FBPixel
Kenali Apa Itu Jasa Pengiriman Kargo, Jenis, serta Cara Penggunaannya

Kenali Apa Itu Jasa Pengiriman Kargo, Jenis, serta Cara Penggunaannya

Ditulis pada 26 May 2022 oleh

Jasa pengiriman mempunyai peran penting dalam menjamin kelancaran aktivitas bisnis online. Sebagai pebisnis online, Anda memerlukan kehadiran layanan pengiriman yang terjangkau dengan pelayanan berkualitas. Upaya pemenuhan kebutuhan tersebut bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan layanan ekspedisi kargo. 

Apa Itu Pengiriman Cargo

Layanan pengiriman kargo adalah jasa pengiriman barang dengan ukuran besar dan tujuan jauh. Solusi layanan ini sesuai bagi Anda yang mencari pengiriman barang antarprovinsi maupun antarnegara. Anda pun bisa memanfaatkannya ketika memesan barang secara grosir atau mengirim barang dengan volume besar pesanan konsumen. 

Perbedaan Antara Pengiriman Kargo dengan Ekspedisi Reguler

Anda tentu sudah sangat familier dengan layanan ekspedisi reguler seperti JNE, Pos Indonesia, TIKI, Wahana, SiCepat, dan lain sebagainya. Lalu, apa yang membedakan antara pengiriman cargo dengan ekspedisi reguler? Ada beberapa faktor yang menjadi pembeda antara kargo dengan ekspedisi reguler, yaitu: 

  1. Dimensi dan Berat Barang

Faktor utama yang membedakan antara ekspedisi reguler dengan kargo itu apa adalah dimensi serta berat barang. Ekspedisi reguler biasa digunakan untuk pengiriman barang yang berukuran kecil maupun sedang. Pihak ekspedisi juga tidak memberlakukan ketentuan terkait berat minimum barang. 

Sementara itu, pengiriman kargo ditujukan untuk barang-barang yang mempunyai dimensi besar dan bobot berat. Pihak perusahaan kargo pun biasanya menetapkan syarat berat minimum barang yang mereka terima. Oleh karena itu, penggunaan layanan kargo ditujukan untuk pengiriman barang ke distributor atau reseller

  1. Durasi Pengiriman Barang

Perbedaan selanjutnya adalah terkait urgensi pengiriman. Ekspedisi reguler digunakan untuk pengiriman barang yang sifatnya mendesak. Oleh karena itu, layanan ekspedisi pada kategori ini mengedepankan kecepatan pengiriman barang. Anda bisa mengirim barang dalam hitungan hari dan bahkan jam. 

Situasinya sangat jauh berbeda saat Anda menggunakan pengiriman cargo. Mayoritas kargo menggunakan sarana pengiriman berupa kendaraan darat dan laut yang butuh waktu lama. Durasi pengiriman barang bisa memerlukan waktu antara 3 sampai 15 hari. 

  1. Biaya Pengiriman

Faktor yang menjadi pembeda selanjutnya adalah terkait biaya. Ekspedisi reguler memiliki ongkos pengiriman relatif lebih mahal dibandingkan kargo. Ekspedisi reguler biasanya menetapkan harga dengan perhitungan per kg. Ongkos tersebut dapat bertambah mahal kalau barang yang dikirim memiliki volume besar. 

Sementara itu, pengiriman menggunakan layanan cargo dilakukan dengan berdasarkan pada berat minimum. Sebagai informasi, berat minimum yang ditetapkan oleh perusahaan layanan cargo biasanya di atas 10 kg. Alhasil, perhitungan biaya total untuk setiap pengiriman bakal jauh lebih murah. 

Jenis-Jenis Cargo

Kargo adalah layanan pengiriman barang yang terbagi menjadi beberapa jenis. Pembagian tersebut bisa Anda temukan berdasarkan 2 parameter, di antaranya:

  1. Jenis Kargo Berdasarkan Cara Pengiriman

Pembagian jenis kargo yang pertama adalah dengan memperhatikan penggunaan jalur transportasinya, yaitu: 

  • Kargo Darat. Layanan ekspedisi kargo ini memanfaatkan jalur transportasi via darat untuk pengiriman barang. Proses pengiriman bisa dilakukan memakai kereta, mobil, serta truk. 
  • Kargo Laut. Ada pula kargo laut yang proses pengirimannya dilakukan menggunakan kapal. Pemakaian kargo laut ditujukan untuk mengirim barang antarpulau serta lintas negara. Barang-barang tersebut biasanya memiliki ukuran besar dan bobot sangat besar. 
  • Kargo Udara. Untuk pengiriman barang dalam jumlah banyak secara cepat, ada solusi kargo udara. Proses pengirimannya cukup singkat, kurang lebih 3 hari. Hanya saja, biayanya relatif lebih mahal dan kapasitas pengiriman juga sangat terbatas.
  1. Jenis Kargo Berdasarkan Tipe Barang

