Ditulis pada 24 Mac 2022 oleh AturToko
Saat membeli sebuah produk baru, tentu Anda ingin barang tersebut sesuai dengan ekspektasi Anda. Riset menunjukkan bahwa 88% orang mau membeli produk setelah mengetahui testimoni positif dari konsumen lain. Ini berarti, testimoni adalah salah satu faktor penentu apakah seseorang akan membeli sebuah produk atau tidak.
Terutama bagi pemilik bisnis yang menjual barang/jasa secara dalam talian, testimoni merupakan alat untuk meyakinkan calon konsumen. Seberapa penting testimoni untuk bisnis Anda? Simak penjelasan lebih lanjut tentang testimoni berikut ini.
Pengertian testimoni secara singkat adalah pernyataan kepuasan oleh pihak ketiga tentang bisnis, produk, jasa, maupun layanan yang Anda tawarkan. Yang dimaksud pihak ketiga dapat meliputi konsumen, rekan kerja, klien, atau siapa saja yang telah mendapatkan manfaat atau mengetahui kualitas dari produk/jasa yang mereka beli.
Testimoni juga bisa dibilang merupakan suatu bentuk penghargaan, ungkapan terima kasih, maupun sebagai alat yang mendukung klaim atau kebenaran tertentu.
Sama-sama memberi pernyataan dan gambaran, sering kali testimoni disamakan dengan review. Padahal, keduanya punya perbedaan yang mendasar. Berikut beberapa di antaranya:
Baca juga: Iklan Advertorial: Pengertian, Fungsi, Jenis, Contoh, dan Kelebihannya
Fungsi testimoni adalah meyakinkan calon konsumen, artinya Anda bisa menggaet lebih banyak pelanggan potensial. Namun, lebih dari itu, ada berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan langsung. Apa saja?
Makin banyak testimoni dari pelanggan, makin tinggi tingkat kredibilitas produk/jasa Anda. Faktanya, pernyataan konsumen lain yang menunjukkan kepuasan, memberi kontribusi tinggi dalam penentuan keputusan calon konsumen untuk melakukan transaksi.
Manfaat testimonial adalah membangun rasa percaya publik terhadap bisnis Anda. Ini merupakan sarana krusial yang efektif dalam membangun hubungan emosional antara brand dengan konsumen Anda. Menampilkan testi akan membuat konsumen merasa dihargai, sehingga membuat mereka makin loyal.
Testimoni artinya pernyataan yang datang dari pihak ketiga yang tidak memihak dan telah menggunakan brand Anda. Ini bisa menjadi bukti nyata akan manfaat dan kualitas produk/layanan Anda.
Anda dapat memanfaatkan testimoni sebagai sarana pemasaran efektif bagi bisnis Anda. Dengan membangun kesan positif dari para pelanggan, Anda telah meningkatkan brand awareness sehingga produk/jasa Anda makin dikenal.
Nyatanya, setiap orang akan mencari tahu tentang suatu produk sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Membaca testimoni bisa jadi bahan pertimbangan penting yang mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli. Makin banyak transaksi terjadi, makin naik pula omzet bisnis Anda.
Real testimoni artinya pernyataan yang datang dari konsumen yang benar-benar telah memakai dan merasakan manfaat dari brand Anda. Berikut ini beberapa contoh testimoni:
Wanda menuliskan testimoni setelah membeli sebuah lipstik di salah satu toko online:
“Warna lipstik sesuai foto dan ternyata awet banget! Nggak nempel di gelas atau tisu! Produknya juga orisinal. Pertama kali order di sini, bakal langganan terus nih!”
Robert mengirim pesan singkat melalui WhatsApp ke nomor penjual setelah sepaket pesanan kopi luwak-nya sampai:
“Paketnya sudah sampai, Kak. Packaging rapi, aman, pesanan juga lengkap. Kopinya mantap, set cangkir-nya classy banget, berasa ngopi di coffee shop Sultan! Terima kasih, ya.”
Biasanya, konsumen akan menyertakan foto produk pada testimoni mereka, sehingga memudahkan konsumen lain untuk mendapat informasi lebih lanjut tentang produk tersebut.
Baca juga: Segmentasi Pasar: Pengertian, Jenis, Manfaat, hingga Prosedur Pelaksanaannya
Selain mengenal lebih dalam apa arti testimoni, Anda juga perlu mengetahui ada beberapa jenis testimoni yang efektif untuk dipakai di laman web. Berikut ulasan lengkapnya:
Tipe ini kian disukai karena konten video menawarkan rasio ROI (return of investment) hingga 52% dan merupakan salah satu tipe konten dengan rasio ROI paling banyak. Untuk membuat tipe testimoni ini, minta pelanggan untuk menceritakan kisah sukses dan kepuasan mereka setelah menggunakan brand anda.
Case studies memakai pendekatan saintifik dalam menceritakan pengalaman konsumen. Konsumen akan menyatakan kepuasan secara komprehensif termasuk bagaimana mereka berhasil mencapai target dengan bantuan produk/layanan dari Anda.
Sosial media adalah alat pemasaran yang efisien. Mintalah pelanggan untuk mengeposkan feedback ke sosial media. Selanjutnya, ambil screenshot pernyataan tersebut lalu tampilkan di laman web anda.
Quote testimonials paling sering dipakai oleh para marketers. Caranya, kumpulkan pernyataan dari konsumen, lalu tampilkan dengan cara mengutip langsung tanpa mengubah isi testimoni tersebut. Terkesan sederhana, tetapi tipe ini sangat efektif.
Setelah tahu apa itu testimonial, tentu Anda ingin mendapat testimoni baik dari para pelanggan yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan bisnis Anda. Bagaimana caranya? Simak tips berikut:
Sebelum mantap menambahkan elemen testimoni ke laman web Anda, perhatikan beberapa hal penting berikut:
Kesimpulannya, fungsi testimoni adalah menciptakan kredibilitas bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Pada akhirnya, ini akan berkontribusi pada meningkatnya omzet Anda.
Ingin mengelola bisnis dengan lebih mudah dan profesional, tetapi bingung bagaimana caranya? Percayakan pada AturToko! Satu aplikasi untuk semua kebutuhan bisnis Anda. Daftar segera di sini!