Ditulis pada 19 Apr 2022 oleh AturToko
Iklan menjadi salah satu bentuk promosi yang efektif dalam mendongkrak penjualan. Dalam perkembangannya, konsep iklan advertorial pun makin sering dipakai untuk menawarkan produk dengan cara yang lebih halus. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan seputar definisi, fungsi, contoh, hingga kelebihan dari iklan berkonsep advertorial ini.
Jadi, apa itu iklan advertorial? Sederhananya, advertorial adalah jenis iklan yang ditulis dengan model jurnalistik. Artinya, iklan tersebut ditulis dengan mengadaptasi pola 5W+1H yang turut diterapkan pada penulisan feature atau berita. Tak heran jika cukup sulit membedakan antara berita dan advertorial produk. Namun, Anda bisa membedakan keduanya dengan mengamati bagian akhirnya. Jika berupa advertorial, biasanya akan ada kode (adv) pada akhir iklan.
Setelah mengetahui pengertian iklan advertorial, mari mengulas lebih jauh tentang ciri dan syarat membuat iklan secara umum. Pada dasarnya, iklan memiliki karakteristik seperti pemilihan kata yang logis dan sopan. Selain itu, kata-kata yang digunakan dalam iklan biasanya juga bersifat persuasif (mengajak) agar pembeli merasa lebih percaya dan yakin terhadap suatu produk atau jasa. Untuk syarat iklan secara umum, iklan harus bersifat jujur, objektif, mudah dimengerti, tidak menyinggung siapapun, dan mampu menarik perhatian.
Adapun fungsi dan tujuan dari iklan advertorial adalah menggabungkan pesan dan informasi dengan bahasa yang lebih halus. Selain itu, pembahasannya juga disampaikan dengan cara yang lebih informatif, mudah dimengerti, dan jelas. Manfaat dari advertorial produk sendiri mengarah pada penyampain pesan dan informasi dalam konteks yang lebih halus.
Iklan advertorial juga dikelompokkan berdasarkan isi atau materi yang hendak disampaikan oleh si pembuat iklan, yaitu:
Iklan ini umumnya menyajikan pembahasan soal produk, seperti misalnya jenis, merek, stok, dan kualitas.
Iklan ini mengulas seputar layanan jasa, yang mencakup informasi tentang jenis atau kualitas jasa yang ditawarkan pemilik usaha.
Iklan ini membahas tentang eksistensi suatu korporasi, yang umumnya menggambarkan seputar aktivitas yang dilakukan perusahaan tersebut.
Iklan ini mengulas tentang aktivitas penting yang dilakukan suatu lembaga pemerintahan. Biasanya, iklan ini berisi program tahunan pemerintah.
Sementara itu, beberapa sifat utama yang terdapat dalam produk advertorial di antaranya:
Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Pengertian, Manfaat, dan Apa Fungsi Iklan
Menyusun iklan bertema advertorial tentu bukan hal yang mudah. Namun, ada beberapa teknik yang dapat Anda terapkan ketika hendak menyusun iklan advertorial, yaitu:
Tahap ini dimulai dengan mencari ide, pengujian, pemilihan topik, mengumpulkan data, dan menyusun kerangka penulisan.
Tahap ini dimulai dengan menulis artikel iklan setelah menentukan tema, ide, data, dan bahan penunjang.
Tahap ini dilakukan untuk memperbaiki kesalahan penulisan, termasuk salah ejaan atau relevansi terhadap data.
Tahap terakhir yaitu merumuskan judul yang menarik sesuai dengan isi tulisan Anda.
Agar dapat membuat advertorial yang tepat sasaran dan menarik minat pembaca, Anda perlu memahami konsep iklan advertorial melalui tiga hal berikut:
Karena mengusung konsep yang mirip seperti artikel pemberitaan, advertorial ditulis dengan kaidah penulisan yang umum dipakai dalam jurnalistik dengan struktur sebagai berikut:
Bagian ini berperan untuk menarik minat pembaca, sehingga menjadi poin penting untuk bisa membuat tulisan yang menarik.
Saat menulis isi atau materi inti dari sebuah iklan, Anda bisa menggunakan salah satu dari beberapa pola berikut:
Selain itu, terdapat pula jembatan penulisan yang menjadi penghubung antarkalimat dalam paragraf sehingga lebih enak dibaca.
Bagian ini berisi simpulan dari keseluruhan tulisan. Biasanya berupa penjelasan akhir pembuatan iklan atau kalimat yang membuat pembaca merasa lebih tertarik untuk mencoba produk yang diiklankan.
Baca juga: Cara Meningkatkan Penjualan untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimal
Berikut adalah contoh advertorial produk Coca Cola yang mengeluarkan produk minuman baru mereka:
Maraknya tren minum kopi di dunia membuat banyak pebisnis melihat peluang yang menggiurkan dengan menggeluti bisnis minuman dengan rasa pahit ini. Ternyata, peluang ini juga dimanfaatkan oleh salah satu brand minuman terbesar di dunia, Coca Cola. Guna membantu mendongkrak penjualan, perusahaan minuman soda siap konsumsi ini merilis minuman kopi siap konsumsi sebagai produk baru mereka.
Memang benar, sebelumnya Coca Cola telah mengeluarkan produk minuman teh yang hadir dalam merek lain, yaitu Duze Tea dan Gold Peak. Tak hanya untuk meningkatkan penjualan, hadirnya minuman kopi dari Coca Cola juga dilakukan untuk mengembangkan sayap bisnis perusahaan sebagai perusahaan minuman siap konsumsi terlengkap di dunia.
Selain Coca Cola, kabarnya perusahaan serupa, Pepsi Company turut berencana untuk melakukan inovasi yang sama dengan merilis produk minuman kopi yang siap dikonsumsi kapan saja. Sepertinya kedua perusahaan minuman terkemuka di dunia ini akan terus bersaing untuk mendapatkan perhatian dan saling menunjukkan keunggulan mereka, ya?
Dibandingkan dengan iklan biasa yang kerap Anda jumpai, iklan advertorial untuk strategi marketing punya beberapa keunggulan, yakni:
Jadi, iklan yang dikemas seperti berita dinamakan dengan advertorial. Bentuk iklan ini jadi salah satu strategi marketing yang menarik untuk dicoba. Selain penyampaian tujuan yang lebih halus, bentuk iklan ini juga cukup diminati pemilik usaha karena memiliki potensi yang lebih besar untuk mencapai angka penjualan maksimal.
Pun, karena menyusun strategi pemasaran yang tepat jadi aspek yang sangat penting untuk menunjang kemajuan suatu bisnis, mari maksimalkan hal tersebut dengan memanfaatkan layanan AturToko.
AturToko dapat membantu Anda mengembangkan bisnis dengan cara yang tepat, mulai dari budgeting iklan, digital marketing, hingga meningkatkan performa sosial media. Tertarik mencobanya? Daftar di sini!