mereka cari. Minat konsumen bisa diselidiki dengan riset kata kunci.

Membangun strategi konten

Bangunlah konten dengan mengandalkan berbagai faktor. Misalnya, pencarian kata kunci, brainstorming, pertemuan, pembuatan laporan, atau memperbarui konten lama.

Mengevaluasi, mempertimbangkan, dan menyesuaikan

Evaluasi apa pun yang berkaitan dengan konten, seperti analisis traffic dan atribusi pendapatan. Dari evaluasi tersebut, Anda dapat melakukan pertimbangan dan penyesuaian untuk langkah pemasaran berikutnya.

Baca juga: Cara Mempromosikan Produk yang Efektif Untuk Tingkatkan Penjualan

Belajar Inbound Marketing

Workshop

Ada berbagai workshop terkait pemasaran, termasuk inbound marketing, yang bisa Anda ikuti. Mengapa memilih belajar lewat workshop? Berbeda dengan kursus yang umumnya membutuhkan waktu lebih dari sebulan, workshop berlangsung sangat singkat.

Namun demikian, Anda tetap bisa memahami intisari dari inbound marketing berkat penjelasan dari para ahli yang menjadi pembicara workshop.  Jika ingin bertanya-tanya, para pakar di workshop pun dengan senang hati akan memberikan jawaban yang bermanfaat.

Kelas Sertifikasi

Apabila workshop belum cukup untuk memenuhi keingintahuan Anda tentang inbound marketing, ikut kelas sertifikasi bisa menjadi solusi. Kelas biasanya dijadwalkan dalam beberapa sesi dan setiap sesi akan membahas satu pokok permasalahan. Kemudian, akan ada tes untuk menguji pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti kelas. Setelah dinyatakan lolos tes, Anda akan memperoleh sertifikat.

Konferensi

Dalam konferensi, peserta akan mencatat materi tentang inbound marketing yang disampaikan oleh narasumber ahli. Anda bisa mengikuti konferensi secara dalam talian maupun offline. Tentunya, konferensi dalam talian akan lebih praktis karena dapat disaksikan di rumah atau di tempat kerja.

Bagaimana? Apakah informasi yang disampaikan di atas sudah jelas? Inbound marketers tidak hanya perlu membuat strategi jitu, tetapi juga harus terus belajar dan mengoptimalkan pemasaran dengan media yang tepat.

Bagi Anda yang sedang mencari media untuk mendukung marketing inbound, AturToko dapat menjadi solusi pas. Berkat tiga fitur unggulannya, yaitu OmniPos, AturToko+, dan BuatToko, setiap orang bisa mengelola bisnis dengan mudah dan nyaman. Penasaran? Langsung saja daftarkan diri Anda di sini!

Bahasa Melayu