Ditulis pada 30 Apr 2022 oleh AturToko
TikTok awalnya muncul sebagai video tempat anak-anak remaja menghabiskan waktu luangnya. Seiring berjalannya waktu, media sosial asal Cina ini berkembang sebagai platform bagi orang-orang yang ingin berbagi informasi, kreasi hingga promosi. Tak heran jika belakangan Anda mungkin sering mendengar tentang TikTok marketing atau pemasaran lewat media TikTok.
Ada banyak orang yang secara tidak sengaja meraih kesuksesan penjualan lewat TikTok. Apalagi saat ini sudah ada fitur TikTok shop untuk memudahkan para penjual dan pembeli untuk bertemu. Jika Anda adalah salah satu pengusaha yang tertarik memanfaatkan ketenaran TikTok untuk mendongkrak keuntungan bisnis, maka artikel ini tepat untuk Anda.
TikTok Shop merupakan salah satu fitur milik TikTok yang memungkinkan penggunanya untuk menjual dan membeli barang secara dalam talian lewat aplikasi TikTok. Karena tidak membutuhkan aplikasi tambahan, pembeli bisa dengan mudah scrolling untuk melihat beragam jenis video sambil mencari barang-barang yang mereka butuhkan.
Untuk bisa menjual barang di TikTok, pertama-tama penjual harus mendaftarkan akunnya untuk menjadi seller. Sementara itu, calon pembeli hanya perlu memiliki aplikasi dan akun TikTok yang mereka miliki untuk mencari barang atau produk yang mereka inginkan.
Saat ini, hampir semua media sosial memiliki—atau merencanakan untuk memberikan fitur social commerce. Tujuannya tentu saja untuk membuat pengguna bisa dengan cepat melakukan pembelian sembari membuka akun media sosial mereka.
Facebook menjadi yang pertama masuk ke dunia e-dagang kemudian disusul oleh Pinterest dan Instagram. Setelah eksperimen selama beberapa waktu, TikTok kini juga melangkah ke arah yang sama lewat TikTok Shop. Namun, bagaimana sebenarnya dampak social commerce ini bagi bisnis Anda? Apakah mengikuti tren ini akan mendongkrak keuntungan dan popularitas bisnis Anda? Simak beberapa alasan kenapa Anda Harus menggunakan TikTok Shop for Business berikut ini!
TikTok pada dasarnya adalah media visual dengan fitur in-feed yang terinspirasi dari Youtube dan Instagram. Platform ini sarat dengan fitur visual yang dinamis sehingga akan memudahkan brand untuk menciptakan engagement dan membangun komunitas terkait produk yang mereka jual.
TikTok juga sudah menjadi tempat yang penuh dengan konten terkait produk sebuah merek hingga tutorial. Anda hanya tinggal memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat pelanggan potensial bisa menemukan Anda dengan mudah.
Alasan lain kenapa TikTok Shop adalah tempat yang potensial untuk berjualan adalah karena di dalamnya banyak audiens muda. Sejak awal, TikTok memang menargetkan anak-anak muda. Ini tentu akan sangat menguntungkan bagi produsen yang menyasar pasar generasi muda.
Setiap platform umumnya memiliki target audiens yang berbeda-beda. Jika selama ini Anda hanya fokus di media sosial Facebook atau Instagram, merambah marketing ke TikTok akan memberi Anda peluang memperluas jangkauan bisnis. Ketika jangkauan bisnis makin luas, maka penjualan akan semakin meningkat.
Baca juga: Memahami Strategi Omnichannel Marketing dan Pentingnya Bagi Bisnis
Untuk mulai berjualan di TikTok, Anda bisa melakukannya lewat beberapa langkah mudah berikut ini!
Kalau semua data sudah berhasil dikonfirmasi, maka TikTok Seller Shop Center Anda sudah bisa digunakan untuk berjualan. Selain itu, Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan calon pembeli dengan melakukan streaming. Calon pembeli juga bisa menanyakan langsung detail produk yang Anda jual.
Anda tidak hanya butuh produk yang bagus dan berkualitas untuk bisa meraih penjualan tinggi. Ada berbagai tips dan trik kreatif yang bisa Anda terapkan untuk jualan dalam talian di TikTok. Simak beberapa di antaranya berikut ini!
Baca juga: Cara Jualan Laris di Facebook, Dagangan Cepat Habis dan Dapat Cuan Banyak
Agar jualan di TikTok yang Anda lakukan semakin lancar, ada 2 strategi yang tidak kalah penting untuk diterapkan antara lain:
Selain dengan memanfaatkan TikTok, memperluas penjualan juga bisa Anda lakukan lewat AturToko. Sebagai enabler e-commerce, AturToko siap membantu pemilik bisnis terutama para pelaku UMKM untuk memperluas jangkauan pemasaran. Daftar sekarang juga di sini.