Ditulis pada 21 Mac 2022 oleh AturToko
Saat menjalankan bisnis, Anda akan berhadapan dengan berbagai jenis transaksi jual beli, baik dengan konsumen, supplier, klien, ataupun distributor. Setiap transaksi pembayaran akan dibarengi dengan adanya kwitansi pembayaran. Keberadaannya berfungsi sebagai dokumen bukti transaksi yang sah.
Mengingat pentingnya peran kwitansi, tidak ada salahnya kalau Anda perlu mengetahui cara buat kwitansi pembayaran dengan berbagai metode. Anda tidak hanya bisa menggunakan tool seperti Microsoft Excel. Namun, banyak pula alternatif lain menggunakan aplikasi smartphone ataupun layanan dalam talian.
Sebelum membahas tentang cara membuat kwitansi dalam talian ataupun menggunakan aplikasi smartphone, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui fungsi dokumen ini. Dalam aktivitas bisnis, ada 3 fungsi yang bisa Anda dapatkan dari sebuah kwitansi, yaitu:
Pertama, kwitansi mempunyai fungsi sebagai bukti pembayaran yang diterima konsumen dari pihak pembeli. Di dalamnya tercantum tanggal transaksi, nomor transaksi, serta nominal pembayaran.
Kwitansi merupakan dokumen yang sah di mata hukum. Oleh karena itu, Anda bisa pula menggunakannya sebagai salah satu bukti transaksi pembayaran di persidangan ketika berhadapan dengan gugatan hukum.
Fungsi yang terakhir, kwitansi adalah alat penerimaan pembayaran. Adanya kwitansi membuktikan kalau pihak pembeli telah melakukan transaksi dan menerima pembayaran dari pembeli.
Saat ingin mengetahui cara membuat kwitansi, Anda perlu pula memahami jenis-jenisnya, meliputi:
Jenis kwitansi ini digunakan sebagai bukti seseorang telah melakukan pembayaran. Contoh, Anda akan memperoleh bukti kwitansi pembayaran saat membayar angsuran atau mengembalikan uang.
Ada pula jenis kwitansi transfer yang biasa digunakan oleh lembaga perbankan. Dokumen ini memuat secara lengkap informasi terkait aktivitas transfer yang telah Anda lakukan.
Pemakaian kwitansi ini kerap dilakukan dalam transaksi jual beli. Di dalamnya termuat data terkait jenis barang yang dibeli, harga, nomor seri, serta alamat pelanggan.
Penggunaan kwitansi cash receipt umumnya berlaku di tempat kerja. Kegunaannya adalah untuk menjelaskan uang masuk dan uang keluar.
Terakhir, ada jenis kwitansi serah terima. Pemakaiannya berguna sebagai pernyataan bahwa Anda telah mengirimkan uang dengan nominal tertentu kepada seseorang.
Kwitansi merupakan salah satu dokumen penting. Oleh karena itu, cara bikin kwitansi harus Anda lakukan dengan cermat. Jangan sampai ada kekeliruan. Beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan saat membuatnya antara lain adalah:
Kwitansi merupakan jenis dokumen yang berbeda dibandingkan dengan nota. Beberapa ciri penting yang harus ada dalam sebuah kwitansi antara lain adalah:
Keberadaan kwitansi memberi manfaat dalam memudahkan pencatatan setiap transaksi yang Anda lakukan. Anda pun bisa menggunakan dokumen sebagai bukti ini ketika menyusun laporan keuangan.
Kalau Anda ingin bikin kwitansi dalam talian, perhatikan pula kelengkapan komponen di dalamnya. Kwitansi biasanya mempunyai susunan komponen sebagai berikut:
Cara pembuatan kwitansi sebenarnya cukup praktis, Anda bisa melakukannya secara manual. Namun, situasinya bakal berbeda ketika Anda perlu membuat banyak kwitansi dalam waktu yang bersamaan. Kabar baiknya, Anda bisa mempraktikkan cara membuat kwitansi dengan Excel secara otomatis dan mudah.
Anda dapat menjumpai template Excel yang memungkinkan proses pembuatan kwitansi digital dan otomatis di internet. Contoh format template tersebut bisa Anda dapatkan melalui tautan berikut:
Selain cara membuat kwitansi Excel, ada pula aplikasi smartphone yang bisa Anda gunakan untuk memperoleh desain kwitansi dalam talian. Aplikasi-aplikasi pembuat kwitansi dalam talian tersebut di antaranya adalah:
Nah, itulah pembahasan menyeluruh berkaitan dengan tips buat kwitansi dalam talian yang bisa Anda coba. Sampai di sini, Anda pun tidak akan mengalami kesulitan yang berkaitan dengan pembuatan kwitansi, baik secara fisik ataupun digital.
Kalau permasalahan terkait upaya membuat kwitansi dalam talian sudah selesai, pastikan pula pengelolaan usaha Anda lakukan dengan baik. Kabar baiknya, ada tool keren dari AturToko yang bisa membantu Anda dalam mengelola toko dalam talian secara praktis dan efisien.
AturToko bisa Anda gunakan untuk me-manage banyak toko dalam talian dari berbagai marketplace cukup dalam satu tempat. Dengan AturToko, Anda bisa melayani setiap permintaan pembelian dari para pelanggan. Alhasil, Anda bisa memberi pelayanan terbaik kepada mereka.