Ditulis pada 27 Jun 2022 oleh AturToko
Membangun loyalitas pelanggan jauh lebih sulit daripada memikat pelanggan untuk membeli produk.
Sebagian besar pebisnis pasti mengamini pernyataan tersebut. Apalagi, para pebisnis pemula kerap fokus menggaet calon pembeli sebanyak-banyaknya dan lupa memelihara hubungan dengan pembeli agar menjadi pelanggan setia.
Padahal, salah satu rahasia menjalankan bisnis secara efektif adalah dengan cara membangun loyalitas konsumen. Bagaimana kedua hal tersebut saling berkaitan? Simak penjelasannya berikut ini.
Mempunyai pelanggan setia ternyata membantu Anda menjaga angka pendapatan tetap pada jangka waktu panjang. Pasalnya, mereka tidak segan membeli lagi produk Anda karena sudah tahu kualitas dan menyukai pelayanan yang diberikan.
Di sisi lain, Anda pun bisa menekan biaya pemasaran. Pelanggan setia akan membantu mempromosikan produk Anda melalui caranya sendiri. Misal, lewat promosi mulut ke mulut atau berbagi di media sosial. Sekarang tinggal bagaimana Anda meningkatkan loyalitas pelanggan dengan mempertimbangkan faktor-faktor di bawah ini.
Secara umum, ada beberapa tahapan siklus pembelian yang bisa membangun loyalitas pelanggan, yaitu:
Sekarang Anda paham bagaimana kepuasan dan loyalitas pelanggan berpengaruh pada keberlangsungan suatu bisnis. Agar Anda bisa menjalani bisnis lebih efektif, berikut 8 cara menciptakan loyalitas pelanggan.
Ketika pelanggan sudah menyukai produk Anda, mereka juga mengharapkan pelayanan terbaik, termasuk kemudahan bertransaksi. Anda bertugas menyediakan sistem transaksi sesederhana dan semudah mungkin, serta beberapa metode pembayaran agar pelanggan leluasa bertransaksi.
Pelanggan setia tetap menanti penawaran menarik dari bisnis Anda. Bisa jadi hal itu akan memicu pembelian berikutnya. Selain itu, coba buat penawaran produk secara terbatas kepada pelanggan dahulu sebelum diluncurkan ke publik. Ini membuat mereka merasa Anda memperhatikan pelanggan dan tak ragu untuk setia membeli produk atau memakai jasa bisnis Anda.
Relasi dengan pelanggan tidak berhenti setelah penjualan terjadi. Anda tetap perlu menjalin komunikasi dengan pelanggan dan bertanya tentang pengalaman mereka terhadap produk tersebut. Anda pun bisa memperkirakan sampai kapan produk itu habis dipakai dan segera kontak pelanggan untuk tahu kapan mereka memesan lagi. Jadi, Anda tidak kehilangan konsumen karena mereka pun merasa diperhatikan.
Anda juga harus mencari tahu apa saja keinginan dan kebutuhan pelanggan dari waktu ke waktu. Informasi tersebut dapat menjadi masukan untuk pengembangan bisnis, seperti menambah variasi produk, serta meningkatkan kualitas produk maupun layanan. Luangkan waktu untuk mendengarkan masukan pelanggan pada bisnis Anda, baik melalui email, chatting, telepon, atau survei.
Sudah rahasia umum bahwa orang Indonesia suka segala sesuatu yang serba gratis. Memberikan bonus bisa jadi cara meningkatkan loyalitas pelanggan yang perlu dicoba. Anda pun boleh menerapkan syarat tertentu supaya pelanggan bisa mendapat bonus, seperti beli 3 gratis 1 atau sampel gratis untuk pembelian minimum Rp100.000. Jangan lupa sesuaikan jenis bonus dengan kebutuhan pelanggan agar lebih memikat.
Pelanggan memerlukan garansi dari penjual, terutama untuk pembelian produk dengan harga jual cukup tinggi. Pemberian garansi menjadi cara Anda menjamin kualitas produk tersebut. Karena pelanggan percaya pada Anda, mereka pun tak ragu untuk melakukan pemesanan ulang di kemudian hari.
Keluhan atau ulasan negatif bukan sumber bencana, tetapi justru mendorong Anda dalam pengembangan bisnis. Ketika pelanggan menyampaikan keluhan, dengarkan mereka lebih dahulu. Pahami situasi yang dialami, tampung dan catat keluhan tersebut. Ucapkan terima kasih atas masukan mereka dan bantu mereka menjawab masalah tersebut lewat sebuah solusi. Langkah demikian akan meningkatkan kredibilitas dan reputasi Anda sebagai pemilik bisnis di mata pelanggan.
Program loyalitas pelanggan atau loyalty reward jadi salah satu cara efektif menjaga relasi Anda dengan pelanggan. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain, pengumpulan poin, kartu VIP untuk menikmati layanan terbatas, harga spesial member, dan akses prioritas saat launching produk baru. Tentu ini membuat pelanggan makin lengket dan enggan berpaling ke kompetitor Anda.
Deretan cara meningkatkan loyalitas pelanggan di atas cukup mudah dipraktikkan, bukan? Namun, tentu saja Anda harus melakukannya berulang kali secara konsisten sebelum menikmati hasilnya. Sambil terus membangun loyalitas pelanggan, pastikan Anda sudah memakai layanan AturToko dalam pengelolaan toko online. Manajemen toko rapi, loyalitas pelanggan terjaga, bisnis pun berjalan efektif. Pelajari tentang AturToko di sini, yuk!