FBPixel
12 Cara Efektif untuk Meningkatkan Penjualan dengan Omnichannel, Bisa untuk Pemula Lho!

12 Cara Efektif untuk Meningkatkan Penjualan dengan Omnichannel, Bisa untuk Pemula Lho!

Ditulis pada 10 Jun 2022 oleh

Kategori :

Kecanggihan teknologi memunculkan peluang besar dan sekaligus tantangan dalam bisnis. Anda memerlukan sarana pendukung yang mumpuni agar tidak kalah bersaing dengan kompetitor. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan adalah melalui cara meningkatkan penjualan toko online dengan platform omnichannel

Cara Meningkatkan Penjualan dengan Strategi Bisnis Omnichannel

Pemanfaatan yang tepat membuat Anda bisa mengoptimalkan penggunaan strategi omnichannel dalam mendorong angka penjualan. Lalu, bagaimana caranya? Ada 12 tips yang perlu Anda perhatikan, yakni: 

  1. Promosi Lokasi Toko Fisik

Dalam strategi omnichannel, jangan berfokus untuk meningkatkan angka penjualan dari toko online. Di waktu yang sama, kamu perlu mendorong konsumen untuk melakukan transaksi dengan berkunjung secara langsung ke toko fisik. 

Saat berkunjung ke toko fisik, konsumen dapat secara langsung melihat produk yang mereka inginkan. Kunjungan tersebut berguna untuk meyakinkan konsumen terkait produk yang Anda tawarkan. Dengan begitu, return order bisa mengalami penurunan. 

  1. Belanja Online dan Ambil Barang Secara Offline

Menurut riset The Telegraph, sebanyak 60% konsumen online mengaku pernah berhadapan dengan permasalahan sistem logistik. Konsumen ragu dan cemas kalau barang pesanan mereka akan mengalami kerusakan atau keterlambatan saat pengiriman. 

Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, Anda bisa menerapkan sistem online to offline (O2O). Dalam skema O2O, Anda bisa menggunakan sistem pembayaran cash-on-delivery (COD) atau meminta pengunjung untuk mengambil pesanan dengan datang ke toko secara langsung. 

  1. Manfaatkan Geolocation Marketing

Ada pula pertimbangan untuk memanfaatkan strategi geolocation marketing. Dalam metode ini, Anda menjalankan strategi pemasaran dengan memanfaatkan produk kepada para pelanggan potensial yang lokasinya dekat dengan tempat usaha. 

Dalam praktiknya, geolocation bisa Anda terapkan dengan memanfaatkan layanan berbasis lokasi pada sebuah aplikasi mobile. Selanjutnya, aplikasi tersebut akan menampilkan notifikasi ketika terdapat pelanggan potensial pada area jangkauan. 

  1. Sediakan Informasi Produk di Toko Fisik

Cara meningkatkan penjualan dengan omni channel yang selanjutnya adalah melalui pemberian informasi produk di toko fisik.  Cantumkan informasi produk secara mendetail, termasuk dari opsi warna, ukuran, material, dan lain sebagainya tersebut di toko online dan sekaligus ketersediaannya. 

Pencantuman data produk secara mendetail tersebut memungkinkan konsumen mengetahui produk yang diinginkannya dengan praktis. Mereka pun bisa datang secara langsung ke toko fisik setelah memastikan kalau produk yang diinginkannya tersedia. Jadi, pembeli tidak perlu mondar-mandir saat mencari barang. 

  1. Perbanyak Review Konsumen, Baik Online Maupun Offline

Dorong setiap pembeli untuk memberikan ulasan saat belanja. Tindakan seperti ini tidak hanya perlu Anda lakukan di toko online, tetapi juga toko fisik. Anda bisa memanfaatkan rekaman video dan kemudian memberi insentif berupa voucher belanja. 

  1. Integrasi Marketplace

Metode berikutnya adalah melalui integrasi marketplace. Jangan terpaku hanya pada satu marketplace. Dengan begitu, Anda memperoleh kesempatan untuk memasarkan produk pada lingkup yang lebih luas. Peluang terjadinya transaksi penjualan pun akan meningkat.  

  1. Analisis Data Pelanggan

Dalam strategi omnichannel, Anda mempunyai kesempatan untuk mengumpulkan data pelanggan secara lengkap. Dengan begitu, Anda akan memperoleh pengetahuan yang komprehensif tentang para pelanggan dan bisa memanfaatkannya untuk keperluan strategi pemasaran di masa mendatang. 

  1. Manfaatkan Teknologi AI dan Chatbot

Cara efektif untuk meningkatkan penjualan dengan omnichannel yang berikutnya adalah menyediakan layanan pelanggan setiap waktu. Artinya, Anda perlu melayani setiap pertanyaan yang mereka ajukan selama 24 jam dalam seminggu. 

Alih-alih memakai tenaga karyawan, Anda bisa memanfaatkan teknologi AI dan chatbot. Dengan adanya bekal informasi yang lengkap, AI dan chatbot bakal membantu Anda dalam melayani para pelanggan dengan baik secara real time

  1. Pelayanan Pelanggan yang Lebih Personal

Pemberian pelayanan yang personal juga berpengaruh pada tingkat penjualan produk. Pelayanan secara personal bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan hasil analisis data konsumen. Dari situ, Anda mempunyai pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan maupun prioritas barang yang mereka inginkan. 

  1. Tingkatkan Produktivitas

Strategi omnichannel bakal mendorong angka penjualan hingga beberapa kali lipat. Agar semua pesanan bisa terpenuhi, Anda perlu menyediakan stok barang yang cukup. Anda dapat mengatasi permasalahan ini dengan cara meningkatkan produktivitas.

  1. Kembangkan Produk

Tips tidak kalah penting dalam strategi omnichannel adalah melalui pengembangan produk. Pengembangan atau inovasi, merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan dalam bisnis. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan. 

  1. Customer Journey Mapping

Terakhir, Anda perlu menerapkan customer journey mapping. Tujuannya sederhana, yakni memastikan bahwa setiap proses yang dilalui pelanggan saat melakukan transaksi berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apa pun.

Itulah tips dan cara meningkatkan penjualan toko online dengan platform omnichannel yang bisa Anda praktikkan. Selanjutnya, Anda perlu memanfaatkan platform omnichannel berkualitas untuk mendukung kelancaran penerapan strategi ini. 

Solusi platform omnichannel terbaik bisa Anda dapatkan dengan mudah. Caranya, Anda bisa menggunakan layanan AturToko. AturToko dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis, mulai dari strategi digital marketing, budgeting iklan, pengembangan brand hingga peningkatan kinerja media sosial. Praktis!

Ada berbagai pilihan layanan AturToko yang bisa Anda pakai untuk penerapan strategi omnichannel. Anda bisa mulai memanfaatkan kanal penjualan baru lewat toko online dengan layanan BuatToko. Selain itu, ada pula solusi dalam menghubungkan toko online di berbagai marketplace di satu dashboard dengan layanan OmniPos

Kalau Anda ingin layanan yang praktis, gunakan layanan AturToko+. Layanan ini memberi kemudahan Anda dalam melakukan pengelolaan toko, branding media sosial, dan menjalankan bisnis dalam mode autopilot. Lewat AturToko+, Anda hanya perlu fokus pada upaya pengiriman stok dan produksi. 

Menarik, kan? Ingin segera gunakan AturToko? Ada kesempatan mencoba layanan ini secara gratis, lho! Yuk, manfaatkan!

English