Ditulis pada 30 Mac 2022 oleh AturToko
Saat memulai bisnis, Anda mungkin sudah memikirkan banyak hal mulai dari desain produk, rencana pemasaran, target pasar dan lain sebagainya. Namun, ada satu hal yang kerap diabaikan oleh para pebisnis: logo. Apakah logo adalah sesuatu hal yang penting? Apakah Anda memang membutuhkannya?
Sebelum Anda memutuskan untuk membuat logo atau tidak, ada baiknya Anda membaca ulasan lengkap berikut ini. Pembahasan mengenai pengertian, fungsi dasar logo dan manfaatnya ini bisa Anda jadikan pertimbangan.
Pada tingkat yang paling dasar, pengertian logo adalah simbol yang terdiri dari teks dan gambar untuk membantu kita mengidentifikasi sebuah merek. Namun, sebenarnya makna logo bisa jauh lebih luas dari itu. Logo yang baik mengandung landasan dan filosofi brand anda.
Dalam sebuah bisnis, logo akan membantu pelanggan memahami apa yang Anda lakukan, siapa Anda dan apa yang menjadi nilai serta filosofi yang ingin Anda usung. Karena itu, meskipun ukuran kecil, Anda harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin.
Logo merupakan lambang atau tanda yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi individu atau perusahaan. Ada beberapa fungsi logo yang perlu Anda ketahui yakni:
Logo memiliki fungsi identifikasi karena di dalamnya mengandung presentasi perusahaan dalam format grafik dengan penggunaan tipografi, warna serta foto. Identifikasi yang dimaksud biasanya mengacu pada aturan yang secara eksplisit dimaksudkan untuk mengatur warna visual dari sebuah merek. Misalnya saja warna kuning dan merah identik dengan McDonald’s atau warna hijau yang lekat dengan image Starbucks.
Pernahkah Anda mengenali sebuah perusahaan hanya dari logonya saja? Ya, sekuat itulah pengaruh logo. Logo yang kuat akan membawa ingatan langsung tentang perusahaan tersebut ke benak konsumen. Bentuk dan warna adalah hal paling sederhana yang dapat diproses oleh otak manusia serta lebih mudah dihafal dibanding kata-kata.
Karena itu, ketika logo bisnis Anda didesain khusus dan lugas, logo itu akan menonjol di antara para pesaing. Ini bisa menjadi cara yang membuat brand Anda lebih mudah dikenali oleh klien.
Ketika pelanggan melihat logo Anda untuk yang kedua kali, entah karena logo itu terlihat cantik atau menarik, mereka akan mulai membuat asumsi. Mereka akan mulai menebak-nebak produk apa yang Anda tawarkan, seperti apa pelayanan Anda dan lain sebagainya. Satu gambar inilah yang akan membentuk pandangan mereka terhadap bisnis Anda.
Jika Anda ingin menggunakan logo untuk memengaruhi target pasar membeli produk Anda, sejak awal Anda harus mendesainnya dengan benar. Logo akan menciptakan persepsi tentang merek Anda dan jika mereka menganggap itu tidak memenuhi harapan, calon pembeli bisa saja mengurungkan niatnya membeli dari Anda.
Baca juga: Segmentasi Pasar: Pengertian, Jenis, Manfaat, hingga Prosedur Pelaksanaannya
Dalam membuat logo untuk bisnis, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan antara lain:
Logo sendiri terbagi menjadi berbagai jenis yakni:
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, logo tidak hanya harus indah dan mudah diingat melainkan juga harus mengandung filosofi. Filosofi sendiri adalah nilai yang sesuai dengan bisnis yang menggunakannya. Logo untuk brand ayam goreng tentu tidak bisa menggunakan konsep logo untuk produk alat-alat kesehatan. Artinya, publik harus bisa menemukan korelasi antara logo dengan produk apa yang ditawarkan oleh perusahaan.
Dengan membuat logo yang simpel, mudah diingat serta mengandung filosofi perusahaan, maka hasilnya akan unik serta membuat orang mudah mengenalinya.
Baca juga: Pengertian dan Pentingnya Testimoni untuk Mendongkrak Omzet Bisnis
Agar tujuan dan fungsi logo bisa tercapai, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi dalam pembuatannya. Beberapa karakteristik logo yang efektif adalah:
Setelah mendesain logo yang baik dan menarik untuk bisnis Anda, saatnya untuk mulai memperluas jangkauan pemasaran. Anda bisa melakukannya dengan mudah bersama AturToko. Klik di sini untuk mendaftar!