Ditulis pada 01 Mar 2022 oleh AturToko
Memasuki era digital seperti sekarang ini, muncul banyak profesi yang dulunya tidak dikenal sama sekali. Jasa endorsement adalah salah satunya. Layanan ini biasa dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasa melalui media sosial. Namun, apakah Anda sudah mengetahui apa itu endorse?
Pemahaman tentang arti endorsement menjadi hal penting yang tak boleh dilewatkan oleh seorang pebisnis online. Anda tidak sekadar ikut-ikutan tren menggunakan jasa endorsement produk. Namun, menggunakan layanan tersebut sebagai bagian dari strategi pemasaran yang efektif.
Agar Anda bisa memahami secara lebih jelas tentang apa yang dimaksud dengan endorse, simak pembahasannya berikut, yuk.
Endorse adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris. Dalam kamus, Anda bisa mengetahui kalau arti endorse adalah pengesahan atau dukungan. Sementara itu, endorsement artinya adalah iklan atau promosi yang pelaksanaannya menggunakan tokoh atau selebriti yang mempunyai pengakuan, kepercayaan, atau rasa hormat dari banyak orang.
Berkaitan dengan endorsement, istilah tokoh atau selebriti tidak hanya mengacu pada sosok yang terkenal seperti bintang film, artis, pejabat, dan semacamnya. Namun, ada pula selebgram atau orang yang secara khusus memiliki popularitas tinggi di platform media sosial. Parameter popularitas tersebut kerap diukur berdasarkan jumlah follower.
Ngendorse adalah bagian dari strategi pemasaran secara online. Oleh karena itu, tujuan utama seorang pebisnis dalam menggunakan layanan tersebut tidak lain adalah sebagai sarana promosi. Dengan begitu, banyak orang yang mengenal produk Anda dan kemudian bisa berdampak pada angka penjualan produk.
Strategi endorse tidak hanya berlaku pada bisnis besar. Pemanfaatannya juga kerap dilakukan oleh para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Sebagai gantinya, Anda perlu memilih layanan endorse yang tepat sehingga memberi manfaat yang optimal bagi bisnis.
Pengertian endorse secara benar memungkinkan Anda bisa merasakan banyak manfaatnya, antara lain adalah:
Baca juga: Tips Ampuh Cara Menambah Viewer di Youtube dengan Cepat dan Mudah
Endorse merupakan salah satu strategi dalam upaya promosi atau pemasaran produk secara online. Selain endorse, Anda bisa pula menjumpai strategi lain seperti iklan Facebook, SEO, SEM, email marketing, dan lain sebagainya. Lalu, kenapa harus menggunakan iklan endorse?
Pemanfaatan layanan endorse memberikan 3 keuntungan utama bagi para pelaku bisnis online, yaitu:
Saat memahami apa yang dimaksud endorse dengan benar, Anda akan merasakan kelebihannya yang mampu mendorong efektivitas promosi produk. Layanan endorse memungkinkan produk Anda dipromosikan oleh seorang selebgram kepada para follower-nya.
Selebgram biasanya mempunyai hubungan yang cukup dekat dengan para follower. Apalagi, mereka kerap melakukan interaksi dan bahkan berbagi aktivitas pribadi. Oleh karena itu, para follower akan selalu memperhatikan setiap konten yang dipublikasikan.
Beriklan melalui selebgram relatif terjangkau. Apalagi, kalau Anda membandingkannya dengan pemasangan iklan di TV, radio, ataupun billboard. Di waktu yang sama, Anda juga punya banyak pilihan dalam menggunakan jasa endorse barang dari para selebgram.
Ketika produk Anda di endorse seorang selebgram, visibilitas merek akan meningkat seiring dengan bertambahnya orang yang mengetahui produk. Bahkan, tak menutup kemungkinan jumlah follower akun media sosial bisnis online Anda meningkat secara drastis.
Selain itu, endorse dapat pula mendorong angka penjualan produk. Efek berupa peningkatan angka penjualan itu bisa Anda rasakan secara langsung. Apalagi, ketika Anda menggunakan jasa endorse dari selebgram yang mempunyai banyak follower.
Selain perlu memahami kelebihan endorse, Anda juga perlu tahu bahwa metode pemasaran ini memiliki kekurangan, seperti:
Endorse adalah artinya sama dengan iklan berbayar. Anda bisa merasakan manfaatnya selama iklan tersebut banyak dilihat oleh para follower selebgram. Kalau Anda sudah tidak lagi melakukan endorse, maka manfaat tersebut akan hilang.
Penggunaan iklan endorse mempunyai kaitan erat dengan citra selebgram. Ketika selebgram tersebut memiliki skandal, tak menutup kemungkinan produk Anda akan terkena dampaknya.
Seorang selebgram menyediakan layanan endorse barang tidak hanya untuk satu produk. Mereka membuka jasanya secara terbuka bagi semua pebisnis. Oleh karenanya, ada kemungkinan kalau produk Anda bakal dibayangi oleh produk lain yang di endorse oleh selebgram tersebut.
Untuk memperoleh manfaat yang optimal dalam strategi endorsement, Anda perlu melakukan pemilihan jasa selebgram secara tepat. Ada 4 faktor penting yang bisa Anda jadikan penilaian, yaitu:
Parameter pertama adalah jumlah follower. Anda tentu ingin mempromosikan produk kepada banyak orang. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk memilih selebgram yang punya banyak follower.
Selain follower, Anda juga perlu memperhatikan engagement rate selebgram. Istilah ini merujuk pada tingkat interaksi dari para follower. Engagement rate yang tinggi merupakan indikator bahwa para follower benar-benar mengikuti setiap unggahan selebgram.
Hal yang tak kalah penting adalah memilih selebgram yang benar-benar merepresentasikan produk. Anda bisa memperhatikan setiap postingan dari selebgram. Apakah postingan mereka mempunyai keterkaitan dengan produk Anda?
Contoh sederhana adalah ketika Anda mempunyai produk aksesori otomotif. Sementara itu, selebgram yang Anda gunakan jasanya memiliki hobi gowes. Apakah kedua hal tersebut memiliki kaitan?
Faktor yang terakhir adalah harga. Setiap selebgram memiliki rate endorsement berbeda-beda sesuai dengan kriterianya masing-masing. Selebgram yang mempunyai banyak follower dan engagement rate tinggi umumnya mematok tarif endorse tinggi. Jadi, Anda tinggal melakukan pemilihan selebgram sesuai dengan anggaran.
Baca juga: Engagement Rate Instagram: Pengertian, Manfaat, Faktor yang Mempengaruhi, dan Cara Meningkatkannya
Sampai di sini, Anda bisa memahami kalau tenaga endorse sangat dibutuhkan oleh para pebisnis. Karena tingkat permintaan yang sangat tinggi, tidak heran kalau banyak orang yang memanfaatkan kesempatan membuka layanan endorse.
Kalau Anda mempunyai banyak follower dengan engagement rate tinggi, peluang membuka layanan endorse produk terbuka sangat lebar. Potensi pendapatan yang bisa Anda dapatkan dari jasa endorse pun sangat tinggi.
Itulah penjabaran lengkap mengenai apa itu endorse dan manfaatnya sebagai bagian dari strategi pemasaran produk.
Selain strategi endorse, Anda juga perlu memastikan bahwa pengelolaan bisnis online berjalan dengan baik. AturToko hadir untuk membantu Anda dalam mengelola toko online secara profesional dan menguntungkan melalui BuatToko. Dengan begitu, Anda bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis online.