FBPixel
Ilustrasi AturToko +

7 Tips dan Trik Jualan di Instagram Supaya Laris Manis

Ditulis pada 26 Jan 2022 oleh

Kategori :

Hampir semua toko dalam talian saat ini memiliki lapak di Instagram. Namun, membuka akun bisnis di Instagram bisa jadi agak tricky. Satu hal yang pasti, jualan online bukan sekadar membuat orang tertarik membeli produk Anda.

Instagram justru jadi tempat tepat untuk memaksimalkan penjenamaan bisnis lewat post menarik yang membuat konsumen berinteraksi dengan brand Anda. Maka, Anda perlu membekali diri dengan tips dan trik jualan di Instagram untuk mendongkrak angka penjualan.

Penasaran? Yuk, simak 7 tips dan trik jualan online berikut ini.

1. Siapkan profil khusus bisnis

Akun Instagram pribadi berbeda dengan akun Bisnis Instagram. Letak perbedaan terbesar ada pada fitur khusus bisnis yang hanya bisa diakses pemilik akun Bisnis. Sebut saja, Instagram Shopping, Instagram Ads, Instagram Insight, tombol tindakan, serta informasi terkait lokasi dan jam operasional.

Namun, ini kembali pada bagaimana Anda menempatkan Instagram dalam bisnis. Opsi terbaik adalah pakai media sosial ini sebagai sarana promosi. Lalu, arahkan pengikut atau calon pembeli menuju website landing page bisnis Anda.

2. Buat profil toko menarik dan mampu meyakinkan konsumen

Anggap Instagram sebagai etalase pertama toko online, sebagaimana Anda memoles akun Tokopedia atau Shopee. Meski personalisasi akun profil media sosial ini tidak sebanyak website, tips simpel berikut bisa Anda coba.

  • Pilih nama akun serupa brand anda.
  • Pakai foto profil yang menarik dan sesuai niche bisnis Anda.
  • Tulis bio informatif, to the point, dan sertakan link menuju website atau lapak marketplace.
  • Rencanakan tampilan feed agar nyaman dilihat dan dinikmati konsumen.
  • Cantumkan hashtag yang relevan dengan bisnis serta target pasar yang dituju.

Baca juga: Dongkrak Bisnis dengan TikTok Marketing, Begini Caranya!

3. Aktifkan fitur belanja pada feed

Nah, keuntungan memakai akun Bisnis Instagram adalah Anda bisa menunjukkan harga dan spesifikasi produk langsung di feed. Ini termasuk pemberian tag pada produk yang di-posting dan mengarahkannya ke tempat jualan online seperti website dan marketplace. Jangan lupa siapkan konten feed yang menarik berikut informasi produk yang akan dicari konsumen pada caption.

4. Unggah foto dan video produk yang terlihat profesional

Pada dasarnya Instagram merupakan platform yang mengutamakan visual. Mengunggah foto dan video yang tampak profesional akan membuat produk Anda lebih unggul. Perhatikan apa identitas brand Anda, rencanakan secara cermat, eksekusi foto dan video produk dengan tepat, dan belajar penyuntingan foto/video jika perlu. Jangan lupa pilih style feed sesuai dengan brand yang Anda usung.

5. Bangun interaksi dengan follower

Selain visual menarik, Anda juga bisa membangun interaksi dengan follower lewat penulisan konten yang apik. Caption berperan penting untuk membuat mereka merasa terlibat dengan bisnis Anda.

Caption pun tidak sekadar spesifikasi produk, tetapi juga informasi lain seputar produk maupun bisnis yang relevan dengan kebutuhan follower Anda. Maka, tuliskan juga call-to-action untuk mendorong tindakan pembaca, seperti memberi like, klik save, atau membeli produk.

Baca juga: Engagement Rate Instagram: Pengertian, Manfaat, Faktor yang Mempengaruhi, dan Cara Meningkatkannya

6. Maksimalkan Instagram Ads

Instagram Ads dapat memaksimalkan pemasaran produk Anda agar dapat sampai ke konsumen yang tepat. Uniknya, iklan Instagram dapat menjangkau calon pembeli sesuai ukuran demografis, opsi penargetan, dan bujet.

Tips yang bisa Anda coba adalah promosikan postingan yang memiliki engagement tertinggi. Cara ini akan membuat post tersebut muncul di feed mereka yang belum menjadi follower anda.

Demikian tips dan trik jualan online di Instagram yang bisa Anda coba. Untuk mempermudah pengelolaan toko online, Anda bisa menggunakan AturToko, sebuah platform digital yang menawarkan jasa solusi layanan e-dagang terpadu.

Jadi, Anda dapat mengelola Tokopedia, Shopee, maupun website bersamaan tanpa perlu repot berganti-ganti aplikasi. Bersama AturToko, atur toko dalam talian lebih praktis!

Bahasa Melayu