FBPixel
Cara Menggunakan E wallet

Apa Itu eWallet? Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Ditulis pada 27 Feb 2022 oleh

Kategori :

Kecanggihan teknologi memunculkan berbagai layanan  mutakhir yang mungkin dulu hanya ada dalam angan-angan. Salah satu bentuk kecanggihan tersebut adalah dompet digital atau e-wallet. Anda mungkin sudah terbiasa menggunakannya untuk berbagai keperluan sehari-hari. Namun, apakah Anda sudah benar-benar memahami e wallet itu apa? 

Apa itu e Wallet?

Apa itu e Wallet?
unsplash.com

Secara bahasa, e-wallet memiliki arti sebagai dompet digital. Kegunaannya pun tidak jauh berbeda seperti halnya sebuah dompet. Hanya saja, e-wallet tidak memiliki bentuk secara fisik. Anda pun akan menjumpainya dalam bentuk sebuah perangkat lunak atau layanan digital dari sebuah perusahaan. 

Dalam pengertian secara lebih lengkap, e wallet adalah layanan elektronik yang memiliki fungsi dalam melakukan penyimpanan data serta instrumen pembayaran. Penggunaan layanan elektronik ini memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi pembayaran memakai software tertentu. 

Keuntungan Menggunakan E-wallet

Saat mengenal apa itu wallet elektronik, Anda akan menyadari kalau banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pemakaiannya. Manfaat tersebut di antaranya adalah: 

1. Fleksibilitas Pemakaian

Penggunaan dompet digital saat ini sangat fleksibel. Anda tidak hanya bisa menggunakannya dalam aktivitas belanja. Namun, Anda bisa pula memanfaatkannya untuk melakukan pembayaran berbagai tagihan bulanan dan bahkan membayar ongkos transportasi. 

2. Memudahkan Pencatatan Keuangan

Keuntungan selanjutnya adalah memudahkan Anda dalam memonitor pengeluaran. Setiap transaksi menggunakan dompet digital akan tercatat. Pencatatan ini selanjutnya akan memberi kemudahan bagi Anda dalam penyusunan laporan keuangan. 

3. Banyak Penawaran Promo

Kelebihan yang tidak kalah menariknya adalah kesempatan memperoleh promo. Banyak merchant memberi penawaran potongan harga bagi pelanggan yang membayar menggunakan dompet digital tertentu. Promo tersebut pun membuat Anda bisa menghemat pengeluaran.  

Manfaat Pemakaian E-wallet

Manfaat Pemakaian E-wallet
pexels.com

Selain menawarkan berbagai kelebihan tersebut, ada pula manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan e wallet. Manfaat itu di antaranya adalah: 

1. Proses Transaksi yang Praktis dan Cepat

Manfaat pertama dari pemakaian dompet digital adalah kemudahan dalam bertransaksi. Anda bisa melakukan pembayaran cukup dengan sentuhan di layar smartphone. Selanjutnya, dana yang Anda bayarkan akan secara real time beralih kepemilikan. 

2. Tingkat Keamanan Terjamin

Saat menggunakan uang secara fisik, ada banyak risiko yang bakal Anda hadapi. Risiko tersebut di antaranya adalah peredaran uang palsu, risiko kehilangan uang, pencurian, dan lain sebagainya. Semua risiko tersebut bisa minimalkan karena dompet digital mempunyai sistem keamanan canggih. 

3. Meminimalkan Kontak Fisik

Manfaat yang tidak kalah pentingnya adalah meminimalkan kontak fisik. Hal ini sangat penting, terutama di era pandemi seperti sekarang. Upaya tersebut membantu Anda biar terhindar dari ancaman beragam jenis penyakit yang menular lewat sentuhan fisik. 

Kelemahan Menggunakan Dompet Digital

Pemakaian e wallet memang memberi banyak manfaat serta kelebihan. Namun, Anda juga perlu memperhatikan kekurangan dari pemakaian dompet digital sebagai sarana pembayaran. Kekurangan tersebut antara lain adalah: 

1. Mendorong Perilaku Konsumtif

E-wallet memberi kemudahan dalam melakukan transaksi. Ditambah lagi, ada banyak penawaran promo. Kedua aspek tersebut mendorong para pengguna dompet digital untuk berperilaku konsumtif. Mereka pun beranggapan kalau promo tersebut adalah momen berharga yang sayang untuk dilewatkan. 

