FBPixel
9 Cara Melakukan Riset Produk yang Tepat untuk Bisnis Online Anda

9 Cara Melakukan Riset Produk yang Tepat untuk Bisnis Online Anda

Ditulis pada 22 Apr 2022 oleh

Sebelum menekuni bisnis secara daring, Anda memerlukan strategi yang tepat dan sesuai dengan bisnis Anda. Salah satunya yaitu dengan melakukan riset produk dan pasar. Bukan tanpa alasan, riset produk adalah cara yang efektif untuk mengetahui siapa kompetitor terkuat, tipe produk yang paling diminati pelanggan, dan membantu menentukan rencana bisnis untuk periode selanjutnya. Lalu, bagaimana cara riset produk yang tepat agar bisnis dapat berkembang pesat? Berikut beberapa di antaranya:

Memanfaatkan Google Trend

Cara riset produk terlaris pertama yaitu menggunakan Google Trend—suatu tool riset produk yang bisa menunjukkan tingkat keseringan suatu tema dicari pada mesin pencari Google. Tool ini ditunjang dengan banyak fitur yang membuat Anda lebih mudah mencari suatu tema—mulai dari waktu, lokasi, kategori, sampai bentuk pencarian.

Melalui Google Trend, Anda bisa mengetahui popularitas suatu produk yang hendak Anda tawarkan sesuai dengan potensi pasar. Caranya juga tidak sulit; cukup ketik kata kunci yang ingin Anda cari melalui kolom pencarian. 

Survei Langsung di E-Commerce Populer

Riset produk terlaris juga bisa Anda lakukan dengan langsung mengunjungi laman marketplace. Misalnya, Anda hendak melakukan riset produk terlaris di Shopee. Setelah masuk melalui website atau aplikasinya, Anda bisa melihat pada bagian Produk Terlaris atau Pencarian Populer. Namun, hasil pencarian ini bisa terus berubah seiring waktu. Jadi, Anda harus terus mengikuti perubahan tersebut sebelum akhirnya menawarkan produk serupa.

Apabila Anda sudah memiliki ide untuk memasarkan produk tertentu, Anda bisa melakukan riset dengan mengetikkan nama produk di kolom pencarian dan mengamati langsung bagaimana popularitas produk tersebut di marketplace.

Tak sampai di situ saja, riset marketplace juga bisa Anda teruskan dengan memanfaatkan fitur filter atau penyaring. Tools riset produk marketplace ini akan memudahkan Anda mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik. Misalnya, Anda ingin mengetahui tingkat penjualan produk tertentu di suatu lokasi khusus atau dengan promosi tertentu.

Memakai Google Keyword Planner

Selain Google Trend, Anda juga dapat memanfaatkan Google Keyword Planner untuk melakukan riset pasar online. Melalui alat ini, Anda akan memperoleh informasi seputar ide kata kunci yang banyak dicari, jumlah volume kata kunci, sekaligus perkiraan performanya. 

Selain itu, tool ini menghadirkan kata pencarian lain yang masih berhubungan dengan pencarian utama. Melalui cara ini, Anda bisa menentukan ide penjualan produk berikut jenisnya yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Apabila Anda menginginkan hasil riset yang lebih spesifik, Anda cukup memanfaatkan fitur Refine Keywords.

Melihat Ulasan dari Pelanggan

Umumnya, produk dengan angka penjualan tinggi akan mendapatkan banyak ulasan dari pelanggan. Melalui ulasan tersebut, Anda bisa mendapatkan informasi tentang kualitas produk. Selain itu, Anda bisa membandingkan ulasan dari pelanggan dengan deskripsi produk yang dituliskan oleh penjual, apakah memang sama atau terdapat perbedaan. Cara riset pasar online ini sangat pas untuk Anda yang hendak menjadi reseller untuk produk khusus.

Namun, apabila Anda hendak mengeluarkan produk sendiri, ulasan bisa membantu Anda mendapatkan kelebihan dan kelemahan produk pesaing. Dengan begitu, Anda dapat menentukan strategi bisnis yang tepat sehingga bisa lebih unggul dari para pesaing.

