FBPixel
Strategi Pemasaran Online yang Tepat untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Strategi Pemasaran Online yang Tepat untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Ditulis pada 22 Apr 2022 oleh

Kategori :

Agar bisnis dapat berkembang sesuai harapan dan memberikan keuntungan menjanjikan, Anda memerlukan strategi pemasaran online yang tepat. Namun sebenarnya, apa yang dimaksud dengan pemasaran online? Secara sederhana, pemasaran atau marketing online merupakan suatu cara memasarkan produk dengan memanfaatkan teknologi digital dan koneksi internet. Misalnya, Anda bisa memasarkan produk melalui iklan, media sosial, blog, atau website.

Sekilas, memasarkan bisnis secara online memang tampak mudah. Meski demikian, agar bisnis menjadi lebih efektif dan efisien, Anda perlu mengetahui apa saja jenis marketing online dan bagaimana cara penerapannya. 

Berbagai Strategi Memasarkan Produk Secara Online

Teknik pemasaran secara daring punya banyak cara berdasarkan layanan, produk, dan target pelanggan. Beberapa strategi marketing online yang bisa Anda coba, yaitu:

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau SEO dilakukan supaya situs Anda bisa tampil pada halaman pertama mesin pencarian Google. Meski begitu, strategi bisnis online ini tidak menggunakan iklan Google Ads. Artinya, keberhasilan strategi ini bergantung pada konten website. SEO sebagai teknik marketing online terbagi menjadi tiga, yaitu:

  • SEO on-page, optimasi yang dilakukan melalui website dengan cara membuat konten ramah SEO.
  • SEO off-page, optimasi yang dilakukan di luar website dengan cara menambah backlink.
  • Technical SEO, optimasi yang dilakukan dari segi teknis sehingga bisa mendapatkan ranking Google lebih mudah. 
  1. Pay Per Click (PPC)

Strategi penjualan online berikutnya adalah Pay Per Click atau PPC. Cara ini dilakukan dengan membayarkan sejumlah uang pada jasa promosi yang sesuai dengan banyaknya klik dari pelanggan yang didapatkan.

  1. Content Marketing

Content marketing menjadi cara memasarkan produk secara online yang paling banyak digunakan. Anda bisa membuat infografis, artikel, video, atau majalah elektronik dan mengunggahnya ke media sosial atau website untuk menarik minat pelanggan. 

  1. Affiliate Marketing

Cara marketing online ini dilakukan melalui kolaborasi dengan pebisnis lain untuk saling mempromosikan produk dengan sistem bagi hasil. Selain meningkatkan penjualan, teknik pemasaran ini juga memungkinkan Anda mendapatkan rekan bisnis baru dan melebarkan relasi.

Macam-Macam Marketing Online

Sebenarnya, ada berapa macam cara mempromosikan pemasaran online? Berikut jenis pemasaran online yang banyak dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis dalam mengenalkan produk mereka pada calon pelanggan:

  1. Situs atau Website

Website menjadi cara marketing online yang cukup mudah dipakai. Selain itu, website juga cenderung lebih efektif daripada email atau sosial media karena bisa terus dikembangkan untuk waktu yang lama. Anda cukup membuat artikel yang menarik, mengedukasi calon pelanggan dengan produk yang Anda miliki, menambahkan kontak, dan pastinya harus ramah SEO. 

  1. Search Engine Marketing (SEM)

Sementara itu, promosi daring dengan teknik SEM berfokus pada iklan agar website Anda bisa berada di halaman pertama hasil pencarian Google. Meski berbayar, cara ini bisa dibilang lebih cepat memberikan hasil karena website Anda akan selalu tampil pada halaman pertama Google apabila pelanggan mencari produk atau layanan tersebut. 

  1. Online Ads

Berikutnya, ada online ads yang memanfaatkan fitur iklan untuk bisa muncul di YouTube, sosial media, atau website. Cara termudah adalah melalui langganan Google Ads.

  1. Email Marketing

Jenis pemasaran daring ini cocok dilakukan apabila Anda sudah punya daftar pelanggan yang lebih banyak. Email marketing menjadi sarana komunikasi terbaik pada pelanggan, seperti mengenalkan produk baru atau promo terkini. 

