FBPixel
Ilustrasi AturToko +

Tips Ampuh Cara Menambah Viewer di Youtube dengan Cepat dan Mudah

Ditulis pada 14 Mar 2022 oleh

Kategori :

Di era yang serba digital ini, penting bagi setiap pengusaha untuk memaksimalkan strategi untuk pemasaran, termasuk lewat media sosial. Sebagai salah satu media sosial paling populer di dunia, Youtube juga menjadi tempatnya para marketer melakukan promosi produk. Sama seperti situs web, makin tinggi traffic-nya, makin besar peluang konversinya. Makin banyak yang menonton, makin besar kemungkinan orang-orang akan mengetahui produk Anda.

Bahkan, berdasarkan data dari Oberlo, sebanyak 62% bisnis yang ada di dunia menggunakan Youtube untuk memposting konten video. Jika Anda menggunakannya secara efektif, Youtube akan menjadi tool bisnis yang sangat menjanjikan. Untuk bisa meningkatkan penjualan, Anda harus memiliki banyak viewers. Lantas, bagaimana caranya meningkatkan viewer di Youtube?

Bagi Anda yang ingin menggunakan Youtube untuk pemasaran, simak beberapa cara menambah viewer Youtube berikut ini!

Buat Konten Menarik

Tidak peduli berapa banyak yang Anda bayar untuk mengiklankan akun Youtube Anda, jika isinya tidak menarik maka sudah pasti tidak akan ada orang yang mau menontonnya. Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan banyak penonton adalah membuat konten yang menarik. Tidak hanya untuk ditonton, di-like, share bahkan subscribe. Bagaimana caranya?

Identifikasi apa hal yang paling ingin diketahui oleh pelanggan ideal Anda. Video seperti apa yang kira-kira bisa memenuhi kebutuhan mereka? Kalau Anda tidak tahu apa yang ingin Anda buat, bertanya kepada komunitas atau followers Anda di media sosial juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai.

Ajak Penonton untuk Berlangganan Channel Anda

Anda mungkin pernah mendengar ungkapan, “Pelanggan baru terbaik adalah pelanggan lama Anda”. Singkatnya, mempertahankan pelanggan bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengembangkan bisnis Anda. Hal yang sama juga berlaku untuk viewers Youtube Anda.

Itulah sebabnya salah satu cara termudah untuk meningkatkan viewer Youtube di akun Anda adalah dengan cara mendorong pemirsa Anda saat ini untuk berlangganan atau men-subscribe akun Anda. Semakin banyak jumlah subscriber Anda, semakin besar peluang kenaikan jumlah viewers pada setiap video baru yang Anda rilis. Cara paling efektif untuk mengajak mereka berlangganan adalah dengan meminta mereka subscribe di awal dan di akhir setiap video.

Baca juga: Ulasan Lengkap Influencer: Jenis, Manfaat, dan Cara Memilihnya dengan Tepat

Buat Playlist

Statistik Youtube menunjukkan bahwa brand dengan kinerja terbaik di Youtube membangun dan mempromosikan playlist dua kali lebih banyak daripada 25% brand terbawah. 

Mengapa playlist bisa berfungsi dengan sangat baik? Karena sistemnya auto-play. Artinya, setelah video sebelumnya selesai diputar, secara otomatis penonton akan diputarkan video berikutnya yang juga ada dalam daftar putar. Dengan cara ini, peluang penonton berpindah ke channel lain akan lebih kecil. 

Untuk membuat tampilan playlist yang menarik, Anda disarankan menggunakan layout secara horizontal. Pada posisi ini, thumbnail video akan terlihat lebih jelas sehingga penonton tertarik menontonnya.

Promosikan Video Lain dengan End Screen dan Cards

Cards dan End Screen adalah tools yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan video yang ada di channel Anda dan mendatangkan lebih banyak viewers. Pertama, Anda harus memverifikasi akun Youtube Anda untuk bisa mengakses fitur ini. Caranya adalah dengan klik gambar profil Anda di kanan atas lalu klik “Creator Studio”. Selanjutnya klik pada tab “Status and Features”.

