FBPixel
Biar Bisnis Cuan Terus, Simak Cara Meningkatkan Penjualan Online Berikut Ini!

Biar Bisnis Cuan Terus, Simak Cara Meningkatkan Penjualan Online Berikut Ini!

Ditulis pada 22 Jun 2022 oleh

Kategori :

Krisis ekonomi yang tercipta akibat pandemi COVID-19 secara signifikan membuat perdagangan online meningkat dan lanskap bisnis berubah. Melakukan transformasi digital menjadi keharusan bagi banyak sektor industri agar bisa terus bertahan dan meraih keuntungan. Namun, go digital tidak selalu mudah seperti kedengarannya. Ada berbagai trik dan strategi cara meningkatkan penjualan online yang perlu Anda pelajari.

Dengan jutaan pelanggan potensial di internet, ada berbagai langkah yang bisa Anda lakukan untuk menarik perhatian mereka. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Bangun Citra Bisnis Anda Secara Jujur dan Lugas

Ini mungkin terdengar sepele, tetapi percayalah bahwa berbelanja secara online juga membuat konsumen lebih sensitif terhadap apa yang akan mereka beli. Jujur dalam berbisnis adalah hal yang penting, tidak hanya untuk membangun reputasi bisnis Anda, tetapi juga mendorong kepercayaan pada merek Anda. 

Hindari membuat klaim yang tidak bisa Anda buktikan dan jangan gunakan kalimat hiperbola sembarangan. Bangunlah citra yang jujur, lugas, dan mudah didekati dalam semua strategi Anda, mulai dari beranda toko online hingga kampanye email yang Anda kirimkan.

Tentukan Target Penjualan dengan Jelas

Untuk bisa meningkatkan penjualan online, Anda tentu harus punya tujuan yang jelas. Identifikasikan dengan baik tujuan penjualan Anda. Artinya, tentukan berapa persentase pertumbuhan yang Anda targetkan berdasarkan strategi tertentu yang sesuai dengan sasaran pendapatan Anda.

Hilangkan Produk dan Layanan yang Kurang Menguntungkan

Bagi pebisnis yang akan terjun ke bisnis online (baik yang memang baru memulai atau yang awalnya memiliki toko offline), penting untuk menyiapkan daftar produk dan layanan yang akan ditawarkan kepada calon konsumen. 

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat daftar adalah melakukan riset. Cek dengan saksama apakah produk atau layanan tersebut memiliki permintaan yang cukup menjanjikan. Kalau ada produk atau layanan yang tidak berpeluang mendatangkan keuntungan, segera hilangkan dari daftar. Dengan cara ini, Anda bisa menghindari kelebihan biaya produksi yang menghalangi meningkatnya omzet.

Pahami Pasar Anda dengan Baik

Untuk membuat keputusan terbaik terkait produk dan aktivitas pemasaran yang Anda lakukan, Anda harus memahami pelanggan dengan baik. Ketika menjalankan toko fisik, Anda tentu bisa dengan mudah bertanya pada orang-orang yang datang ke toko Anda. Jika pelanggan Anda online, Anda harus secara proaktif mengambil langkah untuk mempelajarinya.

Dengan menggunakan analytics tool di toko online serta sistem Point of Sale (PoS), Anda bisa dengan mudah mengidentifikasi pola dan preferensi pembelian. Meskipun tanpa percakapan tatap muka, manfaatkan berbagai media termasuk email, panggilan telepon, atau chat untuk mengajukan pertanyaan dan mempelajari pelanggan Anda.

Manfaatkan SEO untuk Meningkatkan Visibilitas Bisnis Anda

SEO atau Search Engine Optimization merupakan senjata penting bagi para pengusaha untuk menemukan konsumen. SEO yang baik akan membuat perusahaan Anda muncul pada halaman depan pencarian. Mengapa SEO itu penting? Simak beberapa fakta berikut ini:

  • Sebanyak 85% orang menggunakan Google untuk meneliti produk sebelum mereka membuat keputusan berbelanja.
  • Sebanyak 27,5% lalu lintas pencarian yang mengarah ke situs e-commerce berasal dari mesin pencari.
  • Sebanyak 1 dari 4 pesanan yang dibuat di e-commerce berhubungan dengan lalu lintas organik yang berasal dari pencarian.

Artinya, jika Anda ingin tampil terdepan ketika pembeli ingin membeli, Anda harus meningkatkan visibilitas brand Anda di mesin pencari dengan menggunakan SEO.

Tampilkan Testimoni dari Pelanggan

Ulasan pelanggan atau testimoni adalah senjata yang penting bagi sebuah bisnis. Ulasan positif dari pengguna sebelumnya bahkan bisa memiliki kekuatan yang lebih besar dibanding iklan yang Anda tulis sendiri. Ulasan ini bisa tampil pada halaman produk, halaman pencarian, dan home page Anda. Karena itu, pastikan Anda menampilkan ulasan yang positif untuk meyakinkan pelanggan baru.

Namun, perlu diingat bahwa menampilkan testimoni positif yang terlalu banyak dalam satu waktu sebaiknya dihindari. Pasalnya, pelanggan Anda bisa merasa terganggu dan menganggapnya sebagai spam.

Manfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah salah satu tempat promosi online gratis yang bisa Anda manfaatkan. Ada banyak platform besar yang menjadi tempat bagi pelanggan potensial. Sebut saja Instagram, Facebook, maupun Twitter. Selain bisa menjadi tempat untuk membangun brand awareness, media sosial juga bisa menjadi tempat untuk membangun interaksi yang lebih dekat dengan audiens Anda.

Gunakan Teknologi yang Tepat untuk Mendukung Bisnis Anda 

Peningkatan penjualan online tentu juga bisa dicapai jika Anda cermat dalam memilih teknologi pendukung. Ada berbagai aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk memudahkan proses penerimaan pesanan, pengiriman, hingga layanan pelanggan. Salah satu teknologi terkini yang bisa Anda manfaatkan adalah e-commerce enabler.

AturToko sebagai e-commerce enabler tepercaya di Indonesia, siap membantu para pebisnis baik yang masih pemula maupun yang perusahaan besar yang membutuhkan kanal untuk memperluas penjualan secara online. Berbagai layanan yang kami berikan akan membuat aktivitas bisnis yang Anda jalankan semakin efisien dari segi waktu dan biaya. Tidak hanya itu, kami juga akan mendorong peningkatan brand awareness untuk merek Anda sehingga pada akhirnya akan meningkatkan penjualan.

Telah terintegrasi dengan enam e-commerce raksasa tanah air, tingkatkan penjualan online Anda sekarang juga bersama AturToko.id. Klik informasi lengkapnya di sini!

English