FBPixel
Tingkatkan Penjualan! Ini Strategi Mengoptimalkan Toko Fisik

Tingkatkan Penjualan! Ini Strategi Mengoptimalkan Toko Fisik

Ditulis pada 03 Jul 2022 oleh

Kategori :

Diakui atau tidak, keberadaan toko dalam talian di era digital ini cukup “mengancam” toko fisik. Bagaimana tidak, kemudahan yang ditawarkan toko dalam talian sangat menarik bagi pelanggan. Namun, sebagai pemilik usaha, memiliki toko dalam talian saja tidak cukup. Terkadang dibutuhkan pula toko fisik agar distribusi barang selalu tersedia. 

Masalahnya, toko fisik membutuhkan biaya cukup tinggi, yerutama jika tempat yang digunakan masih menyewa. Untuk menyeimbangkan angka pemasukan dan pengeluaran, toko fisik diharapkan bisa menghasilkan sebanyak atau paling tidak sama baiknya dengan penjualan di toko dalam talian

Artikel di bawah ini akan membahas bagaimana cara mengoptimalkan toko fisik agar memiliki angka penjualan tinggi. Mari kita simak ulasan berikut,

Berhubungan dengan Komunitas Lokal

Salah satu kelemahan toko dalam talian adalah minimnya kepercayaan konsumen apabila tidak memiliki toko fisik. Sementara itu, supaya bisa menyewa lahan untuk toko fisik, Anda butuh angka penjualan yang baik. Supaya keduanya beriringan dan berjalan dengan baik, strategi pertama adalah berhubungan dengan komunitas lokal. 

Setiap daerah pasti memiliki aliansi atau komunitas pengusaha dalam talian maupun offline. Jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas tersebut. Sebab biasanya, mereka memiliki aneka kegiatan produktif dan menarik, termasuk salah satunya adalah pameran.

Bergabung dengan komunitas jelas membuka peluang untuk bisa mengikuti pameran lokal. Mengikuti pameran merupakan upaya yang bisa dilakukan agar penjualan toko fisik meningkat. Kegiatan ini juga bisa meningkatkan awareness masyarakat terhadap toko dalam talian sehingga mereka lebih percaya.

Selain itu, aktifnya hubungan sebuah toko dengan suatu komunitas dapat memberi sinyal kepada konsumen bahwa usaha tersebut dapat dipercaya. Ya, di era digital ini kepercayaan tetap menjadi kunci maju tidaknya sebuah usaha baik itu dalam talian maupun offline

Tetap Mengandalkan Toko Online dan Offline

Mempertahankan toko fisik bukan berarti Anda harus memaksimalkan potensi toko dengan memperbesar tempat penyimpanan, menyewa lahan baru, atau memperluas tempat usaha. Diakui atau tidak, konsumen zaman sekarang lebih nyaman berbelanja secara dalam talian karena dianggap lebih mudah dan praktis.

Supaya usaha tetap berdiri tegak, peran toko dalam talian tidak bisa diabaikan. Akan lebih baik lagi apabila toko dalam talian dan toko fisik sama-sama memiliki angka penjualan yang baik. Keuntungan dari toko fisik dapat kita gunakan untuk digital marketing. Sebaliknya, keuntungan toko dalam talian bisa dipakai untuk menyewa tempat usaha. 

Jadi, jangan ragu untuk tetap mempromosikan toko dalam talian dan memaksimalkan potensinya dengan berbagai strategi digital marketing

Mengandalkan SEO Berkualitas Tinggi

Saat ini, konsumen sering mengandalkan pencarian dalam talian sebelum mereka mengunjungi toko fisik. Inilah mengapa praktik SEO penting untuk dilakukan supaya strategi pemasaran bisa berjalan dengan baik. Gunakan kata kunci yang tepat agar toko offline bisa ditemukan dengan mudah.

Makin mudah toko ditemukan, makin tinggi pula kesempatan untuk meningkatkan angka penjualan. Untuk optimalisasi SEO, kita bisa mengandalkan konten laman web toko dalam talian, tautan ke media sosial atau situs berkualitas lain, dan link ke toko dalam talian yang ada di pasaran.

Cara mengoptimalkan toko fisik seperti toko dalam talian ini dinilai cukup efektif di era digital seperti sekarang. 

Beri Insentif untuk Konsumen Offline

Masyarakat lokal terutama di daerah Jawa pasti familiar dengan istilah “getok tular”. Artinya, pemasaran terbaik berasal dari mulut orang yang puas atau memiliki pengalaman menyenangkan terhadap suatu tempat usaha. Hal semacam ini tentu bisa kita manfaatkan.

Buatlah program customer referral bagi konsumen agar mereka tertarik untuk mengajak teman dan kerabat berbelanja di toko Anda. Tawarkan diskon pembelian, atau bonus jika mereka berhasil mengajak seseorang. Tidak hanya meningkatkan awareness, cara ini dinilai berhasil dalam meningkat angka penjualan.

Salah satu tips mengoptimalkan toko fisik ini memang terlihat sepele tetapi cukup efektif dalam meningkatkan penjualan dibanding pemasaran melalui media sosial, banner, atau iklan. Jadi setiap ada pelanggan berkunjung, jangan ragu untuk bertanya tentang pengalaman belanja mereka dan tawarkan program customer referral.

Buat Program Loyalitas

Untuk membangun loyalitas, ketersediaan atau kelengkapan barang bukan satu-satunya strategi yang bisa dilakukan. Buatlah pula program layanan lain yang dapat menarik minat dan membuat konsumen nyaman setiap berbelanja di toko fisik Anda. Misalnya, kita memiliki sebuah toko fisik yang menjual pakaian.

Contoh program loyalitas yang bisa ditawarkan adalah dengan menyediakan stylist sebagai pemberi saran mana tren pakaian yang cocok untuk konsumen. Adanya service semacam ini tentu membuat hubungan toko dengan konsumen lebih intim. Jika nyaman, bukan tidak mungkin mereka akan kembali dan melakukan pembelian.

Selain strategi di atas, Anda juga bisa meningkatkan potensi toko dalam talian maupun offline dengan memanfaatkan berbagai layanan di AturToko. AturToko merupakan platform enabler e-commerce yang berfokus untuk membantu sebuah bisnis agar mudah berjualan di banyak pasaran melalui tiga produk unggulannya, yaitu OmniPos, BuatToko, dan AturToko+.

Sebagai salah satu platform omnichannel terbaik di Indonesia, fitur-fitur dari AturToko akan memudahkan pebisnis dalam mengelola toko mereka baik secara offline (toko fisik) maupun dalam talian (pasaran dan social media marketing). Dengan mengoptimalkan penjualan di semua channel baik secara dalam talian maupun offline, bisnis akan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Tunggu apalagi, yuk manfaatkan berbagai layanan dari AturToko untuk kebutuhan bisnis Anda. Coba gratis sekarang!

Bahasa Melayu