FBPixel
Keuntungan Memiliki Website Pribadi

Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita, Ini Trik Jitunya

Ditulis pada 25 Jun 2022 oleh

Kategori :

Siapa saja bisa berjualan online, tetapi belum tentu barang yang dijual cepat laku. Apalagi, kalau Anda menawarkan produk yang punya banyak kompetitor di pasaran. 

Anda boleh kok menyatakan sejumlah keunggulan produk tersebut dibandingkan produk sejenis. Namun, apakah langkah tersebut sudah dibarengi strategi tepat untuk memikat pelanggan membeli produk Anda?

Maka, mempelajari cara menarik pelanggan agar membeli produk kita jadi prioritas para pelaku bisnis online. Dari mengutamakan kualitas produk hingga rajin berpromosi, ini deretan trik jitu bagaimana cara penjual meyakinkan pembeli.

Utamakan Kualitas Produk 

Kualitas produk sudah pasti jadi pertimbangan utama calon pembeli, baik produk hasil produksi sendiri maupun stok dari supplier. Bagaimana mungkin Anda bisa memperoleh keuntungan dari produk yang tidak terjamin kualitasnya? 

Terlebih lagi, jika Anda mengambil barang dari supplier, seberapa bagus dan apa keunggulan produk yang membuatnya memiliki nilai jual. Gunakan juga produk itu supaya bisa meyakinkan calon pembeli dengan testimoni sesuai pengalaman. Jadi, Anda benar-benar tahu dan paham kualitas barang yang dijual. 

Tonjolkan Nilai Unik Produk 

Menjual produk populer berarti Anda harus siap bersaing dengan kompetitor yang menjual produk sejenis. Kadang calon pembeli mencari harga termurah untuk membeli suatu produk, tetapi memasang harga rendah bukan solusi terbaik. 

Lalu, bagaimana cara memengaruhi konsumen untuk membeli produk kita? Anda harus menonjolkan nilai unik produk tersebut yang luput dari para pesaing. Ini membuat calon pembeli melirik dan tertarik membeli pada toko Anda. 

Bidik Pasar yang Tepat

Membidik pasar yang tepat akan mempermudah Anda mempraktikkan cara merayu pelanggan agar membeli. Anda dapat menentukan segmen pasar bisnis sesuai tingkat ekonomi, usia, jenis kelamin, lokasi, hingga minat atau hobi. Dengan mengerucutkan siapa konsumen potensial produk, Anda bisa fokus berpromosi kepada mereka dan meningkatkan konversi penjualan. 

Tampilkan Informasi Sejelas Mungkin 

Bagi pembeli, foto dan deskripsi menjadi kesempatan utama mengenali produk yang diminati. Tugas Anda adalah menampilkan informasi sejelas dan sedetail mungkin. Mulai dari kualitas foto yang tajam, deskripsi lengkap dengan bahasa yang mudah dipahami, dan informasi penting lainnya. 

Pendek kata, Anda sedang membangun pengalaman berbelanja online serasa di toko offline. Trik ini akan membantu calon pembeli memperoleh semua informasi yang dibutuhkan dan memperbesar peluang mereka meminang produk Anda.

Percantik Beranda Toko Online

Sama seperti toko offline, calon pembeli akan betah berlama-lama browsing di toko online jika semua tertata rapi, sedap dipandang, dan mudah dicari. Selain mengandalkan template bawaan platform pasaran atau media sosial, Anda bisa memaksimalkan website toko online untuk kesan profesional. 

Siapkan tampilan web yang rapi, mudah dibaca, dan user friendly sehingga mempermudah pengunjung menjelajahi toko online. Begitu pula di marketplace, tempatkan barang sesuai kategori, buat tampilan beranda semenarik mungkin, dan perbarui secara berkala untuk merayakan momen tertentu. 

Sediakan Beberapa Opsi Jasa Pengiriman 

Trik apa yang harus dilakukan agar produk memiliki banyak pembeli? Selain kualitas produk, jangan lupa menyediakan beberapa opsi jasa pengiriman kepada pelanggan. Durasi pengiriman jadi faktor penting dalam menentukan kepuasan pelanggan pada toko online Anda. 

Keberadaan beberapa ekspedisi akan mempermudah mereka memutuskan mana jasa pengiriman terbaik. Ada sebagian pembeli di pelosok yang mengandalkan pengiriman dengan jasa pos. Sementara, pembeli di kota yang sama lebih suka pengiriman same day atau instant. Plus, pastikan ekspedisi yang Anda sediakan mampu mengirimkan barang dengan cepat dan aman sehingga barang tiba di tujuan dengan selamat.

Tampilkan Testimoni Pembeli 

Berikutnya, cara menarik pelanggan agar membeli produk kita adalah dengan menampilkan testimoni mereka yang pernah membeli produk. Anda bisa mengangkat testimoni pembeli dari influencer atau figur publik untuk meyakinkan calon pembeli lain. 

Pengalaman  pembeli terdahulu terbukti bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap brand bisnis online Anda. Citra positif yang dibangun lewat testimoni tersebut akan menarik calon pembeli lain untuk turut membeli produk tersebut.

Cepat dan Tanggap Saat Melayani Pembeli

Selain kualitas produk, hal yang paling menarik konsumen untuk membeli suatu produk adalah pelayanan yang diberikan. Bagaimana Anda menanggapi pesan atau pertanyaan calon pembeli jadi salah satu poin penilaian mereka terhadap bisnis ini. 

Merespons pembeli online pun harus mengedepankan bahasa yang santun, ramah, dan kemauan mendengarkan. Sapa pelanggan untuk memberi kedekatan personal, serta bersikaplah terbuka pada setiap masukan dan kritikan mereka. 

Buat Panduan Pembelian 

Selalu ada yang pertama dalam segala hal, termasuk berbelanja online. Jika Anda menjumpai calon pembeli demikian, menyiapkan panduan pembelian akan mempermudah mereka berbelanja. 

Anda bisa memandu mereka cara memilih dan membeli produk, menentukan jasa pengiriman maupun metode pembayaran. Boleh juga Anda siapkan informasi Frequently Asked Questions (FAQ) di web dan cantumkan link-nya di bio media sosial.

Rajin Mempromosikan Produk 

Cara menawarkan produk agar konsumen tertarik terakhir adalah iklan dan promosi. Upaya pemasaran produk akan membantu calon pembeli mengenal brand Anda, sekaligus menarik minat mereka untuk membelinya di kemudian hari. 

Secara berkala perbarui strategi pemasaran dengan memberi promo-promo menarik. Misalnya, potongan harga, bundling, cashback, voucher, gratis sampel, give away, dan bentuk promosi lain yang siap menaikkan angka penjualan toko Anda.

Cara memikat pelanggan untuk membeli produk kita bisa jadi sudah Anda praktikkan sehari-hari. Namun, bisa jadi Anda belum fokus mencobanya karena kewalahan mengelola toko. Maka, percayakan saja urusan pengelolaan toko online pada AturToko. Yuk, cari tahu bagaimana AturToko bisa membantu Anda mengelola bisnis online di sini!

Bahasa Melayu