FBPixel
Tujuan Strategi Pemasaran

Strategi Marketing Paling Efektif Untuk Pengembangan Usaha Anda

Ditulis pada 25 Feb 2022 oleh

Kategori :

Menjalankan bisnis memerlukan berbagai proses yang komprehensif. Mulai dari perencanaan produksi, menyiapkan modal, proses produksi hingga pemasaran memerlukan strategi yang matang. Salah satu strategi yang perlu disusun dengan baik agar penjualan meningkat pesat adalah strategi marketing atau strategi pemasaran.

Untuk memahami lebih jauh apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran, fungsi, tujuan, serta jenis-jenisnya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Strategi Pemasaran

Pengertian Strategi Pemasaran
pixabay.com

Strategi pemasaran merupakan sebuah pendekatan jangka panjang dengan orientasi ke depan dari sebuah perusahaan baik skala kecil, menengah, maupun besar. Tujuan mendasar dari strategi pemasaran adalah untuk mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan melalui pemahaman akan kebutuhan dan keinginan pasar.

Strategi pemasaran merupakan sebuah strategi luas dan mencakup banyak hal, seperti cara perusahaan memposisikan diri, melakukan proses kreatif, menjalin kemitraan dan hubungan dengan media, dan lain sebagainya. Strategi pemasaran juga mengacu pada keseluruhan rencana kerja perusahaan demi menjangkau calon konsumen dan menjadikan mereka pelanggan dari produk atau layanan yang disediakan.

Fungsi Strategi Pemasaran

Secara umum, strategi pemasaran sangat krusial karena kemampuannya dalam meningkatkan value perusahaan secara ekonomi. Sebagai jembatan yang menghubungkan antara proses produksi dengan konsumsi, strategi pemasaran bisa menjadi faktor meningkatnya nilai barang dan jasa yang Anda produksi. Tentu saja hal ini bisa dicapai jika strategi yang dibuat tepat sasaran.

Terdapat empat fungsi strategi pemasaran, yakni:

Membantu Perusahaan Membuat Rumusan Tujuan

Apa pun tujuan Anda, strategi akan membantu untuk mencapainya. Dalam sebuah bisnis, strategi pemasaran bukan hanya menjadi cara untuk mencapai tujuan, tetapi juga merumuskan tujuan baik dalam jangka panjang maupun pendek. Agar keberhasilannya bisa diukur, tujuan perusahaan sebaiknya bersifat kuantitatif. Misalnya saja, target konsumen baru, target income, dan target penjualan. Saat semua itu tercapai, secara umum value ekonomi dari perusahaan juga akan naik.

Memudahkan Koordinasi Antar Departemen

Sebagai alat yang digunakan untuk mencapai tujuan, strategi harus dijalankan bersama-sama oleh semua komponen yang ada. Artinya, semua departemen dalam perusahaan harus memiliki pandangan yang sama tentang bagaimana cara mencapai tujuan tersebut. Di sinilah pentingnya strategi sebagai acuan untuk mengatur bagaimana semua divisi untuk saling berkoordinasi dan bekerja sama untuk meraih tujuan yang ditargetkan.

Membantu Perusahaan Mengembangkan Bisnis

Permintaan bukanlah satu-satunya peluang bagi sebuah bisnis. Lewat strategi pemasaran yang mumpuni, Anda bisa menciptakan inovasi dan peluang pasar sendiri. Ini tentu akan membuat perusahaan berkembang bahkan lebih unggul dari pesaing Anda.

Mengawasi Jalannya Proses Pemasaran

Pengawasan bisa dilakukan dengan cara memberikan perhatian pada potensi yang dimiliki oleh setiap karyawan. Agar tim marketing makin bersemangat mencapai tujuan, Anda bisa menggunakan konsep rewards. Ini akan memicu semua orang bekerja lebih keras untuk mencapai target.

Tujuan Strategi Pemasaran

Tujuan Strategi Pemasaran
pexels.com

Mengevaluasi dan mempertimbangkan rencana pemasaran sangat penting saat menentukan tujuan pemasaran Anda. Ada berbagai jenis tujuan pemasaran yakni:

  • Tujuan profitabilitas. Tujuan profitabilitas adalah tujuan pemasaran yang mengatur jumlah pendapatan yang diharapkan berdasarkan strategi promosi yang dibuat.
  • Tujuan pangsa pasar. Tujuan pangsa pasar menentukan persentase pangsa pasar yang ingin dijangkau oleh perusahaan. Meningkatkan pangsa pasar adalah salah satu tujuan terpenting dalam bisnis.
  • Tujuan promosi. Tujuan promosi dibuat untuk mempromosikan produk dan jasa yang disediakan oleh perusahaan Anda agar publik memiliki kesadaran yang lebih baik terhadap brand Anda. Tujuan promosi merupakan bagian dari strategi secara keseluruhan.
  • Tujuan pertumbuhan. Tujuan pertumbuhan menganalisis ukuran bisnis saat ini dan rencana pertumbuhan yang ingin dicapai di masa depan. Pertumbuhan adalah tujuan penting yang berkontribusi pada peningkatan pendapatan.

Strategi Pemasaran VS. Marketing Plan

Banyak orang yang sulit membedakan antara strategi pemasaran dan rencana pemasaran. Meski terdengar mirip, keduanya sebenarnya berbeda. Strategi pemasaran menggambarkan pendekatan Anda untuk bisa unggul di antara para pesaing. Sementara itu, rencana pemasaran atau marketing plan berisi aktivitas apa saja yang bisa Anda lakukan untuk membawa bisnis Anda ke sana (menjadi unggul di tengah persaingan).

