FBPixel
Apa Itu E-Commerce Enabler? Yuk, Cari Tahu Lebih Jauh di Sini!

Apa Itu E-Commerce Enabler? Yuk, Cari Tahu Lebih Jauh di Sini!

Ditulis pada 20 Jun 2022 oleh

Kategori :

Bagi Anda yang sedang memulai bisnis secara online, ada banyak hal yang perlu dipelajari. Mulai dari memilih produk yang tepat, melakukan promosi dengan baik, hingga menggunakan ecommerce enabler untuk memperluas jangkauan bisnis.

Istilah e-commerce enabler mungkin masih asing bagi sebagian pebisnis online. Bagi Anda yang ingin mencari tahu lebih jauh mengenai ecommerce enabler, temukan jawaban lengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan E-commerce Enabler?

Internet telah menciptakan peluang bisnis yang sangat luas di penjuru dunia. Salah satunya adalah dalam industri ritel. Karena pandemi, e-commerce menjadi platform yang sangat disukai. Tidak hanya oleh pelanggan, tetapi juga para pedagang.

Pendapatan ritel dengan basis e-commerce diperkirakan akan tumbuh makin pesat dalam beberapa tahun ke depan. Namun, bagi pelaku bisnis online yang kecil atau masih pemula, mereka membutuhkan aspek lain untuk bisa memperluas jangkauan bisnis. Ecommerce enabler adalah tenaga profesional yang berperan menyediakan fasilitas pengelolaan e-tailing sehingga bisnis bisa dijalankan dengan cara yang lebih efisien.

E-commerce enabler merupakan perusahaan yang secara khusus menyediakan layanan bagi klien yang ingin melakukan penjualan online dengan cara yang lebih efisien. E-commerce enabler atau pemberdaya e-niaga menawarkan beragam solusi mulai dari optimalisasi situs, merancang strategi pasar, menangani pengiriman dan logistik, hingga mengintegrasikan seluruh media digital. Tujuannya adalah agar klien bisa fokus sepenuhnya pada aspek pertumbuhan bisnis mereka.

Lazada, Shopee, Tokopedia, dan marketplace lainnya bukanlah e-commerce enabler. Namun, mereka adalah salah satu bagian dari rantai e-commerce. Ecommerce enabler hadir sebagai jembatan yang menghubungkan merek atau sebuah bisnis online dengan mitra lain yang ada di dalam rantai e-commerce, misalnya saja marketplace sebagai platform berdagang online, 3PL (third person logistic atau penyedia jasa pengiriman pihak ketiga), serta gerbang pembayaran atau payment gateway untuk kebutuhan transaksi pembayaran.

Bagaimana Cara Kerja E-Commerce Enabler?

E-commerce enabler memiliki hubungan yang dekat dengan pasar dan platform e-commerce. Ketika banyak bisnis mulai dijalankan secara digital, semua orang harus bergerak mengikutinya. Sebab, ketika sebuah bisnis hanya menggantungkan usahanya pada e-commerce saja, akan sulit bagi bisnis tersebut untuk bisa berkembang.

Pemberdaya e-niaga hadir sebagai solusi end-to-end untuk para pelaku bisnis yang ingin memanfaatkan e-commerce dalam menjalankan bisnis. Di dalamnya, Anda bisa menyediakan beragam layanan mulai dari manajemen official store, layanan kreatif, digital marketing, layanan pelanggan, dan lain sebagainya.

Secara sederhana, e-commerce enabler akan membantu Anda sebagai pebisnis online dalam proses penjualan lewat platform e-commerce dan kanal online lainnya. Dengan begitu, Anda bisa menjangkau pelanggan secara lebih luas dengan lebih mudah.

Apa Saja Peran E-commerce Enabler untuk Mendukung Kesuksesan Bisnis Anda?

E-commerce enabler memiliki beberapa peran inti yang bisa mendukung kesuksesan bisnis Anda. Beberapa di antaranya adalah:

Manajemen Toko Online

E-commerce enabler dapat membantu Anda menangani kegiatan operasional harian hingga promosi online. Ini dapat membantu bisnis Anda fokus membangun brand awareness sekaligus meningkatkan penjualan. E-commerce enabler juga akan membantu Anda membangun online presence secara optimal.

Manajemen Produk 

Pemberdaya e-niaga dapat mengelola semua list dan harga produk. Anda juga akan dibantu untuk memeriksa promo dan terlibat lebih dekat dengan platform online lain agar bisnis Anda tetap terlihat profesional.

Pengiriman Pesanan

Banyak pebisnis online mengalami kesulitan dalam pengiriman dan berakhir ditinggalkan oleh para pelanggannya. Keberadaan pemberdaya e-niaga dapat meminimalisasi waktu pemrosesan pesanan dengan respons dan pengiriman produk yang cepat. E-commerce enabler juga memiliki gudang agar proses pemenuhan pesanan bisa lebih singkat.

Support atau Layanan Pelanggan yang Profesional

Loyalitas pelanggan pada bisnis Anda sangat ditentukan pada dukungan yang Anda berikan. Layanan pelanggan sifatnya sangat menuntut dan harus bisa dilaksanakan dengan profesional. Ecommerce enabler memiliki tim berpengalaman yang siap membantu Anda dalam mengelolanya.

Dukungan pelanggan yang baik akan membantu membangun kepercayaan serta meningkatkan kepuasan pelanggan. Pada akhirnya, ini akan meningkatkan citra brand Anda.

Membantu Pembuatan Laporan

Semua jenis dan sektor bisnis menghasilkan banyak jenis laporan, mulai dari laporan penjualan, analitik, dan laporan kemajuan SKU. Untuk memeriksa bagaimana status bisnis Anda, dibutuhkan laporan yang detail. Pemberdaya e-commerce yang profesional dan terampil dapat secara tepat menyajikan data yang dibutuhkan oleh bisnis Anda untuk tumbuh dalam persaingan yang ketat.

Iklan Digital

Pemasaran digital telah menjadi opsi promosi yang sangat populer, bahkan mengalahkan iklan surat kabar dan televisi. Enabler memiliki pakar teknis yang tidak hanya mempertimbangkan manajemen akun dan pemasaran, tetapi juga fokus pada minat dan demografi saat memasang iklan. Langkah ini bisa mempercepat bisnis Anda meraih kesuksesan.

AturToko.id sebagai salah satu platform e-commerce enabler yang terbaik di Indonesia, siap membantu Anda mengembangkan bisnis online secara lebih profesional. Dengan tim yang kompeten dan berpengalaman, AturToko akan menjadi mitra bagi Anda untuk melakukan optimalisasi performa marketplace sekaligus mengembangkan brand dengan lebih mudah dan bebas ribet. Hubungi kami sekarang juga dan konsultasikan kebutuhan Anda pada tim kami!

English