FBPixel
Jenis-jenis Promosi

Cara Mempromosikan Produk yang Efektif Untuk Tingkatkan Penjualan

Ditulis pada 23 Feb 2022 oleh

Kategori :

Semua pebisnis pasti ingin mencapai keuntungan yang maksimal dalam penjualan produknya. Ini tidak bisa Anda lakukan tanpa promosi. Sebagus apa pun produk atau  layanan yang Anda tawarkan tidak akan dikenal orang tanpa adanya promosi. Oleh sebab itu, penting bagi setiap pengusaha untuk tahu bagaimana cara mempromosikan produk yang  efektif.

Apakah  Anda masih baru di dunia bisnis atau sedang terus mencari cara untuk meningkatkan penjualan, simak pembahasan lengkap mengenai bagaimana cara mempromosikan produk berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Promosi?

Apa yang Dimaksud dengan Promosi?
picpedia.org

Jika dilihat dari definisinya, promosi merupakan salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan pembeli ke  penjual. Penjual secara persuasi akan mengajak pembeli untuk membeli produk dan menggunakan jasa yang mereka miliki lewat promosi. 

Promosi akan membantu publik untuk sadar akan eksistensi sebuah produk, layanan, dan perusahaan. Ini juga bisa menjadi langkah untuk meningkatkan citra perusahaan di mata publik. Selain itu, strategi marketing ini bisa menciptakan ketertarikan calon pembeli dan menghasilkan pelanggan yang loyal.

Manfaat Promosi bagi Bisnis Anda

Manfaat Promosi bagi Bisnis Anda
pic4free.org

Secara umum, tujuan promosi sebenarnya hanya satu: mencapai target penjualan yang diinginkan dan memperoleh keuntungan maksimal. Namun, proses untuk mencapai hal tersebut sangat panjang. Simak beberapa manfaat promosi dalam berbagai aspek bisnis berikut ini.

Memperkenalkan Produk

Bagi sebuah perusahaan baru, promosi adalah cara untuk memperkenalkan brand mereka. Bagi perusahaan lama, promosi bisa jadi cara untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan agar produk atau brand terus diingat atau mungkin jika  ada layanan atau produk baru yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda.

Meningkatkan Kesadaran Merek

Promosi merupakan cara yang efektif untuk membuat publik mengenal brand Anda. Makin banyak orang yang mengenal brand Anda, makin besar juga peluang mereka akan membeli produk dan menggunakan layanan yang Anda sediakan. Ketika sebuah produk sudah membentuk kesadaran publik, maka eksistensinya akan berubah menjadi top of mind. Artinya, ketika mereka membutuhkan  produk A, maka brand Anda-lah yang akan jadi pilihan pertama.

Menghadirkan Pelanggan yang Loyal

Loyalitas pelanggan tidak hanya dibentuk oleh produk dan layanan yang memuaskan. Promosi bisa menjadi cara yang bagus bagi Anda menjalin hubungan baik dengan pelanggan Anda. Dengan cara ini, mereka akan melihat alasan produk Anda adalah opsi terbaik bagi mereka. Hasilkan ide-ide kreatif untuk meningkatkan retensi pelanggan, mulai dari menawarkan diskon atau promo untuk pembelian kedua.

Mempertahankan Eksistensi di Tengah Kompetisi

Semua bisnis pasti punya kompetitor kecuali perusahaan Anda memunculkan produk atau layanan yang belum ada sebelumnya. Nah, makin ketat persaingan, makin penting promosi bagi bisnis Anda. Dengan cara ini, Anda bisa mempertahankan eksistensi di tengah banyaknya kompetitor. Ketika pesaing Anda menggunakan strategi A, temukan langkah yang lebih baik lagi. Dengan begitu, Anda akan selalu berada di baris depan di antara sekian banyak pilihan konsumen.

Baca juga: Apa Itu Promosi Bisnis: Pengertian, Tujuan, Jenis, Contoh dan Manfaatnya

Jenis-jenis Promosi

Jenis-jenis Promosi
piqsels.com

Ada banyak cara yang bisa digunakan oleh sebuah perusahaan untuk berpromosi. Beberapa jenis promosi tersebut antara lain:

Personal Selling

Personal selling merupakan cara mempromosikan produk secara lisan. Dengan bantuan percakapan dari orang ke orang (mouth to mouth), produk dijual lewat teknik persuasi melalui panggilan telepon maupun interaksi tatap muka antara penjual atau perwakilan perusahaan dengan konsumen.

