FBPixel
TikTok Marketing untuk Mendongkrak Bisnis

Dongkrak Bisnis dengan TikTok Marketing, Begini Caranya!

Ditulis pada 30 Apr 2022 oleh

Kategori :

TikTok awalnya muncul sebagai video tempat anak-anak remaja menghabiskan waktu luangnya. Seiring berjalannya waktu, media sosial asal Cina ini berkembang sebagai platform bagi orang-orang yang ingin berbagi informasi, kreasi hingga promosi. Tak heran jika belakangan Anda mungkin sering mendengar tentang TikTok marketing atau pemasaran lewat media TikTok.

Ada banyak orang yang secara tidak sengaja meraih kesuksesan penjualan lewat TikTok. Apalagi saat ini sudah ada fitur TikTok shop untuk memudahkan para penjual dan pembeli untuk bertemu. Jika Anda adalah salah satu pengusaha yang tertarik memanfaatkan ketenaran TikTok untuk mendongkrak keuntungan bisnis, maka artikel ini tepat untuk Anda.

Mengenal Lebih Jauh TikTok Shop

TikTok Shop merupakan salah satu fitur milik TikTok yang memungkinkan penggunanya untuk menjual dan membeli barang secara online lewat aplikasi TikTok. Karena tidak membutuhkan aplikasi tambahan, pembeli bisa dengan mudah scrolling untuk melihat beragam jenis video sambil mencari barang-barang yang mereka butuhkan.

Untuk bisa menjual barang di TikTok, pertama-tama penjual harus mendaftarkan akunnya untuk menjadi seller. Sementara itu, calon pembeli hanya perlu memiliki aplikasi dan akun TikTok yang mereka miliki untuk mencari barang atau produk yang mereka inginkan.

Kenapa Anda Harus Menggunakan TikTok Shop untuk Bisnis?

Saat ini, hampir semua media sosial memiliki—atau merencanakan untuk memberikan fitur social commerce. Tujuannya tentu saja untuk membuat pengguna bisa dengan cepat melakukan pembelian sembari membuka akun media sosial mereka.

Facebook menjadi yang pertama masuk ke dunia e-commerce kemudian disusul oleh Pinterest dan Instagram. Setelah eksperimen selama beberapa waktu, TikTok kini juga melangkah ke arah yang sama lewat TikTok Shop. Namun, bagaimana sebenarnya dampak social commerce ini bagi bisnis Anda? Apakah mengikuti tren ini akan mendongkrak keuntungan dan popularitas bisnis Anda? Simak beberapa alasan kenapa Anda Harus menggunakan TikTok Shop for Business berikut ini!

TikTok Memungkinkan Anda Menampilkan Visual Terbaik dari Produk yang Ingin Dijual

TikTok pada dasarnya adalah media visual dengan fitur in-feed yang terinspirasi dari Youtube dan Instagram. Platform ini sarat dengan fitur visual yang dinamis sehingga akan memudahkan brand untuk menciptakan engagement dan membangun komunitas terkait produk yang mereka jual.

TikTok juga sudah menjadi tempat yang penuh dengan konten terkait produk sebuah merek hingga tutorial. Anda hanya tinggal memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat pelanggan potensial bisa menemukan Anda dengan mudah.

Menjangkau Pelanggan yang Lebih Muda

Alasan lain kenapa TikTok Shop adalah tempat yang potensial untuk berjualan adalah karena di dalamnya banyak audiens muda. Sejak awal, TikTok memang menargetkan anak-anak muda. Ini tentu akan sangat menguntungkan bagi produsen yang menyasar pasar generasi muda.

Meningkatkan Penjualan

Setiap platform umumnya memiliki target audiens yang berbeda-beda. Jika selama ini Anda hanya fokus di media sosial Facebook atau Instagram, merambah marketing ke TikTok akan memberi Anda peluang memperluas jangkauan bisnis. Ketika jangkauan bisnis makin luas, maka penjualan akan semakin meningkat.

