FBPixel
Pentingnya Omnichannel Bagi Bisnis Ritel dan Upaya Mengoptimalkannya

Pentingnya Omnichannel Bagi Bisnis Ritel dan Upaya Mengoptimalkannya

Ditulis pada 11 Jun 2022 oleh

Kategori :

Bisnis ritel merupakan aktivitas usaha yang mempunyai lingkup pemasaran sangat luas. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan strategi yang tepat untuk bisa memperoleh keuntungan yang maksimal. Salah satunya, Anda bisa memanfaatkan strategi omnichannel untuk bisnis retail. 

Tak sekadar memanfaatkan, Anda perlu pula memahami upaya dalam mengoptimalkan penggunaan strategi omnichannel bisnis ritel. Dengan begitu, Anda akan memperoleh manfaat yang optimal. 

Manfaat Strategi Omnichannel untuk Bisnis Ritel

Anda mungkin berpikir, kenapa harus menggunakan strategi omnichannel? Ada 4 manfaat utama yang bisa Anda peroleh dari penerapan omnichannel dalam bisnis retail, yaitu: 

  1. Integrasi Berbagai Jenis Kanal Penjualan

Strategi omnichannel memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan berbagai kanal penjualan dalam satu tempat. Upaya ini memberi kemudahan bagi Anda dalam mengakses dan mengelola setiap transaksi penjualan. Semuanya bisa Anda lakukan secara praktis dan efisien. 

  1. Memperoleh Data serta Penyusunan Strategi yang Spesifik

Potensi omnichannel bisnis ritel yang penting berkaitan dengan proses pengumpulan data. Omnichannel memberi kesempatan bagi pebisnis untuk memperoleh data spesifik dari berbagai kanal penjualan sekaligus. Selanjutnya, data tersebut bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh karakteristik serta tingkah laku para pelanggan. 

  1. Meningkatkan Pengalaman Belanja Bagi Konsumen

Omnichannel mampu memberi rasa nyaman dan pengalaman belanja yang lebih menyenangkan bagi konsumen. Saat belanja, mereka tidak perlu harus datang ke toko. Mereka punya pilihan untuk belanja secara online cukup dengan satu kali sentuhan di layar smartphone

Tidak hanya itu, omnichannel juga mendukung konsumen untuk merasa aman dan terhindar dari pengalaman belanja yang buruk. Upaya ini bisa Anda lakukan dengan menyambungkan antara toko online dengan toko fisik. Contohnya, pembelian online dengan sistem pengambilan offline. 

  1. Mendorong Peningkatan Traffic dan Angka Penjualan

Manfaat yang terakhir adalah mendorong angka penjualan serta kunjungan ke toko. Sebuah penelitian mengungkapkan penerapan sistem omnichannel dalam toko offline mendorong peningkatan angka penjualan sekitar 15-30%. Penelitian lain mengungkapkan omnichannel mendorong para pembeli untuk berkunjung ke toko setelah memperoleh info dari website. 

Cara Mengoptimalkan Strategi Omnichannel dalam Bisnis Ritel

Untuk bisa memaksimalkan potensi omnichannel bisnis ritel, ada beberapa upaya yang perlu Anda lakukan, yakni: 

  1. Pelayanan Konsumen Secara Personal

Strategi omnichannel untuk bisnis ritel yang pertama adalah menerapkan sistem pelayanan yang personal. Cara pelayanan personal bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan data spesifik yang telah didapatkan dalam sistem omnichannel. Tujuannya adalah untuk memberikan customer journey yang berbeda untuk masing-masing konsumen. 

Contoh dari penerapan strategi pelayanan konsumen yang personal ini bisa Anda lihat pada upaya yang dilakukan oleh Netflix. Dalam praktiknya, Netflix memberikan rekomendasi konten untuk setiap user. Rekomendasi tersebut memberi pengalaman menonton unik dari masing-masing user

  1. Pengelolaan Inventori

Dalam sistem omnichannel, pengelolaan inventori harus Anda perhatikan dengan cermat. Pastikan bahwa sistem pemesanan serta stok bisa Anda kelola dengan baik tanpa ada permintaan yang terlewat. Upaya tersebut bisa Anda lakukan dengan memprioritaskan pengelolaan inventori. 

Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa menyusun kode untuk setiap produk atau biasa dikenal dengan istilah SKU. Penyusunan SKU harus Anda lakukan secara konsisten. Dengan begitu, setiap kanal penjualan dapat melakukan pengaturan inventori tanpa ada hal yang terlewat. 

  1. Lokasi Gudang

Gudang jadi upaya penting selanjutnya dalam penerapan sistem omnichannel untuk bisnis retail. Anda perlu menempatkan gudang di lokasi yang strategi sehingga memudahkan proses distribusi barang. Selain itu, penataannya juga harus teratur dan memberi kemudahan dalam proses pengiriman maupun pengemasan. 

  1. Pembagian Stok Barang

Alokasi stok untuk setiap kanal penjualan juga perlu Anda perhatikan. Jangan sampai ada salah satu saluran penjualan yang Anda korbankan untuk menunjang kanal lain. Sebagai solusinya, ada 2 upaya yang dapat Anda lakukan, yaitu: 

  • Jaga kestabilan pasokan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan melaksanakan proses distribusi yang tepat waktu ke para vendor. 
  • Memanfaatkan toko sebagai gudang kecil. Toko tersebut harus mempunyai lokasi yang bisa diakses dengan mudah dan singkat. 
  1. Harmonisasi Karyawan

Upaya selanjutnya adalah berkaitan dengan kerjasama para karyawan. Para karyawan harus mampu bekerja secara harmonis agar sistem omnichannel berjalan dengan baik. Kondisi ini bisa Anda capai dengan memberi pemahaman teknologi omnichannel yang baik kepada setiap karyawan. 

Sebagai langkah awal, Anda dapat mengaplikasikan sistem omnichannel pada cabang tertentu. Kalau berhasil, Anda bisa mulai mengadopsi konsep tersebut ke lokasi lain dengan metode yang sama. 

Kunci Utama dalam Optimalisasi Strategi Omnichannel Bisnis Ritel

Berkaitan dengan penerapan sistem omnichannel, ada 3 kunci utama yang tak boleh Anda lewatkan, yakni: 

  1. Kemampuan Dalam Melihat Informasi Pelanggan Secara Menyeluruh

Anda mempunyai data lengkap tentang konsumen dari sistem omnichannel. Namun, data tersebut tidak akan terlalu berharga kalau tidak mampu memahaminya. 

  1. Memanfaatkan Customer Data Platform (CDP) sebagai Core Bisnis

Data yang berhasil didapatkan melalui sistem omnichannel selanjutnya bisa Anda kumpulkan dalam CDP. Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan data-data dalam CDP untuk berbagai keperluan, seperti menjalankan kampanye iklan, promosi produk, peluncuran produk baru, dan lain sebagainya. 

  1. Automasi Marketing untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Terakhir, Anda perlu sistem automasi marketing dalam membangun serta meningkatkan loyalitas konsumen. Selanjutnya, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan pemasaran melalui SMS, email, aplikasi, atau media lain, secara otomatis sesuai dengan pengelompokan konsumen. 

Sekarang Anda sudah bisa memahami pentingnya omnichannel bagi bisnis ritel. Nah, Anda bisa segera mulai mengaplikasikan sistem omnichannel dalam strategi pemasaran digital bisnis online. Caranya gampang, cukup manfaatkan berbagai layanan di AturToko

AturToko merupakan platform omnichannel yang menyediakan solusi praktis dalam membantu penerapan strategi pemasaran digital. Dengan AturToko, Anda dapat mengoptimalkan pemasaran produk untuk meraih omzet tinggi saat berjualan barang secara online di banyak marketplace. Mau? Yuk, coba gratis AturToko sekarang!

English