FBPixel
5 Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis

5 Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis

Ditulis pada 26 Ogo 2022 oleh

5 Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis

5 Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis-Tidak ada pengusaha yang menginginkan sebuah kegagalan dalam menjalankan sebuah bisnis. Tapi tahukah Anda, tanpa disadari kegagalan dapat terjadi karena beberapa penyebab. Apa saja yang dapat menjadi penyebab kegagalan bisnis? Temukan 5 penyebab kegagalan dalam bisnis di bawah ini.

Penyebab Kegagalan Usaha yang Paling Umum

Penyebab kegagalan bisnis itu bisa bermacam-macam, baik dari faktor internal maupun dari faktor eksternal. Secara umum, berikut ini adalah 5 penyebab kegagalan dalam bisnis yang harus diantisipasi.

  1. Tidak Memahami Usaha yang Dijalankan

Sebelum memulai sebuah usaha, ada baiknya kita mengetahui beberapa hal tentang usaha yang akan dijalankan. Dan tentu saja akan lebih baik lagi bila usaha tersebut sesuai dengan bidang ilmu dan minat kita.

Membangun usaha tidak sekedar memproduksi barang/ jasa, tapi kita juga harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, berapa banyak frekuensi permintaan, dan lain-lain.

Sebenarnya kita tidak harus ahli di bidang bisnis yang akan dikerjakan, namun setidaknya kita pernah bekerjasama dengan orang lain dan punya pengalaman di bidang tersebut.

Sebagai contoh, seorang yang punya minat dalam dunia kuliner dan pernah bekerja di restoran tentunya akan lebih mudah membangun usaha kuliner ketimbang seseorang yang punya minat dan pengalaman di dunia otomotif.

  1. Menjalankan Usaha Hanya Sekedar Iseng atau Coba-Coba

Menjalankan usaha bukanlah seperti bermain judi yang biasanya dilakukan atas dasar coba-coba dan mencari peruntungan. Walaupun memang ada sebagian orang yang menganggapnya seperti itu.

Ketika membangun sebuah bisnis, kita harus siap dengan tugas berat yang menguras tenaga dan pikiran. Pada perjalanan bisnis, kemungkinan besar kita akan berhadapan dengan tantangan berat yang harus dilalui.

Semua tantangan itu tidak mungkin bisa dilalui bila kita hanya ingin coba-coba atau iseng saja dalam memulai usaha. Sejak awal, sebaiknya kita harus punya niat untuk menjalankan usaha tersebut dengan serius karena bisnis yang sekedar iseng dan coba-coba biasanya akan cepat ‘gulung tikar’.

  1. Tidak Berpengalaman dalam Pemasaran

Pemasaran yang baik adalah salah satu kunci keberhasilan semua jenis bisnis. Tidak berpengalaman dalam hal pemasaran, bisa menjadi penyebab kegagalan usaha.

Di jaman digital seperti sekarang ini masih ada bisnis yang ‘terjebak’ dalam pemasaran secara trasional. Memang, pemasaran dengan cara tradisional masih efektif digunakan untuk bisnis tertentu. Namun, dengan tidak memanfaatkan teknologi sebagai media Meningkatkan Penjualan Dengan Memperluas Pasar Digital maka sebuah bisnis akan kehilangan banyak konsumen. 

Merekrut tenaga profesional dalam hal pemasaran merupakan langkah yang sangat tepat, tidak hanya untuk bertahan tapi untuk maju dan berkembang menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

  1. Tidak Bisa Mengelola Administrasi dan Keuangan

Dalam menjalankan usaha, membuat sebuah kebijakan dalam menentukan keputusan strategis harus berlandaskan catatan administrasi dan berbasis data. Kita tidak bisa mengandalkan insting dan naluri saja.

Hal yang sama juga berlaku dalam hal keuangan. Ada banyak sekali kasus dimana para pengusaha menjalankan bisnis mereka tanpa punya data keuangan yang baik. Hal tersebut membuat si pengusaha tidak bisa mengetahui mengkorelasi antara profit, penjualan, dan pengeluaran.

Tidak memiliki data akurat dalam hal administrasi dan keuangan akan membuat potensi penyalahgunaan di tingkat bawah bisa terjadi tanpa diketahui oleh si pengusaha.

  1. Tidak Fokus Pada Bisnis yang Dijalankan

Konsistensi dan ketekunan merupakan faktor penting dalam menjalankan sebuah usaha yang sukses. Hanya pebisnis yang fokus lah yang bisa berhasil menjalani bisnis mereka.

Dengan fokus pada bisnis yang dikerjakan, maka kita akan bisa mengetahui apa saja potensi dan kekurangan pada usaha yang dijalankan. Selanjutnya, tentunya kita bisa lebih mengerti apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan potensi usaha dan memperbaiki kekurangan yang ada pada usaha tersebut.

Setelah mengetahui 5 penyebab kegagalan dalam bisnis, kamu bisa mempelajarinya agar usahamu tidak gagal. Memulai usaha baru memiliki tantangan, tetapi dengan mengetahui alasan utama kegagalan saat menjalankan usaha baru di atas paling tidak kamu bisa menghindarinya. 

Bahasa Melayu