Baca juga: Memahami Strategi Omnichannel Marketing dan Pentingnya Bagi Bisnis

Cara Mulai Berjualan Lewat TikTok Shop

Untuk mulai berjualan di TikTok, Anda bisa melakukannya lewat beberapa langkah mudah berikut ini!

  • Buka aplikasi TikTok Shop. Selanjutnya Anda akan melihat pesan pop-up “Become a Seller”. Anda bisa menggunakan akun TikTok yang sudah ada untuk menjadi Seller atau mendaftarkan diri dengan nomor telepon dan email yang lain.
  • Isi data yang dibutuhkan termasuk email, nomor telepon dan lain sebagainya.
  • Pada bagian TikTok Shop Seller Center, isi dengan keterangan sesuai yang Anda inginkan misalnya saja nama toko dan jenis usaha yang dijalankan.
  • Klik “Continue”.

Kalau semua data sudah berhasil dikonfirmasi, maka TikTok Seller Shop Center Anda sudah bisa digunakan untuk berjualan. Selain itu, Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan calon pembeli dengan melakukan streaming. Calon pembeli juga bisa menanyakan langsung detail produk yang Anda jual.

Tips dan Trik Jualan Online di TikTok agar Bisnis Viral

Anda tidak hanya butuh produk yang bagus dan berkualitas untuk bisa meraih penjualan tinggi. Ada berbagai tips dan trik kreatif yang bisa Anda terapkan untuk jualan online di TikTok. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

  • Buat konten yang berkualitas. Video yang jernih dan diedit dengan baik adalah sesuatu yang disukai para pengguna TikTok. Jangan lupa untuk menyertakan deskripsi yang cerdas dan ringkas untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
  • Gunakan musik yang sedang trending. Menggunakan pilihan musik yang tengah populer juga memungkinkan konten Anda untuk naik dalam pencarian.
  • Tunjukan brand personality. Menunjukkan sisi personal dari bisnis Anda akan membantu calon konsumen untuk merasa dekat dengan brand Anda.
  • Buat konten yang relevan namun tetap otentik dan sesuai dengan citra brand Anda.
  • Gunakan hashtag. Hashtag atau tanda pagar adalah aturan wajib jika Anda ingin pengguna media sosial TikTok lebih mudah menemukan Anda.
  • Buat challenge. Salah satu cara jitu untuk meraih popularitas di TikTok adalah dengan menciptakan challenge. Ada banyak video lip sync yang bisa Anda jadikan inspirasi.
  • Berinteraksilah dengan para pengguna karena mereka semua adalah pelanggan potensial Anda.

Baca juga: Cara Jualan Laris di Facebook, Dagangan Cepat Habis dan Dapat Cuan Banyak

Strategi Jualan Lewat TikTok

Agar jualan di TikTok yang Anda lakukan semakin lancar, ada 2 strategi yang tidak kalah penting untuk diterapkan antara lain:

  • Manfaatkan TikTok influencer marketing. Influencer atau orang-orang berpengaruh masih menjadi kunci penting untuk pemasaran lewat media sosial termasuk TikTok. Tidak perlu menggunakan sosok yang punya nama besar. Anda bisa memanfaatkan influencer baru yang sesuai dengan niche bisnis Anda.
  • Gunakan TikTok Advertising. Kalau Anda memiliki alokasi dana khusus untuk berpromosi, TikTok bisa menyediakan tempat bagi Anda untuk menggunakan iklan berbayar. Ada banyak brand yang mulai beriklan di TikTok. Sebut saja Maybelline, Aerie dan Caesars.

Selain dengan memanfaatkan TikTok, memperluas penjualan juga bisa Anda lakukan lewat AturToko. Sebagai enabler e-commerce, AturToko siap membantu pemilik bisnis terutama para pelaku UMKM untuk memperluas jangkauan pemasaran. Daftar sekarang juga di sini.

English