Menggunakan Kuesioner

Anda juga bisa melakukan riset suatu produk dengan menggunakan kuesioner. Cara ini menjadi strategi pendekatan langsung kepada konsumen untuk memperoleh informasi lebih mendalam akan suatu produk. Selain bisa dilakukan sebelum Anda merilis produk baru di pasaran, kuesioner juga digunakan untuk mencari tahu performa bisnis Anda dari sisi pelanggan.

Dalam penggunaan kuesioner, pastikan pertanyaan yang Anda berikan tepat dan sesuai dengan target pasar. Perluas cakupan pertanyaan sebelumnya untuk mendapatkan respons pelanggan sesuai kebutuhan. Semua data yang Anda dapatkan bisa menjadi dasar untuk menentukan dan mengembangkan rencana bisnis selanjutnya.

Manfaatkan Tools Berbayar

Apabila Anda menginginkan hasil riset yang lebih akurat tanpa menghabiskan banyak waktu dan tenaga, Anda dapat memanfaatkan tool riset berbayar. Selain mendapatkan informasi terkait produk terupdate, cara mencari produk yang sedang trend dengan menggunakan tools berbayar ini juga membantu Anda mendapatkan angka penjualan produk dalam jangka waktu tertentu. 

Umumnya, tersedia berbagai macam paket berlangganan yang bisa Anda dapatkan—bisa setiap bulan atau setiap tahun sesuai dengan kebutuhan. Tool ini lebih efektif apabila Anda telah memiliki toko yang cukup besar. Namun, apabila Anda masih pemula, sebaiknya pilih tool gratis untuk memudahkan Anda melakukan analisis.

Melalui Media Sosial Para Influencer

Cara riset produk laris di internet lebih mudah dilakukan melalui kanal media sosial. Beberapa influencer dengan pengikut yang banyak sering kali bekerja sama dengan pebisnis untuk membantu memasarkan produk. Produk yang ditawarkan biasanya memang sedang populer di masyarakat.

Pastinya, ini menjadi cara mudah untuk mengetahui produk apa saja yang sedang tren dan meningkat penjualannya pada waktu tersebut. Dengan demikian, Anda bisa memutuskan untuk merilis produk yang sesuai dan mendapatkan angka keuntungan penjualan yang lebih maksimal. 

Analisis Pasar

Permintaan pasar akan selalu mengalami perubahan. Ini berarti Anda harus terus mengikuti perkembangan dan perubahan tersebut supaya produk yang Anda tawarkan tetap laku. Apabila Anda lebih cepat dalam menjawab kebutuhan pasar daripada pesaing, pastinya peluang untuk memenangkan persaingan bisnis pun lebih besar. Terlebih lagi, jika Anda memberikan penawaran menarik untuk para pelanggan baru, misalnya potongan harga atau cashback belanja. 

Uji Coba Melalui Preoder

Tertarik untuk mendapatkan hasil riset suatu produk yang lebih akurat? Anda bisa mencoba membuka penjualan dengan sistem pemesanan di awal atau preorder. Misalnya, Anda tertarik untuk menjual suatu produk tetapi tidak tahu mana produk yang bagus. Dengan pembelian sistem preorder, Anda bisa mengetahui apakah ada pelanggan yang tertarik dengan produk tersebut. 

Tak hanya mengetahui cara riset produk yang tepat, pemilik bisnis juga membutuhkan strategi marketing yang baik untuk dapat memaksimalkan keuntungan bisnis. Membicarakan strategi penjualan, AturToko hadir dengan menawarkan layanan untuk pemilik bisnis UMKM yang ingin mendongkrak penjualan dengan memanfaatkan perkembangan digital.

Secara khusus, AturToko akan membantu pengelolaan bisnis Anda, mulai dari membuat visual produk terbaik, operasional platform media sosial, hingga strategi penjualan produk. Berminat untuk menggunakan layanan dari AturToko? Segera daftarkan diri Anda di sini.

English