FBPixel
Ilustrasi AturToko +

Sulit Mengelola Toko Online di Beberapa Marketplace? AturToko Solusinya!

Ditulis pada 26 Jan 2022 oleh

Kategori :

Jualan dalam talian masa kini dapat dilakukan di berbagai platform penjualan. Selain website, Anda juga dapat mengandalkan e-commerce, media sosial, dan marketplace. Namun, membuka toko dalam talian di beberapa platform bisa jadi sumber kerepotan Anda jika masih dikelola secara manual, terutama dalam pemesanan dan inventory barang.

Padahal, dalam jualan dalam talian mengelola stok barang menjadi titik krusial untuk memastikan pesanan terus datang ke toko Anda. Kelola stok barang harus semakin cermat supaya tidak ada perbedaan stok produk antar marketplace.

Kendala Mengelola Stok Barang Secara Manual

Sistem jual beli tidak sesederhana produksi barang dan barang terjual. Anda perlu mempelajari pentingnya stok barang, yaitu barang yang disimpan dan akan dijual pada waktu mendatang. Pengelolaan dan pencatatan stok dengan cara konvensional masih lazim dilakukan, terutama oleh para pemilik bisnis dalam talian skala kecil.

Seiring semakin besarnya bisnis Anda, cara lama yang mencatat manual satu per satu stok barang harus ditinggalkan. Cara demikian berisiko karena bisa terjadi salah hitung yang berujung pada salah pencatatan dan salah data.

Pasalnya, mencatat stok bukan semata menuliskan nama barang dan jumlah, tetapi juga mencatatkan tanggal masuk barang, tanggal kedaluwarsa, warna, ukuran, hingga SKU. Itu baru dari satu marketplace, bagaimana jika Anda membuka toko di beberapa pasaran?

Setelah menghitung manual, Anda masih perlu melakukan rekapitulasi ke tiap channel penjualan. Masukkan data satu per satu jelas butuh waktu lama. Padahal, besar kecilnya bisnis Anda tidak berpengaruh pada kecermatan mengelola barang. Untuk bisnis skala kecil sekalipun, mengelola barang harus dilakukan secara teliti demi efisiensi dan efektivitas operasional toko Anda.

Solusi Terbaik: Pakai Software Order dan Inventory Management System

Menyiasati masalah tersebut, Anda dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi melalui software order dan inventory management system seperti AturToko. Perangkat lunak demikian dapat mengintegrasikan beberapa pasaran sekaligus, seperti Tokopedia dan Shopee, serta melakukan sinkronisasi stok pada beberapa channel penjualan secara otomatis.

Cukup memperbarui stok satu kali saja dan otomatis sistem akan update stok di semua toko dalam talian sesuai pengaturan yang ditetapkan. Dengan begitu, Anda pun dapat menerima order dan memprosesnya lebih cepat tanpa khawatir salah mencatat stok barang.

Selain update stok, software seperti ini juga menyediakan fitur lain yang membantu Anda mengelola toko dalam talian di beberapa marketplace. Sebut saja, listing barang, proses pesanan, pengiriman, chat, produk terlaris, hingga laporan penjualan.

Dengan memakai AturTokoatur toko dalam talian jadi lebih gampang. Anda pun dapat fokus mengembangkan produk maupun penjenamaan bisnis untuk menggaet lebih banyak pelanggan. Siap mencoba AturToko sekarang?

Bahasa Melayu