Ditulis pada 07 Mac 2022 oleh AturToko
Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan pamflet, baliho, spanduk, poster, atau papan nama yang banyak bertebaran di jalan raya. Semua benda tersebut merupakan alat atau media promosi yang disebut dengan reklame. Apa saja fungsi dan tujuan pembuatan reklame ini? Ada berapa jenis reklame yang beredar di pasaran? Simak informasi lengkapnya pada ulasan berikut.
Reklame secara umum adalah media atau alat, baik berupa audio, teks, maupun visual, yang digunakan untuk menyampaikan informasi singkat ke pada orang banyak. Biasanya, melalui reklame ini, promosi produk disampaikan dalam bentuk pesan singkat disertai gambar.
Sementara itu, secara garis besar, reklame adalah suatu alat atau media berupa kata-kata dan gambar menarik yang digunakan untuk memperkenalkan, menyampaikan informasi, menawarkan, serta mempromosikan produk atau jasa ke pada masyarakat.
Selain pengertian-pengertian dari reklame di atas, ada juga pendapat lain dari beberapa ahli, diantaranya:
Menurut Kriyantono, reklame merupakan suatu bentuk komunikasi non-personal dengan membayar berbagai media digunakan untuk menyampaikan pesan, menjual produk barang atau jasa, dan bertujuan membuat konsumen membeli produk tersebut.
Pendapat Brata, reklame merupakan suatu aktivitas yang bertujuan menarik perhatian masyarakat terhadap produk barang atau jasa dengan cara menyampaikan ide dan informasi mengenai produk barang atau jasa tersebut.
Reklame menurut Panji merupakan suatu bentuk kegiatan yang bertujuan menarik perhatian banyak orang dengan memperkenalkan produk barang atau jasa.
Arti reklame menurut Durianto adalah suatu bentuk komunikasi promosi untuk membuat masyarakat membeli dan menggunakan produk yang dipromosikan dengan cara membujuk mereka.
Sering digunakan sebagai media promosi, apakah reklame sama dengan iklan? Reklame dan iklan merupakan dua hal dengan manfaat yang sama. Namun, keduanya memiliki perbedaan menonjol dari segi isi kontennya. Konten terkait produk barang atau jasa yang berbentuk teks dengan penyampaian panjang dan sangat detail, biasanya digunakan pada iklan.
Sementara itu, teks pada reklame cenderung lebih singkat. Dibanding teks panjang, reklame lebih mengedepankan seni grafis untuk memikat hati masyarakat atau siapa saja yang melihatnya.
Dalam dunia bisnis, berikut beberapa fungsi reklame:
Sementara itu, bagi gerakan sosial, fungsi dari reklame adalah sebagai berikut:
Media yang berupa ajakan bisa dikatakan sebagai reklame apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
Baca juga: Apa Itu Bundling? Tipe, dan Strategi untuk Meningkatkan Penjualan
Berdasarkan pengadaannya, reklame memiliki tujuan sebagai berikut:
Sesuai namanya, reklame ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan bisnis dengan memberikan informasi terkait profil perusahaan, produk barang, atau jasa.
Reklame ini banyak digunakan untuk mendukung kegiatan pemerintah atau kedinasan. Tujuannya, mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk melakukan atau mematuhi peraturan yang berlaku.
Sebuah reklame tidak boleh dibuat secara asal-asalan karena harus memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
Ada banyak jenis reklame yang bisa digunakan sebagai media promosi, antara lain:
Merupakan reklame berukuran kecil atau sedang yang ditempatkan di dalam ruangan. Terbuat dari bahan yang tidak tahan sengatan matahari dan hujan. Contoh, poster, brosur, etiket, dan lain sebagainya.
Reklame berukuran besar yang ditempatkan di luar ruangan. Terbuat dari bahan yang tahan guyuran hujan dan sengatan matahari. Contoh, baliho, spanduk, dan lain sebagainya.
Baca juga: Apa Itu Promosi Bisnis: Pengertian, Tujuan, Jenis, Contoh dan Manfaatnya
Untuk membuat reklame yang menarik, lakukan langkah-langkah berikut:
Selain reklame yang menarik, Anda juga membutuhkan tempat jualan yang memudahkan pengaturan bisnis. Oleh karena itu, daftarkan bisnis Anda di AturToko. Platform ini akan membantu Anda mengatur seluruh aktivitas bisnis, mulai dari melayani orderan, inventaris stok, pemasaran, hingga laporan penjualan dalam satu tempat. Jualan jadi mudah bersama AturToko!