Strategi menjelaskan alasan di balik semua pekerjaan. Sementara itu, rencana menjelaskan kapan dan apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pekerjaan tersebut.

Baca juga: Apa Itu Promosi Bisnis: Pengertian, Tujuan, Jenis, Contoh dan Manfaatnya

Tips Membuat Strategi Pemasaran

Tips Membuat Strategi Pemasaran
pexels.com

Agar tujuan bisnis tercapai dan keuntungan yang diharapkan bisa maksimal, strategi pemasaran juga harus dirancang dengan baik. Simak beberapa tips membuat strategi pemasaran berikut ini!

  • Kenali dengan baik siapa target pasar Anda. Dengan begitu, Anda menyesuaikan strategi seperti apa yang cocok untuk menjangkau mereka
  • Lakukan promosi yang tepat. Tentukan apakah target pasar Anda lebih mudah dijangkau dengan media offline atau online
  • Bangun usaha di lokasi yang strategis. Ini berlaku jika Anda juga menjalankan toko fisik
  • Buat anggaran yang sistematis untuk beriklan. Jangan sampai salah alokasi dana
  • Jalin hubungan baik dengan semua pelanggan. Tanggapi keluhan dan jawab semua pertanyaan mereka dengan baik. Ini akan membuat mereka merasa dihargai.

Jenis Strategi Pemasaran Paling Efektif untuk Bisnis Anda

Strategi pemasaran terus mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan teknologi. Di tengah era digital seperti sekarang, ada berbagai strategi baru yang juga perlu Anda coba untuk meningkatkan efisiensi bisnis. Simak beberapa contoh strategi pemasaran yang bisa Anda coba berikut ini.

SEO (Search Engine Optimization)

Jika Anda pernah mencoba pemasaran online, Anda tentu sudah tidak asing dengan SEO. SEO merupakan strategi marketing online yang dilakukan untuk meningkatkan lalu lintas kunjungan ke situs Anda. Caranya adalah dengan membuat halaman situs Anda tampil di halaman awal pencarian. Dengan begitu, peluang kunjungan ke situs Anda akan makin besar dan tingkat konversi juga akan makin tinggi.

Influencer Marketing

Influencer marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan lewat kerja sama brand dengan seorang influencer. Cara ini bisa membantu perusahaan Anda meningkatkan visibilitas, tingkat kepercayaan, dan reputasi karena pengikut dari sang influencer sudah mempercayai rekomendasi yang mereka berikan.

Content Marketing

Jika Anda mencari strategi pemasaran yang paling efektif secara khusus untuk bisnis kecil, content marketing merupakan opsi terbaik. Content marketing bisa termasuk postingan blog, video, postingan media sosial, webinar, podcast, dan masih banyak lagi. Pada dasarnya, semua konten yang bisa didistribusikan secara online termasuk ke dalam kategori ini. Jika Anda tidak bisa membuat semuanya, memulai content marketing lewat blog bisa jadi cara yang paling populer dan mudah.

Email Marketing

Email marketing bukanlah strategi pemasaran baru, tetapi sampai sekarang masih sangat efektif. Dengan otomatisasi, email marketing bahkan makin mudah dilakukan saat ini. Email adalah cara yang paling mudah untuk menjaga hubungan dengan pelanggan tanpa membuat mereka merasa terganggu.

Social Media Marketing

Media sosial adalah salah satu alat pemasaran yang besar dan akan tumbuh makin pesat dari tahun ke tahun. Membangun pengikut online di saluran sosial yang sesuai akan membantu Anda membangun komunitas yang mau berinteraksi dengan brand Anda. Pada akhirnya, langkah ini akan mendorong penjualan dan menciptakan pelanggan yang loyal untuk bisnis Anda.

Contoh Perusahaan yang Berhasil dengan Strategi Marketingnya

Contoh Perusahaan yang Berhasil dengan Strategi Marketingnya
pexels.com

Ada banyak perusahaan dunia yang menunjukkan kesuksesan lewat strategi marketing yang tepat. Beberapa perusahaan itu antara lain:

  • Nike. Nike memanfaatkan dengan baik media sosial Twitter. Lewat beberapa akun Twitter yang mereka miliki, mereka sangat cepat tanggap dalam merespon pertanyaan pelanggan atau pengikutnya. Masing-masing akun juga memiliki fokus berbeda namun tetap tidak keluar dari identitas bisnis mereka
  • Tiffany & Co. Perusahaan perhiasan ini berhasil memonopoli ide romantis untuk memasarkan produknya. Tak heran jika brand ini sangat dikenal di kalangan pasangan.

Baca juga: Pengertian Reklame: Ciri-ciri, Fungsi, Tujuan dan Jenis-jenisnya

Variabel Strategi Pemasaran 4P atau Marketing Mix

Dalam dunia marketing ada yang dikenal dengan istilah marketing mix atau bauran pemasaran. Marketing mix mengacu kepada klasifikasi umum yang terdiri dari 4 elemen yakni Product (produk), Price (harga), Placement (penempatan) dan Promotion (Promosi). Sebuah strategi pemasaran yang baik dan efektif akan memiliki keempat komponen yang tetap mengusung satu pesan yakni identitas brand itu sendiri.

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mendukung strategi marketing yang baik adalah dengan menggunakan aplikasi. Hadir pertama kali pada tahun 2018, AturToko.id siap membantu semua bisnis dengan menjadi enabler e-commerce. Tujuannya tentu saja agar pengusaha termasuk pelaku UKM dan UMKM untuk memaksimalkan penjualan mereka. Cari tahu bagaimana cara kerja kami di sini.

English