2. Biaya Administrasi yang Cukup Banyak

Saat menggunakan e-wallet, Anda juga akan berhadapan dengan deretan biaya administrasi yang perlu dibayar. Biaya administrasi dengan berbagai nominal akan perlu Anda bayarkan ketika ingin mentransfer dana e-wallet, topup, dan bahkan saat bertransaksi. 

Besaran biaya tersebut berbeda-beda untuk masing-masing dompet digital. Sekilas, biayanya memang terlihat kecil. Namun, jumlah tersebut akan bernilai cukup besar kalau dihitung secara akumulatif. 

3. Pilihan Merchant yang Terbatas

Kekurangan selanjutnya adalah berkaitan dengan keterbatasan pilihan merchant. Anda akan menjumpai kalau jenis dompet digital tertentu tidak bisa digunakan untuk transaksi di berbagai platform. Pemakaiannya hanya terbatas pada merchant yang telah menjalin kerja sama dengan dompet digital tersebut. 

Karena keterbatasan tersebut, tak jarang seseorang memilih untuk menggunakan beberapa jenis dompet digital. Hal ini tentu saja cukup merepotkan. Anda jadi tidak bisa secara bebas memanfaatkan dana yang tersimpan di dompet digital. 

Cara Menggunakan E wallet

Cara Menggunakan E wallet
pexels.com

Salah satu kelebihan e-wallet adalah kemudahan dalam pemakaiannya. Sebelum melakukan transaksi, pastikan bahwa akun dompet digital Anda mempunyai dana yang mencukupi. Selain itu, cek pula apakah merchant menerima pembayaran dengan dompet digital yang dimiliki. 

Selanjutnya, kamu bisa secara langsung memasukkan nominal yang ingin dibayarkan melalui aplikasi ewallet. Kalau ingin melakukan pengiriman dana, Anda tinggal memasukkan nomor telepon tujuan. Ketika pembayaran atau pengiriman sudah terkonfirmasi, maka dana akan secara otomatis terkirim. 

Selain memungkinkan Anda dalam melakukan pembayaran atau pengiriman dana secara online, e wallet bisa pula dipakai secara offline. Caranya, Anda perlu melakukan pemindaian barcode

Aplikasi e Wallet Terpopuler di Indonesia

Karena manfaatnya yang sangat besar, masyarakat Indonesia sangat familier dan tak lagi memiliki pertanyaan seperti apa itu  e wallet?. Ada berbagai layanan dompet digital yang secara khusus memiliki popularitas tinggi, di antaranya adalah: 

1. OVO

OVO menjadi salah satu layanan dompet digital yang populer di Indonesia. Layanan OVO diperkenalkan pertama kali pada tahun 2017 oleh Lippo Group. Per Mei 2021, jumlah pengguna aplikasi OVO mencapai angka 20,8 juta user.

2. Gopay

Selanjutnya adalah Gopay yang merupakan produk e wallet dari Gojek. Pemakaiannya memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran di platform Gojek dengan bebas. Penggunaannya pun meningkat secara lebih luas setelah Gojek melakukan kerja sama dengan Tokopedia.

3. DANA

Selanjutnya adalah e wallet DANA yang menawarkan keuntungan tidak kalah banyak dibandingkan layanan serupa lain. Keunggulan DANA terletak pada fleksibilitas pemakaiannya. Anda bisa menggunakan DANA untuk pembayaran tagihan, belanja kebutuhan sehari-hari, serta telah bekerja sama dengan banyak merchant.

4. LinkAja

Popularitas yang tak kalah tinggi dimiliki LinkAja. Muncul pertama kali pada tahun 2007 dengan nama Telkomsel Cash, LinkAja mempunyai basis pengguna yang sangat banyak. Hal tersebut tidak bisa lepas dari fakta bahwa LinkAja merupakan produk BUMN.

5. Jenius

Terakhir, Anda bisa menjumpai pemakaian Jenius dari BTPN. Pemakaian Jenius cukup menarik karena tidak hanya bisa digunakan untuk sarana pembayaran. Anda bisa pula menggunakan Jenius selayaknya tabungan. 

Nah, itulah informasi menarik terkait apa itu ewallet serta berbagai hal berkaitan penggunaannya. Sebagai seorang pebisnis online, Anda bisa menyediakan sarana pembayaran menggunakan e wallet artinya adalah kenyamanan bagi para pelanggan. 

Hal yang tak kalah penting, Anda juga perlu mengelola bisnis dengan tepat biar memperoleh profit maksimal. Kalau mengalami kerepotan dalam pengelolaannya, AturToko bisa membantu Anda. Lewat AturToko, Anda bisa memaksimalkan pengelolaan bisnis online dan meningkatkan omzet secara drastis.

English