Di halaman ini, Anda bisa melihat fitur tambahan di Youtube channel Anda dan memanfaatkannya. End Screen merupakan bingkai khusus yang bisa Anda tempatkan di akhir video dan memberikan ajakan untuk melakukan sesuatu pada para penonton.

Sementara Cards adalah tools yang bisa Anda atur untuk muncul kapan saja di video. Anda bisa mengatur Cards untuk mengarahkan penonton ke video atau playlist yang lain. Anda juga bisa membuat Cards berisi polling untuk menanyakan kepada viewers tentang konten apa yang ingin mereka lihat. Keduanya merupakan tools yang sangat bermanfaat karena itu pastikan Anda menjadikan keduanya untuk memunculkan CTA (Call to Action) dalam video-video di akun Anda.

Lakukan Optimasi pada Judul Video Anda

Sama seperti ketika Anda menulis artikel di blog, judul konten video juga bisa menjadi cara meningkatkan viewer Youtube. Buatlah judul yang menarik sesuai dengan konten yang Anda buat. Hindari membuat judul yang sifatnya clickbait karena bisa mengecewakan penonton. Jika mereka sudah kecewa, mereka kemungkinan akan enggan kembali ke channel Anda.

Ada beberapa cara membuat judul yang bisa Anda coba untuk mendatangkan lebih banyak viewers. Pertama dengan menambahkan frasa yang diberi tanda kurung. Percaya atau tidak, menambahkan frasa dalam tanda kurung di judul ternyata bisa meningkatkan peluang klik sampai 33%.

Cara lain adalah dengan menambahkan angka berupa tahun saat ini, jumlah (jika isi video berupa listicle) dan nomor-nomor lain yang berkaitan dengan konten Anda. Usahakan judul yang Anda buat tidak lebih dari 50 karakter karena menurut studi Justin Briggs, video dengan judul seperti ini akan mendapat peringkat yang bagus.

Baca juga: Apa Itu Affiliate Marketing? Jenis-jenis & Tips Sukses Menjalankannya

Jangan Lupakan Deskripsi Video

Deskripsi atau penjelasan isi video akan membantu algoritme Youtube sehingga mereka bisa membantu penonton menemukan konten seperti apa yang mereka inginkan. Ada beberapa cara membuat deskripsi yang baik untuk video Anda yakni:

  • Buat intro deskripsi terdiri dari 2-3 kalimat saja. Tulislah dengan gaya yang menarik. Anda juga disarankan memasukkan beberapa kata kunci yang berhubungan dengan konten Anda. Dengan begitu, deskripsi akan muncul ketika penonton melakukan pencarian
  • Buat deskripsi video secara ringkas. Supaya memudahkan penonton memahami isi konten, tulislah deskripsi dalam 150 kata atau lebih. Masukkan juga kata kunci di bagian ini untuk meningkatkan peringkat pada hasil pencarian
  • Masukkan tautan. Tautan yang dimaksud adalah tautan yang mengarahkan penonton ke situs, akun media sosial atau blog Anda.

Pastikan Mode Penyematan di Video Anda Sudah Aktif

Ketika menemukan konten yang luar biasa, penonton mungkin saja ingin membagikannya kembali di situs atau blog mereka. Untuk bisa menyematkan video Anda, Anda harus mengaktifkan opsi penyematan. Mengizinkan penonton untuk menyematkan video Anda ke situs mereka adalah cara yang ampuh menjangkau penonton baru sekaligus meningkatkan jumlah viewers.

Itulah beberapa cara ampuh yang bisa Anda gunakan untuk menaikkan viewers Youtube Anda. Jika jumlah viewers-nya sudah cukup banyak, Youtube Anda bukan hanya jadi sarana promosi bisnis, tapi juga bisa menjadi bisnis itu sendiri. 

Demikian informasi seputar cara untuk meningkatkan jumlah viewer di YouTube, salah satu channel yang penting untuk digunakan kegiatan digital marketing. Anda bisa mengembangkan bisnis mulai dari digital marketing, budgeting iklan hingga meningkatkan kinerja sosial media bisnis dengan memanfaatkan berbagai layanan yang ada di AturToko. Jadi, tunggu apa lagi? Daftarkan bisnis Anda di AturToko sekarang juga!

English