Ditulis pada 09 Mar 2022 oleh AturToko
Kesuksesan dalam bisnis bukanlah hal yang datang begitu saja. Anda perlu mempersiapkan modal yang kuat. Bukan hanya modal materi, tetapi juga skill. Leadership adalah salah satu keterampilan penting yang wajib Anda miliki ketika ingin terjun dalam dunia bisnis.
Banyak orang yang bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan leadership? Arti dari leadership secara harfiah adalah kepemimpinan. Dalam pengertian yang lebih luas, leadership merupakan keterampilan yang membuat seseorang mampu memberi pengaruh, memotivasi, serta mengarahkan seseorang demi mencapai tujuan tertentu.
Kehadiran leadership dalam sebuah perusahaan sifatnya wajib. Ada 2 alasan utama yang membuat kenapa perusahaan memerlukan leadership, yaitu:
Tidak semua leader mempunyai kemampuan leadership yang baik. Untuk bisa mengetahui secara lebih jelas apa arti dari leadership, Anda perlu tahu sikap dari seorang leader. Ada 4 sikap utama yang perlu dimiliki oleh seorang leader dengan leadership yang baik, yaitu:
Dalam menjalankan aktivitas bisnis, perusahaan akan menjumpai banyak problem. Leader perlu menunjukkan sikap berani untuk menghadapi berbagai hambatan serta permasalahan tersebut. Keberanian jadi modal penting bagi seorang leader dalam mempertahankan atau mengambil tindakan yang dianggap benar dan tepat.
Sikap leader dengan kemampuan leadership yang baik selanjutnya adalah bijaksana. Kebijaksanaan menjadi aspek penting bagi seorang leader dalam melihat sebuah permasalahan. Pikiran yang bijaksana, membantu leader untuk memandang problem dalam perspektif orang lain.
Hal yang tak kalah penting dalam sikap seorang leader adalah pengambilan keputusan. Leader mampu mencari solusi atas sebuah permasalahan dengan mempertimbangkan kebaikan bersama.
Leader yang baik mempunyai kemampuan bersosialisasi yang bagus. Mereka punya rasa peka terhadap kondisi sosial dan selanjutnya melakukan tindakan sesuai dengan situasi.
Keberadaan karyawan yang memahami apa itu leader yang baik bakal memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Manfaat tersebut di antaranya adalah:
Arti leadership adalah kepemimpinan. Dalam praktiknya, Anda bisa menemukan beragam gaya kepemimpinan yang penerapannya berbeda satu sama lain. Jenis-jenis leadership tersebut di antaranya adalah:
Fungsi leader dalam jenis gaya kepemimpinan ini sangat efektif dalam mendorong kesuksesan bisnis di masa depan lewat upaya pemberdayaan anggota tim.
Selanjutnya adalah essential leadership yang mengedepankan mental serta pola pikir kepemimpinan secara tepat.
Gaya kepemimpinan ini mendorong seorang leader untuk berpikir strategis dan mampu mengontrol bisnis dengan baik.
Team leadership adalah jenis kepemimpinan yang membuat seorang leader mampu mengatasi beragam jenis tantangan, baik yang datang dari eksternal ataupun internal.
Pemimpin yang termasuk dalam jenis organizational leadership punya kemampuan dalam merancang serta mengelola tim sebagai upaya peningkatan akselerasi untuk mencapai tujuan bisnis.
Autokratis adalah gaya kepemimpinan yang berpusat pada seorang pemimpin. Setiap pengambilan keputusan dilakukan secara sepihak oleh pemimpin tanpa mempertimbangkan pendapat anggota tim.
Pemimpin yang demokratis berupaya untuk mempertimbangkan pendapat seluruh anggota tim dalam setiap pengambilan keputusan.
Ada pula jenis pemimpin transaksional yang lebih berfokus pada kinerja tim. Oleh karenanya, pemimpin tersebut punya kecenderungan mempertahankan situasi kerja yang stabil.
Transformational adalah gaya kepemimpinan yang mengedepankan perubahan. Harapannya, perubahan tersebut mampu memberikan keuntungan lebih besar bagi perusahaan.
Untuk memperjelas pemahaman Anda terkait definisi leadership, berikut ini contoh-contoh penerapan kepemimpinan dalam sebuah perusahaan:
Berkaitan dengan pengertian leadership, Anda perlu memahami perbedaannya dengan istilah lain seperti bos dan management. Terkait perbedaan antara leadership dengan management, ada 3 aspek penting yang menjadi perhatian, yaitu:
Sementara itu, penyebutan bos kerap merujuk pada posisi yang mempunyai kekuasaan dalam sebuah organisasi. Bos biasanya mengedepankan upaya mendapat keuntungan. Mereka tidak akan terlalu peduli pada upaya pengembangan kinerja, organisasi, ataupun hal-hal yang berkaitan dengan pengorganisasian, perencanaan, serta anggaran.
Kepemimpinan adalah kemampuan yang bisa Anda kembangkan. Bagaimana caranya? Ada 4 upaya yang bisa Anda praktikkan, yaitu:
Pemimpin tidak tercipta dalam waktu singkat. Anda perlu berlatih secara tekun untuk memperoleh kemampuan leadership.
Kalau ingin punya kemampuan leadership, Anda perlu mulai berlatih kerja sama. Kerja sama membuat proses pengerjaan tugas jadi lebih optimal. Selain itu, kerja sama merupakan salah satu bentuk pemberdayaan anggota tim.
Seorang pemimpin perlu menjadi inspirasi orang lain. Oleh karenanya, Anda perlu berlatih untuk memotivasi serta memberi dorongan kepada anggota tim.
Hal yang tak kalah penting, pemimpin harus bersikap disiplin. Anda bisa mulai berlatih disiplin dengan hal-hal kecil seperti bangun pagi, olahraga rutin, dan sebagainya.
Bagi Anda yang ingin memiliki kemampuan leadership, ada beberapa tips penting yang dapat dipraktikkan, yaitu:
Sikap proaktif sangat penting dalam upaya identifikasi serta penyelesaian masalah.
Pemimpin harus punya tanggung jawab. Sikap pemimpin yang bertanggung jawab akan menjadi teladan serta inspirasi bagi para anggota tim.
Leader adalah orang yang punya tujuan jelas. Anda punya rencana yang matang untuk mencapai tujuan tersebut, baik dalam jangka pendek ataupun panjang.
Nah, itulah penjelasan panjang mengenai arti leadership dan kenapa Anda perlu memiliki keahlian tersebut. Hal yang tak kalah penting, pastikan pula Anda menggunakan tool pendukung yang mumpuni.
AturToko menawarkan solusi yang tepat. Anda bisa mengelola bisnis secara lebih praktis lewat layanan OmniPos. Selain itu, ada pula pilihan layanan lain seperti BuatToko dan AturToko+ yang sesuai bagi Anda dalam upaya pengembangan bisnis.
Semoga bermanfaat, ya.