FBPixel
10 Cara Membuat Brand Sendiri Supaya Bisnis Anda Mudah Dikenal

10 Cara Membuat Brand Sendiri Supaya Bisnis Anda Mudah Dikenal

Ditulis pada 29 Jun 2022 oleh

Kategori :

Merintis toko online berarti Anda harus menyiapkan banyak hal. Bukan hanya membuat produk saja, tetapi juga harus memikirkan apa nama yang tepat untuk bisnis Anda. Ya, Anda perlu tahu bagaimana cara membuat brand sendiri agar masyarakat mudah mengenalinya.

Bikin brand sendiri memang pekerjaan rumah yang cukup berat, tetapi tetap bisa Anda selesaikan dengan mulus jika mengetahui deretan cara di bawah ini.

  1. Lakukan Riset Pasar Dahulu

Membangun brand tidak bisa lepas dari langkah riset pasar. Anda perlu mencermati kondisi pasar dan mempelajari kompetitor sebelum memutuskan menciptakan merek bisnis sendiri. Coba lakukan analisis pasar dan posisikan diri Anda seperti konsumen, serta membuat survei terhadap target pasar.  

  1. Buat Positioning Brand 

Buat positioning brand supaya orang tahu bagaimana karakteristik bisnis Anda. Misalnya, Anda ingin membuat toko bahan makanan organik. 

Terapkan elemen tersebut pada semua lini, mulai dari desain minimalis dengan warna hijau, kebijakan refill dengan wadah sendiri jika datang ke toko offline, hingga kantong belanja yang bisa dipakai kembali.

  1. Temukan nama yang mudah diingat 

Makin unik, makin mudah diingat? Belum tentu lho. Lebih penting adalah Anda bisa membuat nama brand yang sederhana dan mudah diingat, plus mudah diucapkan. Pelajari lagi hasil riset pasar dan bagaimana Anda ingin memposisikan brand tersebut.

Ingat, nama brand mempengaruhi banyak aspek. Sebut saja, logo, pendaftaran merek dagang, nama domain web, dan kebutuhan pemasaran. Contoh, Anda hendak menjual aksesori remaja perempuan, pilihlah nama yang menyiratkan kesan manis dan girly. 

  1. Siapkan Gaya Brand Anda

Tentukan tampilan dan gaya brand Anda secara visual. Perhatikan beberapa aspek berikut, seperti warna yang dominan, jenis huruf atau tipografi, dan jenis logo yang ingin digunakan. 

Cermati juga kombinasi warna dan pilihan logo, apakah sesuai dengan citra brand yang Anda inginkan. Satu hal yang perlu dicatat, logo dan tampilan visual brand tidak perlu artistik, tetapi menarik perhatian mata dan mudah dikenali.

  1. Buat Slogan atau Tagline

Cara membuat brand sendiri berikutnya adalah menentukan slogan atau tagline. Slogan bisa merepresentasikan visi misi brand sehingga membuat bisnis Anda lebih mudah dikenali. Buat slogan secara deskriptif tetapi singkat. 

Jangan khawatir jika suatu hari Anda merasa perlu mengubah slogan tersebut sebab itu merupakan bagian dari pengembangan bisnis, terutama dari sisi pemasaran. Namun, tetaplah buat slogan yang enak dibaca dan mudah diingat publik.

  1. Lakukan Personalisasi pada Brand

Personalisasi brand penting supaya produk yang ditawarkan tampil lebih menonjol dibandingkan produk sejenis dari kompetitor. Personalisasi juga menandai kepemilikan berbagai konten yang Anda hadirkan untuk memperkenalkan brand bisnis ini. 

Katakanlah Anda memulai bisnis online dengan menjadi reseller pakaian anak merek L. Alih-alih menggunakan konten jualan dari produsen, Anda bisa membuat foto sendiri lengkap dengan watermark, logo, dan deskripsi produk dengan kata kunci sesuai. Ini akan mempermudah konsumen menemukan produk Anda karena tampak menonjol di tengah ratusan produk serupa. 

  1. Bangun Unique Selling Point Brand Anda

Apa Unique Selling Point yang Anda usung untuk produk tersebut? Anda boleh menonjolkan kelebihan maupun manfaat produk, berikut pelayanan ekstra yang siap memanjakan pelanggan. 

Selipkan juga cerita unik suatu produk yang dihadirkan dalam sebuah konten promosi, alias Unique Story Point. Sebuah cerita mampu membuat calon pembeli tergugah. Ketika mereka tertarik membeli produk dengan kisah di baliknya, semata karena mereka merasa terhubung dengan cerita tersebut.

  1. Kolaborasi untuk Memperkuat Brand

Berkolaborasi dengan menggabungkan dua nilai dari dua brand ternyata dapat membantu pengembangan brand tersebut. Pasalnya, Anda menciptakan satu nilai baru kepada pelanggan sehingga mereka tertarik untuk mencoba dan membeli produk tersebut. 

Contoh, kolaborasi minuman kopi kekinian dan susu kedelai kemasan menghasilkan es kopi susu bercita rasa unik. Orang pun jadi tahu ada brand susu kedelai kemasan baru dengan rasa enak dan cocok untuk meracik es kopi susu. 

  1. Gencar Berpromosi

Tentu saja cara bikin brand sendiri mustahil sukses tanpa promosi. Langkah ini jadi bagian terpenting untuk memperkenalkan brand Anda kepada masyarakat. 

Anda bisa memaksimalkan promosi di media sosial, baik secara gratis maupun lewat iklan berbayar. Boleh juga menggaet influencer untuk memberikan endorse atas produk Anda. Jangan lupa gunakan ide-ide promosi kreatif agar konsumen penasaran dan tertarik membeli produk tersebut.

  1. Konsisten Membangun Brand

Semua butuh proses, demikian pula saat membangun brand. Jika Anda melihat brand ternama tetap dikenal dan melekat di benak publik hingga sekarang, semua karena pemilik bisnisnya konsisten membangun brand tersebut untuk waktu yang lama. 

Anda bisa terus berpromosi untuk memperkuat brand, tetapi jangan mengesampingkan kualitas produk dan pelayanan. Susun strategi penjenamaan sebaik mungkin sambil tetap berinovasi untuk mengembangkan produk dan tingkatkan pelayanan agar pelanggan tetap setia dan menarik lebih banyak calon pelanggan. 

Demikian 10 cara membangun brand sendiri yang bisa Anda segera praktikkan. Membangun brand adalah sebuah perjalanan panjang sehingga Anda perlu layanan AturToko untuk mengelola toko online. Jadi, Anda bisa fokus membesarkan brand sekaligus mengelola operasional toko online dengan rapi dan teratur. Ayo, temukan lebih banyak tentang AturToko di sini!

Bahasa Melayu