FBPixel
Jualan pakai WhatsApp Bisnis: Ini Cara Buat, Setting & Tips Menggunakannya

Jualan pakai WhatsApp Bisnis: Ini Cara Buat, Setting & Tips Menggunakannya

Ditulis pada 31 Mar 2022 oleh

Kategori :

Pelaku bisnis pasti familiar dengan aplikasi yang satu ini: WhatsApp Bisnis. Menargetkan para pemilik bisnis, WhatsApp Business resmi dirilis pada 2018. Kehadirannya disambut baik oleh masyarakat Indonesia, karena menawarkan banyak manfaat terutama untuk para pebisnis online.

Melalui WhatsApp (WA) Bisnis, calon konsumen bisa langsung melihat katalog dan melakukan komunikasi langsung dengan penjual. Mengingat pengguna WA di Indonesia sangat banyak, maka menggunakan aplikasi chat ini untuk berbisnis adalah cara yang efektif. Nah, mari mengupas tuntas segala informasi yang Anda butuhkan tentang WA Bisnis!

Apa itu WhatsApp Bisnis?

Bisa diunduh gratis, WhatsApp Bisnis adalah alat pendukung bisnis yang efisien, khususnya bagi pemilik bisnis Usaha Kecil dan Menengah. Fitur-fitur yang diusungnya pun memudahkan Anda berinteraksi dengan konsumen.

Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

Belum memiliki akun WA Bisnis? Simak cara membuatnya berikut ini:

  1. Unduh dan instal aplikasi Whatsapp Business di ponsel pintar Anda melalui App Store (iOS) atau Play Store (Android).
  2. Setelah proses instal selesai, jalankan aplikasi. 
  3. Daftarkan nomor ponsel Anda. Gunakan nomor khusus bisnis agar tidak repot memisahkan urusan bisnis dan pribadi.
  4. Lengkapi profil Anda. Caranya: pilih “Setting”, lalu “Business Setting”, kemudian “Profile”.
  5. Pastikan Anda hanya memasukkan informasi yang akurat dan jelas.
  6. Aktifkan fitur balas pesan otomatis. Caranya: pilih “Settings”, kemudian “Business Settings”. Setelah itu, klik “Away Message/Greeting Message/Quick Replies”.
  7. Masukkan isi pesan yang Anda kehendaki. Waktu pengiriman pesan pun bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, baik di waktu tertentu atau di segala waktu.

Fitur-fitur Istimewa WhatsApp Bisnis

WhatsApp Business didesain dengan fitur-fitur andalan yang tidak ditemukan pada aplikasi pendahulunya, yakni WhatsApp Messenger. Tujuannya tentu saja agar Anda lebih mudah berkomunikasi dengan banyak pelanggan sekaligus. Nah, apa saja fitur-fitur tersebut?

  1. Ketentuan nama akun user

Bila Anda bisa sesuka hati mengganti nama akun pada WA Messenger, di WhatsApp versi bisnis ada syarat nama akun yang wajib dipatuhi. Di antaranya:

  • Dilarang menggunakan huruf kapital untuk nama akun bisnis, kecuali akronim dan huruf pertama.
  • Ekstra spasi di antara kata itu dilarang.
  • Tidak boleh menambah tanda baca.
  • Tidak bisa menggunakan simbol, emoji, atau karakter spesial.
  • Dilarang menambahkan karakter bukan huruf/angka.
  • Menulis brand WhatsApp dengan tepat. 
  • Nama bisnis tidak boleh kurang dari tiga karakter dan tidak diizinkan hanya berupa: nama lengkap orang, lokasi umum (contoh: Denpasar), dan istilah umum (contoh: Sepatu).
  1. Profil

Akun bisnis WA Anda bisa menampilkan detail informasi mengenai bisnis Anda. Mulai dari nama bisnis/toko, alamat, email, deskripsi, kategori bisnis, serta alamat website. Selain itu, Anda pun bisa menambahkan halaman media sosial dengan cara mencantumkan tautan link.

  1. Katalog

Fitur WhatsApp Bisnis yang satu ini berfungsi layaknya etalase toko Anda yang melengkapi profil Anda. Tidak hanya foto produk, harga dan detail produk pun bisa dicantumkan dengan jelas.