Promosi Digital

Promosi digital disebut juga sebagai cara mempromosikan produk secara online. Semua cara promosi yang ditemukan di media digital termasuk internet adalah bagian dari promosi digital. Iklan online lewat SEO, content marketing, social media marketing, email, marketing afiliasi, dan lain sebagainya adalah contoh promosi digital.

Public Relation (Humas)

Promosi dengan bantuan humas akan membantu perusahaan dalam melindungi, meningkatkan, bahkan membangun kembali reputasi perusahaan maupun merek. Contoh promosi humas adalah lewat press release.

Sponsorship

Sponsorship merupakan bentuk promosi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan menyediakan sumber daya dan uang untuk sebuah acara. Tujuannya adalah untuk menerima publisitas dan iklan dengan nilai yang sama.

Promosi Penjualan

Promosi penjualan dilakukan dengan memberikan penawaran dalam waktu terbatas. Beberapa contoh yang umum adalah dengan memberikan diskon atau promo beli 1 gratis 1.

Direct Marketing

Direct marketing dilakukan oleh perusahaan dengan cara menghubungi langsung klien yang ditargetkan. Dengan menggunakan email atau media lain, Anda bisa menginformasikan secara personal kepada pelanggan Anda tentang penawaran dan promosi yang sedang berlangsung.

Baca juga: Strategi Marketing Paling Efektif Untuk Pengembangan Usaha Anda

Tips dan Cara Promosi Paling Efektif

Promosi pada dasarnya sudah dikenal sejak dulu. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, cara yang digunakan pun makin beragam. Pelajari bagaimana mempromosikan bisnis lewat tips berikut ini!

Manfaatkan Local Listings

Mendaftarkan bisnis Anda ke Google dengan Google My Business bisa membantu pelanggan potensial untuk menemukan lokasi dan jam operasional bisnis Anda dengan mudah. Pelanggan juga bisa membuat ulasan terkait pengalaman pembelian mereka. Jika ulasannya positif, ini akan membantu calon pelanggan baru untuk memilih bisnis Anda.

Gunakan Media Sosial

Saat ini, hampir semua orang baik individu maupun bisnis memiliki sosial media. Dengan platform ini, Anda bisa dengan aktif menginformasikan berbagai hal tentang bisnis Anda, baik itu promo produk baru, diskon, dan lain sebagainya. Anda juga akan lebih mudah berinteraksi dengan pelanggan, termasuk menjawab pertanyaan atau menanggapi keluhan. Ini membuat semua membuat media sosial sebagai media berpromosi yang gratis dan mudah.

Tidak hanya lewat cara gratis, Anda juga dapat memanfaatkan iklan berbayar di media sosial. Iklan di Facebook, misalnya, memungkinkan Anda melakukan promosi tertarget sesuai demografi pelanggan potensial Anda.

Optimasi SEO Situs Anda

SEO atau Search Engine Optimization akan membantu bisnis Anda memperoleh peringkat tinggi dalam pencarian Google. Ini akan memudahkan pengguna menemukan bisnis Anda. Jika Anda tidak memahami bagaimana cara kerja SEO dan optimasi website, lakukan konsultasi dengan agensi SEO agar hasilnya optimal.

Libatkan Diri dalam Komunitas Online

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda adalah dengan cara bergabung bersama komunitas online dalam industri yang Anda jalankan. Fokuslah membangun koneksi dengan anggota komunitas dengan aktif berkontribusi dalam percakapan.

Anda juga bisa membangun reputasi dalam industri Anda dengan menulis postingan di blog yang relevan atau membuat guest post di blog orang lain. Selain bisa memperluas jaringan, cara ini juga dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

Manfaatkan Aplikasi

Di era digital ini, aplikasi merupakan media yang bisa membantu Anda mengembangkan bisnis dan seluruh potensinya. AturToko.id sebagai enabler e-commerce siap membantu Anda memaksimalkan bisnis dengan berjualan di pasaran lewat tiga cara, yakni via OmniPos, AturToko +, dan BuatToko.

Tertarik membangun bisnis bersama AturToko.id? Hubungi kami sekarang juga!

Bahasa Melayu