FBPixel
Mau Untung Berlipat? Simak Strategi Jualan di Marketplace Berikut Ini!

Mau Untung Berlipat? Simak Strategi Jualan di Marketplace Berikut Ini!

Ditulis pada 23 Jun 2022 oleh

Kategori :

Kemajuan teknologi membuat aktivitas jual beli menjadi makin mudah dilakukan. Jika dulu semua orang harus memiliki toko atau lapak untuk berjualan, sekarang Anda bisa menawarkan berbagai produk secara online. Salah satu tempat Anda bisa dengan mudah melakukan aktivitas jual beli secara online adalah lewat pasaran.

Pasaran sendiri merupakan istilah yang tidak asing lagi di tengah masyarakat kita. Sebagai platform tempat bertemunya pembeli dengan penjual, pasaran adalah tempat yang menjanjikan untuk mendulang keuntungan dari jualan online. Bagi Anda yang ingin memulai, simak strategi jualan di pasaran berikut ini!

Pilih Pasaran Populer dan Tepercaya

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mulai berjualan lewat pasaran adalah memilih platform. Ada banyak sekali nama-nama populer yang bisa Anda temukan mulai dari Shopee, Bukalapak, Lazada, hingga Tokopedia. Masing-masing memiliki pengunjung tetap bulanan yang jumlahnya mencapai jutaan pengguna. Mereka juga kerap melakukan promosi besar-besaran yang tentu saja akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam menggunakan platform mereka.

Sebelum mendaftar, pastikan Anda membelajari terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan masing-masing pasaran. Dengan begitu, Anda bisa memilih platform terbaik yang paling sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Pilih Beberapa Pasaran dan Buat Toko Anda

Pada dasarnya, pasaranpasaran besar di tanah air sudah memiliki basis pengguna yang kuat. Karena itu, bagi Anda yang masih pemula, ada baiknya tidak hanya fokus pada satu platform saja. Daftarkan bisnis Anda di beberapa platform sekaligus dan aktiflah di semua platform. Ibarat menebar jaring, makin banyak jaring yang Anda tebar, makin besar peluang untuk menangkap ikan.

Anggaplah satu platform pasaran bisa mendatangkan 10 pembeli per hari. Dengan membuat toko online di tiga platform sekaligus, Anda berkesempatan mendapatkan 30 pembeli dalam sehari.

Pilih Produk dan Lengkapi dengan Deskripsi Serta Gambar Berkualitas

Ketika membeli secara online, konsumen tidak bisa melihat, menyentuh, atau mencoba barang yang akan mereka beli secara langsung. Artinya, mereka hanya bisa mengandalkan dua hal sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian: deskripsi produk dan foto yang Anda sertakan. Keduanya merupakan sumber informasi penting yang harus Anda sediakan.

Agar konsumen mendapatkan produk sesuai dengan apa yang mereka harapkan, buatlah deskripsi dengan jelas, lugas, dan jujur. Jangan lupa sertakan foto asli dengan resolusi yang baik untuk memudahkan konsumen mengenali produk yang akan mereka beli.

Berikan Layanan Pelanggan yang Baik

Produk yang berkualitas saja tidak akan cukup untuk membuat konsumen Anda melakukan pembelian ulang (repurchase). Bagaimana cara Anda melayani mereka juga sangat menentukan apakah mereka akan kembali ke toko Anda atau tidak. Pelayanan yang baik adalah kunci penting dalam mempertahankan loyalitas.

Tanggapilah permintaan, pertanyaan, hingga keluhan konsumen dengan cara yang baik. Bersikaplah profesional meski ada pelanggan yang meninggalkan ulasan buruk. Dengan cara ini, toko Anda akan dipandang sebagai tempat yang aman dan nyaman untuk berbelanja.

Sediakan Promo Menarik

Menjual produk dengan harga yang lebih murah dari pesaing juga belum menjadi jaminan konsumen akan tertarik. Tidak sedikit orang yang justru merasa ragu ketika melihat ada toko yang menjual produk incaran mereka dengan harga yang terlalu murah dibanding pesaingnya.

Cara mudah untuk memberikan keuntungan kepada pelanggan tanpa harus membuat mereka mempertanyakan keaslian produk atau kualitas barang yang Anda jual adalah dengan menggunakan promo. Ada banyak sekali cara memberikan promo, mulai dari menyertakan paket bundling atau bonus khusus bagi pembeli yang melakukan pembelanjaan lebih dari 1 item.

Sertakan Fasilitas yang Mumpuni

Fasilitas yang bisa membantu pelanggan Anda untuk lebih mudah berbelanja di toko Anda antara lain adalah tersedianya beragam opsi pembayaran dan pengiriman, kemudahan proses refund, kecepatan pengiriman barang, dan lain sebagainya. Usahakan juga untuk memberikan respons cepat pada pembeli agar mereka tidak merasa diabaikan.

Tampilkan Testimoni

Setiap pasaran menyediakan kolom review atau ulasan dari pelanggan di setiap produk yang ditampilkan. Ulasan ini adalah kunci penting bagi sebuah toko online untuk menarik pelanggan. Jika ulasannya kebanyakan positif, maka akan lebih mudah bagi Anda meyakinkan pembeli baru. Sebaliknya, jika ulasannya kebanyakan negatif, kemungkinan besar orang akan meragukan kualitas dan layanan yang Anda berikan.

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan ulasan yang positif? Tentu saja dengan menyediakan produk berkualitas terbaik serta memberikan pelayanan yang paripurna. Perpaduan keduanya akan memudahkan Anda mendatangkan lebih banyak pelanggan dan menghasilkan profit berlipat-lipat.

Bingung melakukan optimalisasi pada semua akun pasaran atau e-dagang Anda? Gunakan AturToko sebagai mitra Anda. Sebagai e-commerce enabler tepercaya di Indonesia, kami siap membantu Anda memperluas kanal penjualan dan meningkatkan keuntungan dari toko online Anda.

Bagaimana AturToko bisa membantu Anda mengoptimalkan akun marketplace yang Anda miliki dan mendulang keuntungan maksimal?

  • Mengelola semua akun marketplace dalam satu papan pemuka. Praktis dan bebas repot
  • Jualan online dengan satu akses saja. Terhubung dengan 6 marketplace raksasa tanah air, AturToko siap membantu mengatur dan memproses pesanan Omnichannel termasuk mengelola inventaris produk, listing massal produk, chat multiple marketplace serta penyediaan sistem POS untuk toko offline anda.

Dengan menyerahkan hal-hal terkait kegiatan operasional, Anda bisa lebih fokus dalam pengembangan produk dan bisnis. Cek informasi lengkapnya di sini!

Bahasa Melayu