Ditulis pada 04 Jul 2022 oleh AturToko
Bertambahnya platform penjualan membuat tingkat persaingan bisnis ritel makin meningkat. Inilah mengapa banyak pengusaha yang memanfaatkan setiap platform atau channel penjualan untuk mendapatkan target pembeli. Terlebih lagi, sekitar 73% konsumen diketahui menggunakan beberapa channel sekaligus untuk berbelanja.
Supaya bisa bersaing, pengusaha tentu membutuhkan strategi lain. Sebagai pemilik bisnis, kita harus mampu memberikan pengalaman belanja yang berbeda dan personal sehingga penjualan bisa meningkat. Salah satu pendekatan yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan omnichannel.
Omnichannel merupakan model atau sistem bisnis yang melibatkan beberapa channel penjualan. Tujuan utamanya tentu saja untuk meningkatkan pengalaman belanja konsumen. Dengan menerapkan omnichannel, pelanggan bisa bereksplorasi dari channel manapun secara efisien karena setiap platform saling terintegrasi.
Salah satu contoh omnichannel di Indonesia adalah AturToko.id.
Kemudahan merupakan salah satu manfaat omnichannel yang bisa didapatkan. Selain itu, omnichannel juga memiliki beberapa manfaat lain yang berguna baik bagi pengusaha maupun konsumen. Beberapa di antaranya adalah:
Istilah omnichannel digunakan karena ada beberapa channel yang terlibat sekaligus dalam proses jual beli usaha ritel dalam talian. Lalu, apa saja platform yang biasanya digunakan dalam pendekatan omnichannel?
Peran toko fisik tetap tidak bisa diabaikan ketika usaha kita juga memiliki platform digital. Pebisnis juga bisa mengintegrasikan toko fisik ketika menggunakan strategi omnichannel. Hal ini bukan langkah baru; beberapa pengusaha sudah menerapkannya dan cukup berhasil.
Contoh yang cukup populer adalah Starbucks. Warung kopi asal Amerika Serikat ini menyediakan layanan order dalam talian melalui aplikasi dan pesanan dapat diambil langsung di toko tanpa harus mengantri lagi. Selain itu, Starbucks juga berintegrasi dengan Spotify sehingga konsumen bisa tahu lagu apa yang sedang diputar di toko.
Diakui atau tidak, laman web memiliki peranan penting dalam bisnis ritel. Inilah mengapa Anda harus menggunakan laman web dalam penerapan strategi omnichannel. Salah satu contoh penggunaan laman web untuk memperkaya pengalaman konsumen adalah kampanye Nike By You yang dilakukan oleh perusahaan sepatu Nike.
Melalui laman web resminya, Nike membebaskan konsumen untuk membuat desain produk sesuai keinginan mereka. Selanjutnya, produk tersebut dapat dibeli melalui e-dagang dan konsumen pun bisa mendapatkan produk sepatau Nike custom sesuai keinginan mereka.
Salah satu contoh dari channels yaitu media sosial. Media sosial digunakan untuk menghadirkan pengalaman personal dan membangun interaksi dengan konsumen. Untuk mewujudkan hal ini, pengusaha bisa memanfaatkan fitur Instagram Shopping atau Tiktok Shop.
Tautkan laman web toko dalam talian Anda dan tambahkan beberapa metode pembayaran untuk memudahkan pembeli. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan data media sosial seperti engagement dan interaksi untuk membuat strategi omnichannel lebih efektif.
Untuk menjaga loyalitas pelanggan, email marketing adalah salah satu channel yang efektif. Anda bisa mempertahankan hubungan dengan konsumen melalui email yang berisi penawaran, rekaman pembelian, atau perilaku customer ketika mengunjungi situs toko dalam talian.
Email marketing juga bisa dimanfaatkan untu meminta pendapat konsumen terhadap pengalaman belanja mereka atau mengingatkan agar segera melakukan menyemak.
Contoh lain channel yang bisa diterapkan dalam strategi omnichannel adalah penjualan melalui telepon. Melalui telepon, pebisnis bisa mengetahui preferensi konsumen tentang produk yang sesuai dengan mereka dan menghubungkannya ke toko terdekat, toko dalam talian, atau channel lain.
Hal ini tentu saja memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian dan memberikan pengalaman belanja yang lebih personal. Diakui atau tidak, bisnis yang sudah terpersonalisasi dengan baik akan menimbulkan loyalitas dan potensi pembelian kembali.
Melalui aplikasi, kita bisa bebas menerapkan berbagai strategi yang dapat meningkatkan penjualan sekaligus potensi sistem omnichannel. Sebagai contoh, apa yang telah dilakukan oleh IKEA melalui fitur teknologi AR di aplikasi mereka. Dengan teknologi tersebut, pelanggan bisa memvisualisasikan barang yang ingin dibeli tanpa harus berkunjung ke toko.
Bagaimana, menarik bukan? Nah salah satu platform omnichannel terbaik yang bisa kita gunakan adalah AturToko. AturToko sendiri merupakan platform yang dapat membantu pebisnis memaksimalkan potensi toko mereka baik secara dalam talian maupun offline melalui sistem berteknologi tinggi dan software canggih dengan aneka fitur integratif.
AturToko akan menjadi solusi praktis bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis dalam talian dengan mengoptimalkan layanan di semua channel penjualan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, gunakan layanan dan produk dari AturToko. Semoga bermanfaat.