  1. Media Sosial Marketing

Salah satu strategi pemasaran e-commerce yang paling efektif adalah melalui kanal media sosial, seperti Instagram, YouTube, Facebook, Twitter, dan TikTok untuk mengenalkan produk. Caranya juga tidak sulit, cukup membuat copy lengkap dengan gambar yang menarik.

Baca juga: Cara Jualan Laris di Facebook, Dagangan Cepat Habis dan Dapat Cuan Banyak

Cara Melakukan Marketing Secara Online

Meski terlihat mudah dilakukan, nyatanya Anda memerlukan beberapa cara supaya bisa memperoleh keuntungan maksimal. Adapun cara memasarkan produk secara online yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Menentukan Bentuk dan Strategi Marketing Online

Pertama, tentukan terlebih dahulu bentuk sekaligus strategi pemasaran daring yang sesuai dengan bisnis dan bujet Anda. Nantinya, Anda akan lebih mudah menentukan modal, bentuk konten, dan lainnya. 

  • Pilih Target Pelanggan

Berikutnya, Anda perlu menentukan segmen pasar atau target pelanggan. Ini bisa Anda lakukan berdasarkan waktu, tingkat pendapatan, lokasi tempat tinggal, dan pilihan harga. Selain itu, target pelanggan juga bisa Anda tentukan berdasarkan usia dan jenis kelamin. Jadi, Anda dapat memasarkan produk sesuai dengan sasaran. 

  • Ciptakan Konten yang Tepat dan Menarik

Selanjutnya, buat konten dengan materi yang sesuai dengan target pasar dan mampu menarik minat pembaca untuk membeli produk atau layanan Anda. 

  • Pakai Tools Marketing 

Terakhir, lakukan pengamatan dan evaluasi setelah Anda mengunggah konten produk. Anda bisa menggunakan beberapa tools marketing seperti Yoast, Ahrefs, Analytics, dan lainnya untuk mengetahui efektivitas strategi pemasaran yang Anda terapkan. 

Manfaat Marketing Online

Dibandingkan dengan konvensional, memasarkan bisnis secara online memberikan lebih banyak manfaat, di antaranya:

  • Jangkauan calon pelanggan yang lebih luas, bahkan mencapai mancanegara.
  • Dapat melakukan promosi produk di mana saja dan kapan saja.
  • Lebih hemat biaya dan tenaga, asalkan Anda mempunyai kemampuan pemasaran online yang tepat, seperti membuat konten, copy ads, dan editing.
  • Memudahkan komunikasi dengan pelanggan. 

Baca juga: Dongkrak Bisnis dengan TikTok Marketing, Begini Caranya!

Tips Strategi Pemasaran Online ala Milenial

Teknik marketing online banyak dilakukan oleh pebisnis muda milenial dengan menerapkan tips berikut ini.

  • Memilih Nama Brand yang Mudah Diingat

Makin mudah nama merek produk Anda diucapkan atau diingat, makin besar pula peluang pelanggan membicarakan produk tersebut.

  • Berikan Visual yang Menarik

Strategi marketing online tidak lepas dari aspek visual. Artinya, Anda bisa menampilkan foto maupun video produk terbaik untuk menambah nilai jual, apalagi jika Anda memang berfokus pada bisnis daring.

  • Buat Website dan Media Sosial

Aspek penting dalam memasarkan produk secara daring adalah website dan media sosial. Pasalnya, keduanya saling berkaitan untuk menunjang kelangsungan bisnis Anda. Platform sosial media juga beragam; tinggal sesuaikan saja dengan bujet dan target pasar Anda. 

  • Tawarkan Diskon

Diskon selalu menjadi cara memasarkan produk secara online yang diminati pelanggan. Dengan cara tersebut, Anda bisa mempertahankan pelanggan lama sekaligus menarik pelanggan baru untuk membeli produk Anda.

Demikian tadi berbagai strategi pemasaran online yang bisa Anda terapkan dalam bisnis. Jika membutuhkan bantuan untuk mengembangkan bisnis dengan cara yang tepat, Anda bisa memanfaatkan layanan AturToko. Anda dapat memaksimalkan bujet iklan, promosi secara digital, hingga kinerja platform sosial media untuk efektivitas dan efisiensi bisnis bersama AturToko. Daftar sekarang juga!

Bahasa Melayu