Ditulis pada 08 Apr 2022 oleh AturToko
Bisnis dalam talian saat ini menjadi strategi wajib bagi setiap pelaku usaha. Dalam penerapannya, Anda pun bisa mempraktikkan berbagai strategi pemasaran digital. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan jasa marketing seorang influencer.
Namun, apakah Anda benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan influencer? Hal yang perlu Anda ketahui, tidak semua influencer bisa memberikan manfaat yang positif bagi bisnis. Oleh karena itu, Anda perlu memilah dan memilihnya dengan tepat.
Secara bahasa, influencer adalah sosok yang mempunyai pengaruh terhadap banyak orang. Pandangan mereka terhadap sesuatu akan menjadi faktor penting dalam proses pengambilan keputusan oleh komunitas tertentu. Oleh karena itu, mereka mempunyai kemampuan sebagai trend setter, dalam skala kecil ataupun besar.
Berkaitan dengan kemampuan influencer dalam menjadi trend setter, Anda bisa memanfaatkannya sebagai sarana pemasaran. Teknik seperti ini dikenal dengan istilah influencer marketing.
Influencer marketing dapat membantu bisnis dengan meningkatkan brand awareness sekaligus tingkat penjualan. Manfaat influencer tersebut bisa optimal ketika target pemasarannya sesuai dengan segmen konsumen yang diincar.
Seiring dengan meningkatnya aktivitas bisnis dalam talian di Indonesia, masyarakat mulai mengenal apa itu influencer. Bahkan, beberapa influencer berhasil memperoleh pengaruh sangat masif di kalangan masyarakat Indonesia, di antaranya:
Baca juga: Copywriting: Pengertian, Jenis, dan Contoh Cara Membuatnya
Berkaitan dengan pemanfaatan influencer untuk bisnis, Anda perlu memahami ada beberapa jenis kategori influencer, yaitu:
Kategori yang pertama adalah influencer dengan berdasarkan jumlah follower atau pengikutnya. Berdasarkan parameter ini, ada empat jenis influencer yang perlu Anda ketahui, yaitu:
Ada pula klasifikasi influencer dengan memperhatikan platform media sosial, seperti:
Selanjutnya, Anda juga bisa mengetahui jenis influencer berdasarkan tingkat pengaruhnya. Ada dua kategori influencer, yaitu:
Setelah memahami arti dari influencer, Anda perlu tahu kalau tidak semua influencer bisa memberi manfaat yang positif bagi bisnis. Oleh karena itu, ada beberapa tips dalam memilih influencer, yaitu:
Hal yang perlu Anda cermati, ada sisi negatif pemanfaatan influencer yang perlu diketahui. Seperti diketahui, influencer adalah salah satu pekerjaan impian mayoritas anak muda saat ini. Dengan menjadi seorang influencer, mereka bisa memperoleh penghasilan dengan cara yang relatif mudah. Cukup dengan cara eksis di media sosial.
Karena latar belakang seperti itu, muncul sisi negatif beberapa sosok influencer yang menganggap dirinya sebagai sosok penting. Terlebih lagi, mereka mempunyai follower dengan jumlah yang sangat banyak. Dengan modal tersebut, tak sedikit oknum influencer yang berusaha ‘mengemis’ jasa endorse kepada para pelaku usaha.
Jadi, jasa endorse yang ditawarkan adalah upaya yang mereka lakukan untuk memperoleh produk tertentu secara gratis. Misalnya, mereka minta sebuah hotel untuk memberi layanan menginap gratis selama 1 minggu. Sebagai balasannya, influencer tersebut akan memberikan review positif.
Baca juga: Giveaway: Strategi Marketing yang Tingkatkan Peluang Penjualan
Kalau berhasil memilih influencer secara tepat, Anda bisa memperoleh manfaat yang besar, di antaranya:
Seiring dengan meningkatnya angka penggunaan internet, influencer marketing saat ini menjadi salah satu kunci meraih kesuksesan bisnis. Terlebih lagi, jasa influencer bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, bukan hanya perusahaan besar tetapi juga oleh pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).
Dengan pemanfaatan yang tepat, Anda bisa memperoleh hasil yang lebih optimal dengan influencer marketing. Di waktu yang sama, pastikan pula pengelolaan bisnis dalam talian Anda lakukan dengan baik.
AturToko dapat membantu Anda dalam melakukan manajemen bisnis dalam talian yang efektif dan efisien. Dengan AturToko, pengelolaan beberapa toko dalam talian di berbagai marketplace bisa dilakukan di satu tempat. Praktis dan tidak akan membuat Anda pusing.