  1. Pesan Otomatis

Tidak perlu selalu standby untuk membalas pesan pelanggan. Anda bisa memanfaatkan fitur balas otomatis berikut:

  • Away Message: pesan balasan otomatis ketika pelanggan mengirim pesan di luar jam kerja.
  • Greeting Message: pesan yang akan otomatis dikirim saat konsumen menghubungi Anda pertama kali.
  • Quick Replies: saat konsumen menanyakan Frequently Asked Questions (FAQ), Anda hanya tinggal mengetik simbol “/” untuk memunculkan fitur yang sudah Anda setting sebelumnya.
  1. Kategori Bisnis

Tunjukkan kategori bisnis Anda melalui kolom profil. Bila tidak mendapati kategori yang sesuai di dropdown list, Anda bisa memilih menu “others”.

  1. Statistik Pesan

Fitur ini memungkinkan Anda memantau statistik pesan yang diterima, terkirim, dan dibaca. Caranya: klik tombol Menu, ke “Setelan”, lalu “Setelan Bisnis”, kemudian “Statistik”.

  1. Tanda Centang Akun WA Bisnis

Bagi akun bisnis yang telah terverifikasi oleh pihak WhatsApp, akan mendapat tanda berupa centang berwarna hijau. Tanda centang ini membuat akun Anda tampil lebih profesional. Selain itu, meski konsumen tidak atau belum menyimpan nomor bisnis Anda, nama bisnis Anda tetap akan terlihat.

  1. Label

Dengan fitur ini, Anda bisa mengelompokkan chat menjadi beberapa kriteria tertentu seperti pesan baru, prospek, menunggu pembayaran, ataupun pesan selesai. Label ini bisa Anda tambahkan dan hapuskan sesuai kebutuhan.

Manfaat WhatsApp Bisnis untuk Bisnis Anda

WA Bisnis adalah alat pendukung bagi bisnis Anda yang menawarkan banyak manfaat. Berikut di antaranya:

  • Berinteraksi dan berkomunikasi dengan konsumen jadi lebih mudah, apalagi dengan fitur-fitur unggulan seperti pesan otomatis, label, dan statistik.
  • Dengan menggunakan akun WA bisnis, calon pelanggan dapat menilai bahwa bisnis Anda kredibel dan dapat dipercaya.
  • Salah satu manfaat WhatsApp Bisnis adalah memudahkan Anda melakukan promosi. Cukup buat katalog, lalu sebarkan link katalog tersebut ke berbagai media.

Tips Setting WA Bisnis untuk Jualan Online

Agar jualan online Anda makin lancar, ini beberapa tips setting WhatsApp Bisnis yang bisa Anda ikuti:

  • Perhatikan syarat pemilihan nama akun dan hindari mengubah nama akun bisnis WA Anda.
  • Cantumkan profil selengkap mungkin untuk meyakinkan calon konsumen.
  • Manfaatkan fitur pesan otomatis untuk menghindari slow respond.
  • Lakukan update berkala pada katalog produk Anda.
  • Jangan malas untuk memberikan label pada pesan pelanggan agar Anda tahu chat mana yang harus di-follow up dan pesan mana yang sudah selesai.

Maksimalkan Peluang Bisnis dengan WhatsApp Bisnis!

Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa memanfaatkan berbagai media untuk mempromosikan brand, menggaet lebih banyak pelanggan, dan tentunya meningkatkan pemasukan.

WhatsApp Bisnis merupakan media terbaik untuk para pemula yang baru memulai bisnis, karena aplikasi ini sangat mudah digunakan dan menawarkan fitur-fitur andalan yang tidak Anda temukan di platform lain. Ditambah lagi, aplikasi WhatsApp bisnis juga tersedia secara gratis.

Apakah Anda membutuhkan bantuan untuk mengelola bisnis online dengan strategi marketing yang jitu? Atau sekadar ingin meningkatkan performa toko online Anda di marketplace? AturToko adalah solusinya! Daftarkan bisnis Anda sekarang!

English