Anda juga bisa menemukan pembagian jenis kargo dengan mempertimbangkan tipe barang yang dikirim. Berdasarkan kriteria ini, ada 3 jenis kargo, yaitu: 

  • General Cargo. Layanan kargo yang satu ini ditujukan untuk barang-barang umum yang tak memerlukan perhatian khusus. Contoh barang yang termasuk dalam kategori ini di antaranya adalah pakaian, suku cadang kendaraan bermotor, alat rumah tangga, dan semacamnya. 
  • Special Cargo. Berbeda dengan general cargo, barang yang dikirim menggunakan special cargo harus disertai dengan adanya penanganan khusus. Selanjutnya, special cargo terbagi lagi menjadi beberapa kategori, seperti kargo untuk hewan hidup, kargo untuk jenazah manusia, kargo untuk barang mudah rusak, kargo untuk barang berharga tinggi, serta kargo untuk barang dengan bau menyengat. 
  • Dangerous Cargo. Anda dapat pula menjumpai jenis layanan dangerous cargo, ditujukan untuk pengiriman barang dengan tingkat risiko tinggi. Ada 9 kategori barang yang termasuk sebagai barang berisiko tinggi, yaitu explosive goods, gasses, flammable liquids, flammable solids, toxic & infectious substance, radioctive material, corrosives, oxidizing substance & organic peroxide, dan miscellaneous dangerous goods.

Syarat Pengiriman Cargo

Setiap pengiriman barang menggunakan layanan kargo harus melewati beberapa tahapan proses. Tahapan tersebut meliputi pengepakan, klasifikasi jenis barang, hingga prosedur penerimaan barang. Selain itu, proses pengiriman juga melibatkan pihak penerima yang menjadi penghubung antara pengirim dan pengangkut. 

Berkaitan dengan syarat pengiriman, pihak ekspedisi kargo biasanya mempunyai ketentuan yang berbeda-beda. Hanya saja, untuk kargo udara, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi, yaitu: 

  • Air way bill
  • Marking of package
  • Packing
  • Dangerous goods
  • Surat pernyataan untuk pengiriman barang berbahaya dan hewan hidup
  • Pelabelan barang

Tips Menggunakan Pengiriman Cargo

Penggunaan layanan kargo sangat mudah, bahkan bisa Anda dapatkan ketika belanja barang dari Shopee. Bahkan, pengiriman cargo shopee adalah pilihan yang tepat kalau ingin memberi pilihan pengiriman barang yang murah bagi para pelanggan. Hanya saja, ada beberapa tips penting terkait pemilihan jasa kargo yang perlu Anda perhatikan, yaitu: 

  1. Pertimbangkan Reputasi Perusahaan

Anda perlu memilih perusahaan ekspedisi kargo yang punya reputasi bagus. Anda bisa mengetahuinya dengan mencari tahu ulasan dari para pelanggan terdahulu. 

  1. Jangkauan Pelayanan

Perhatikan pula jangkauan wilayah pelayanan kargo. Untuk kenyamanan pengiriman, pertimbangkan kargo yang mampu menjangkau wilayah secara luas, termasuk daerah yang terpencil. 

  1. Skema Tarif

Skema tarif yang ditetapkan oleh pihak ekspedisi juga harus Anda cermati. Anda tak ingin mengalami kerugian karena perhitungan tarif yang tidak jelas, kan?

  1. Estimasi Waktu Pengiriman

Terakhir, pertimbangkan layanan ekspedisi yang memiliki estimasi waktu pengiriman akurat. Dengan begitu, Anda bisa menginformasikan informasi kepada pelanggan dengan lebih baik. 

Itulah pembahasan lengkap terkait jasa pengiriman kargo yang penting untuk Anda ketahui. Pengetahuan ini bisa membantu Anda dalam mengelola bisnis online jadi lebih efisien. Tak lupa, Anda juga perlu memanfaatkan layanan AturToko untuk pengelolaan toko online yang lebih profesional. 

AturToko menawarkan solusi dalam mengelola beberapa toko online sekaligus cukup dalam satu layar. Dengan cara seperti ini, Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika banjir order. Dijamin, bakal dapat cuan banyak, deh!

English