Ditulis pada 26 Jan 2022 oleh AturToko
Hampir semua toko online saat ini memiliki lapak di Instagram. Namun, membuka akun bisnis di Instagram bisa jadi agak tricky. Satu hal yang pasti, jualan online bukan sekadar membuat orang tertarik membeli produk Anda.
Instagram justru jadi tempat tepat untuk memaksimalkan branding bisnis lewat post menarik yang membuat konsumen berinteraksi dengan brand Anda. Maka, Anda perlu membekali diri dengan tips dan trik jualan di Instagram untuk mendongkrak angka penjualan.
Penasaran? Yuk, simak 7 tips dan trik jualan online berikut ini.
Akun Instagram pribadi berbeda dengan akun Bisnis Instagram. Letak perbedaan terbesar ada pada fitur khusus bisnis yang hanya bisa diakses pemilik akun Bisnis. Sebut saja, Instagram Shopping, Instagram Ads, Instagram Insight, tombol tindakan, serta informasi terkait lokasi dan jam operasional.
Namun, ini kembali pada bagaimana Anda menempatkan Instagram dalam bisnis. Opsi terbaik adalah pakai media sosial ini sebagai sarana promosi. Lalu, arahkan pengikut atau calon pembeli menuju website landing page bisnis Anda.
Anggap Instagram sebagai etalase pertama toko online, sebagaimana Anda memoles akun Tokopedia atau Shopee. Meski personalisasi akun profil media sosial ini tidak sebanyak website, tips simpel berikut bisa Anda coba.
Baca juga: Dongkrak Bisnis dengan TikTok Marketing, Begini Caranya!
Nah, keuntungan memakai akun Bisnis Instagram adalah Anda bisa menunjukkan harga dan spesifikasi produk langsung di feed. Ini termasuk pemberian tag pada produk yang di-posting dan mengarahkannya ke tempat jualan online seperti website dan marketplace. Jangan lupa siapkan konten feed yang menarik berikut informasi produk yang akan dicari konsumen pada caption.
Pada dasarnya Instagram merupakan platform yang mengutamakan visual. Mengunggah foto dan video yang tampak profesional akan membuat produk Anda lebih unggul. Perhatikan apa identitas brand Anda, rencanakan secara cermat, eksekusi foto dan video produk dengan tepat, dan belajar penyuntingan foto/video jika perlu. Jangan lupa pilih style feed sesuai dengan brand yang Anda usung.
Selain visual menarik, Anda juga bisa membangun interaksi dengan follower lewat penulisan konten yang apik. Caption berperan penting untuk membuat mereka merasa terlibat dengan bisnis Anda.
Caption pun tidak sekadar spesifikasi produk, tetapi juga informasi lain seputar produk maupun bisnis yang relevan dengan kebutuhan follower Anda. Maka, tuliskan juga call-to-action untuk mendorong tindakan pembaca, seperti memberi like, klik save, atau membeli produk.
Baca juga: Engagement Rate Instagram: Pengertian, Manfaat, Faktor yang Mempengaruhi, dan Cara Meningkatkannya
Instagram Ads dapat memaksimalkan pemasaran produk Anda agar dapat sampai ke konsumen yang tepat. Uniknya, iklan Instagram dapat menjangkau calon pembeli sesuai ukuran demografis, opsi penargetan, dan bujet.
Tips yang bisa Anda coba adalah promosikan postingan yang memiliki engagement tertinggi. Cara ini akan membuat post tersebut muncul di feed mereka yang belum menjadi follower Anda.
Demikian tips dan trik jualan online di Instagram yang bisa Anda coba. Untuk mempermudah pengelolaan toko online, Anda bisa menggunakan AturToko, sebuah platform digital yang menawarkan jasa solusi layanan e-commerce terpadu.
Jadi, Anda dapat mengelola Tokopedia, Shopee, maupun website bersamaan tanpa perlu repot berganti-ganti aplikasi. Bersama AturToko, atur toko online lebih praktis!