Ditulis pada 06 Apr 2022 oleh AturToko
Kesuksesan dalam bisnis tidak akan datang tiba-tiba atau secara kebetulan. Anda perlu menerapkan strategi yang tepat untuk mencapainya. Segmentasi adalah salah satu strategi yang bisa Anda praktikkan untuk meraih kesuksesan dalam bisnis.
Dalam pengertian yang sederhana, segmentasi pasar adalah upaya untuk melakukan pemetaan konsumen berdasarkan kriteria tertentu. Kriteria tersebut bisa beragam, seperti karakteristik, demografi, tingkat kebutuhan, ataupun perilaku.
Pengetahuan tentang apa itu segmentasi pasar dapat menjadi salah satu kunci sukses dalam berbisnis. Alasan utamanya adalah karena segmentasi dapat membantu perusahaan dalam mengenali target konsumen secara lebih baik. Dengan begitu, perusahaan bisa menerapkan strategi pemasaran yang lebih efektif.
Selain pengertian secara umum, Anda bisa pula memahami apa itu segmentasi dari penjelasan para ahli, di antaranya:
Dalam buku Marketing Management (2016), Philip Kotler dan Kevin Lane Keller mengungkapkan kalau segmentasi merupakan upaya untuk membagi pasar dalam beberapa bagian yang telah teridentifikasi secara baik.
Indrawati bersama dengan Rr. Rieka F. Hutami dan Damayanti Octavia melalui buku Marketing for Non-Marketing Managers (2019) menyebutkan kalau segmentasi adalah tindakan perusahaan dalam mengonsentrasikan sumber daya berkaitan dengan pelayanan konsumen. Dengan begitu, perusahaan bisa meraih keuntungan di tengah persaingan bisnis.
Ada pula pengertian segmentasi menurut Pride dan Ferrel. Mereka mengungkapkan kalau segmentasi adalah strategi yang memungkinkan perusahaan untuk membagi sistem pasar dalam beberapa kelompok konsumen potensial dan tertarget. Pengelompokan tersebut dilakukan untuk konsumen yang punya tingkat kebutuhan dan karakteristik sama.
Dalam praktiknya, Anda akan menemukan beberapa jenis segmentasi pasar yang dimanfaatkan dalam bisnis, yaitu:
Jenis segmentasi yang pertama didasarkan pada perilaku konsumen terhadap produk tertentu. Perilaku tersebut bisa berupa pengetahuan, reaksi, sikap, loyalitas, dan lain sebagainya.
Selanjutnya, ada strategi segmentasi dan positioning dengan menggunakan aspek dasar demografi. Aspek dasar demografi tersebut meliputi latar belakang pendidikan, jenis kelamin, umur, status pernikahan, pekerjaan, dan lain sebagainya.
Anda juga dapat menjumpai segmentasi psikografis. Pembagian segmen ini dilakukan dengan memperhatikan kondisi psikologis konsumen.
Selanjutnya adalah segmentasi geografis. Pengelompokannya dilakukan berdasarkan domisili konsumen.
Ada pula segmentasi berdasarkan harga jual produk. Perusahaan bisa menawarkan produk dengan harga murah atau produk premium yang mahal.
Baca juga: Cara Meningkatkan Penjualan untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimal
Dalam penerapannya, segmentasi pasar mempunyai beberapa tujuan, di antaranya:
Selain itu, segmentasi pasar memberikan berbagai manfaat bagi pebisnis. Manfaat tersebut antara lain adalah:
Dalam pelaksanaan strategi segmentasi, Anda perlu memahami dasar-dasar yang mempunyai kaitan erat, di antaranya:
Contoh segmentasi pasar yang sederhana adalah produk makanan untuk anak. Pihak penjual biasanya menawarkan produk dengan harga murah dan menjualnya di lingkungan yang mudah dijangkau oleh anak-anak. Misalnya, mereka menjual dagangannya di area sekitar sekolah, taman bermain, dan semacamnya.
Baca juga: Iklan Advertorial: Pengertian, Fungsi, Jenis, Contoh, dan Kelebihannya
Dalam penerapannya, ada beberapa tahapan segmentasi pasar yang perlu Anda jalankan. Tahapan tersebut antara lain adalah:
Tahapan pertama dalam pembentukan segmentasi adalah dengan menentukan target pemasaran. Ada tiga faktor yang mempunyai kaitan erat dengan proses penentuan target pasar, yaitu:
Dengan pertimbangan tersebut, Anda selanjutnya dapat menentukan faktor yang berpengaruh pada segmentasi pasar, seperti produk, harga, demografis, dan lain-lain.
Upaya selanjutnya adalah dengan menggali informasi terkait permasalahan serta kebutuhan para konsumen. Anda bisa memperoleh data tersebut dengan melaksanakan survei atau serangkaian tes produk.
Langkah selanjutnya adalah pemahaman terkait perilaku konsumen. Cari tahu informasi berkaitan dengan sebelum dan setelah pemakaian produk. Selain itu, perhatikan pula data yang mencakup tren produk.
Tahapan berikutnya adalah pengolahan serta analisis data. Kedua langkah tersebut bertujuan untuk penentuan strategi berkaitan dengan penyusunan dan pemasaran produk.
Masing-masing segmen pasar adalah kelompok konsumen yang unik. Oleh karenanya, Anda perlu menerapkan strategi pemasaran yang berbeda untuk setiap segmen.
Tahapan terakhir dalam segmentasi adalah evaluasi. Upaya evaluasi sangat berguna dalam menilai efektivitas serta kinerja pemasaran. Anda pun bisa mengumpulkan saran dan masukan dari para konsumen. Dari situ, Anda dapat melakukan perbaikan atas segala kekurangan yang ada.
Penetapan sasaran pasar dengan segmentasi pasar merupakan dua istilah yang berbeda. Segmentasi pasar merupakan upaya pengelompokan pasar yang awalnya memiliki sifat heterogen menjadi kelompok lebih kecil yang homogen.
Sementara itu, penetapan sasaran pasar atau target pasar adalah keputusan yang diambil oleh perusahaan berkaitan dengan segmen pasar yang mereka layani. Dalam proses penetapan tersebut, perusahaan mempunyai pertimbangan berupa segmentasi pasar.
Segmentasi menjadi upaya penting dalam mendorong kesuksesan bisnis. Tak lupa, Anda juga perlu mendorong kesuksesan proses pemasaran dengan memperluas jangkauan produk. AturToko jadi solusi yang membantu Anda dalam aktivitas pemasaran produk secara luas.
Lewat AturToko, Anda bisa membangun platform ecommerce sebagai sarana bisnis online. Selain itu, AturToko dapat pula membantu Anda dalam pengelolaan aktivitas jual beli melalui marketplace. Dengan begitu, bisnis Anda bisa berjalan secara lancar dan efektif.