Ditulis pada 18 Mac 2022 oleh AturToko
Pemasaran produk adalah proses penting dalam setiap aktivitas bisnis. Anda pun bisa menerapkan berbagai strategi marketing agar pemasaran produk dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Hal yang tak kalah penting, Anda perlu memahami apa itu penjenamaan produk yang merupakan bagian dari marketing dan kelengkapan strategi bisnis.
Penjenamaan adalah istilah yang bakal sering Anda jumpai ketika menjalankan bisnis. Oleh karena itu, Anda perlu memahaminya secara mendalam. Penjenamaan merupakan upaya pebisnis dalam mencitrakan produk sehingga mempunyai daya tarik di mata konsumen dan melekat di benak mereka.
Dalam proses penjenamaan, perusahaan berupaya untuk menjaga agar citra produk yang dipasarkan tetap positif di mata konsumen. Adanya citra positif memberi kemudahan bagi perusahaan dalam membangun kepercayaan konsumen terhadap sebuah produk.
Penjenamaan berasal dari kata brand. Secara harfiah, brand adalah merek. Apa itu brand, dalam lingkup yang lebih luas merujuk pada karakteristik sebuah produk. Karakteristik itu berasal dari apa saja yang muncul pada pikiran konsumen ketika mendengar atau melihat produk Anda.
Dalam bisnis, ada beberapa fungsi penjenamaan produk yang perlu Anda pahami, yaitu:
Brand menjadi identitas yang membedakan produk Anda dengan barang atau jasa milik kompetitor. Lewat pemahaman apa itu penjenamaan, Anda dapat menonjolkan karakteristik produk di mata konsumen.
Produk yang mempunyai brand kuat bakal memiliki daya tarik tinggi di mata konsumen. Anda pun bisa menjalankan kampanye promosi produk dengan lebih mudah.
Brand yang kuat berkaitan erat dengan citra produk dan perusahaan. Citra yang bagus memberi keuntungan produk yang dikenal secara luas. Konsumen akan lebih percaya dengan produk tersebut dan menilai bahwa kualitasnya tak perlu diragukan.
Brand yang kuat dapat membantu perusahaan dalam mengendalikan pasar. Hal ini bisa Anda lakukan karena konsumen sudah mengenal serta mengingat produk perusahaan dengan baik.
Terakhir, penjenamaan memiliki fungsi membantu perusahaan dalam memenangkan persaingan. Upaya ini bisa dilakukan karena brand kuat mempunyai kemampuan untuk memberi pengaruh psikologi konsumen dalam mengambil sebuah keputusan.
Baca juga: Pengertian dan Pentingnya Testimoni untuk Mendongkrak Omzet Bisnis
Pemahaman arti penjenamaan adalah dapat membantu Anda menjalankan bisnis dengan lebih efektif. Apalagi, tujuan branding adalah membentuk persepsi dan sekaligus membangun kepercayaan konsumen terhadap brand. Selanjutnya, perusahaan pun bisa mendorong konsumen mempunyai kecintaan terhadap brand yang dimiliki.
Berkaitan dengan pemahaman apa yang dimaksud dengan brand, Anda perlu tahu apa saja unsur yang membangun sebuah brand. Unsur-unsur tersebut meliputi:
Keberadaan nama memberi kemudahan bagi konsumen dalam mengenal serta mengingat produk tersebut.
Desain logo harus unik, bukan hasil menjiplak. Selain itu, desainnya harus punya kesesuaian dengan brand.
Brand perlu mempunyai ciri khas pada tampilan visualnya. Anda dapat mengaplikasikannya pada desain kemasan, seragam, produk, dan lain sebagainya.
Jangan melupakan peran brand ambassador. Mereka bertugas sebagai juru bicara dalam upaya meningkatkan pemasaran produk.
Unsur audio jadi pelengkap aspek visual produk.
Terakhir, jangan melupakan unsur kata-kata. Gunakan kata-kata yang singkat, positif, unik, dan mudah diingat.
Terdapat 5 jenis penjenamaan yang bakal Anda temui dalam bisnis, yaitu:
Aktivitas penjenamaan ini berfokus pada upaya menciptakan citra positif pada produk.
Personal branding jadi strategi yang biasa dimanfaatkan oleh public figure serta influencer. Strategi personal branding membantu mereka dalam menciptakan citra tertentu di mata masyarakat umum.
Corporate branding merupakan strategi dalam upaya mengembangkan reputasi perusahaan.
Cultural penjenamaan adalah upaya menyematkan identitas dengan kebiasaan atau budaya tertentu.
Terakhir adalah destination branding yang merupakan strategi mengaitkan produk dengan lokasi tertentu.
Baca juga: Apa Itu Logo: Sejarah, Jenis, Aspek, Tujuan serta Manfaatnya
Penjenamaan yang baik memberi banyak manfaat bisnis dalam meraih kesuksesan. Manfaat tersebut di antaranya adalah:
Setelah mengerti penjenamaan itu apa, Anda jadi tahu kalau pelaksanaannya harus dilakukan secara sistematis. Oleh karenanya, Anda perlu menyusun strategi penjenamaan yang tepat biar bisa memperoleh manfaatnya. Ada 5 strategi penjenamaan jitu yang bisa Anda terapkan, yaitu:
Banyak pemula yang kebingungan dalam memahami apa yang dimaksud penjenamaan. Bahkan, banyak yang menganggapnya sama saja dengan marketing. Padahal, kedua istilah ini memiliki perbedaan yang mencolok.
Ada 2 perbedaan di antara keduanya, yaitu:
Sampai di sini, Anda bisa memahami kalau penjenamaan merupakan aspek yang tak boleh dilewatkan dalam bisnis. Pelaksanaan strategi penjenamaan adalah upaya nyata mengantarkan bisnis Anda dalam meraih kesuksesan besar. Apalagi, penjenamaan dan marketing adalah dua faktor penting yang memiliki kaitan erat dan tak bisa dilepaskan.
Pemahaman terhadap pengertian dari branding adalah sangat penting. Namun, jangan melupakan faktor pengelolaan usaha. Pastikan bisnis yang Anda jalankan mempunyai pengelolaan yang baik. Untuk hal yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan layanan AturToko.
AturToko dapat membantu Anda dalam mempermudah pengelolaan toko dalam talian dari berbagai pasaran di satu tempat. Selain itu, Anda bisa pula menggunakan layanan AturToko ketika ingin membangun website ecommerce.
Dijamin, pakai AturToko pengelolaan bisnis dalam talian jadi praktis.