FBPixel
Strategi Jualan Sukses Dengan Iklan Di Marketplace

Strategi Jualan Sukses Dengan Iklan Di Marketplace

Ditulis pada 24 Ogo 2022 oleh

Strategi Jualan Sukses Dengan Iklan Di Marketplace

Strategi Jualan Sukses Dengan Iklan Di Marketplace-Fungsi utama iklan adalah mempromosikan produk yang dijual dengan cara yang kreatif. Tidak ada bisnis yang tidak membutuhkan iklan. Para pengusaha sadar bahwa untuk bisa menarik perhatian orang lebih banyak untuk membeli produk, maka diperlukan iklan. Dengan kondisi ini, maka permintaan untuk membuat iklan selalu besar tiap waktu.

Disini kita akan membahas iklan di aplikasi shopee, kenapa shopee? karena ada banyak fitur shopee yang bisa membantu menaikkan trafik dan konversi toko anda.

Pertama-tama sebelum kita mempelajari strategi jualan sukses dengan iklan di marketplace, ada tiga faktor yang mempengaruhi omset penjualan, diantaranya yaitu :

TRAFIK ( KLIK )

Trafik adalah jumlah pengunjung yang masuk kedalam toko. Jadi Saat kita berjualan kita harus mengundang pengunjung sebanyak banyaknya. 

KONVERSI

Perbandingan antara jumlah pengunjung yang masuk ke toko dibagi dengan jumlah pengunjung yang berbelanja di toko. (dalam %). tentunya semakin besar semakin bagus, karena itu tandanya pengunjung tidak hanya menghabiskan waktu dengan melihat-lihat produk yang dipajang di etalase toko tanpa ada niatan untuk membelinya (Window shopping), tapi mereka masuk ke toko kemudian membeli. 

PENJUALAN PER PESANAN

Jumlah penjualan di bagi dengan total pesanan. Rata-rata total produk yang terjual dalam 1x transaksi pembelian. Penjualan per pesanan adalah rata-rata nominal yang dihabiskan oleh konsumen anda, semakin besar semakin bagus. 

Jika omset anda turun itu artinya anda harus memperbaiki Trafik, konversi dan penjualan per pesanan. Karena tiga hal ini merupakan salah satu fondasi penting yang mempengaruhi omset.

Seperti yang telah kita bahas diatas, trafik adalah jumlah pengunjung toko. Trafik dibagi menjadi dua bagian, yaitu internal dan eksternal. Trafik internal berarti pengunjung dari dalam shopee, sedangkan trafik eksternal berasal dari luar aplikasi shopee, biasanya pengunjung akan melihat iklan produk di sosial media kemudian diarahkan ke shopee. 

Dari shopee pun trafik internal dibagi menjadi dua, Organik (gratis) dan berbayar (iklan). Trafik adalah kunci dasar, karena :

  1. Tidak ada trafik tidak ada konversi / penjualan. (Trafik adalah mata uang bisnis online)
  2. Semakin tinggi trafik semakin besar kemungkinan untuk mendapat order.
  3. Trafik dapat digunakan untuk “mengukur” tingkat respon pasar pada produk.
  4. Trafik dapat digunakan untuk “mengukur” seberapa efektif dan efisien promosi yang kita buat.
  5. Trafik dapat kita gunakan untuk “parameter awal” untuk mengetahui posisi produk / toko kita.

Setelah mengetahui 3 pondasi penting dalam menaikan omset kita bisa lanjut ke step selanjutnya, iklan.

Baca Juga : Bagaimana E-Commerce Enabler Membantu Bisnis Anda? Simak Penjelasannya! 

TUJUAN BER-IKLAN

Sebelum mempelajari Strategi Jualan Sukses Dengan Iklan Di Marketplace, kita harus mengetahui tujuan ber-iklan hanyalah menaikkan trafik / pengunjung ke dalam produk dan toko. Point pentingnya adalah iklan tidak menjamin order, tetapi memperbesar kemungkinan mendapatkan order. Karena order itu masalah konsumen mengeluarkan uang dan kita tidak bisa memaksa konsumen membeli produk hanya dengan mengeluarkan iklan. Setidaknya dengan memakai iklan konsumen dapat melihat produk yang kita jual, membeli atau tidak adalah faktor lain. 

Semua kembali lagi ke kualitas produk, performa produk maksimal akan membuat produk lebih mudah terjual. Iklan bukan hal utama, produk jauh lebih penting.

Hal yang bisa kita lakukan untuk membuat performa produk menjadi maksimal adalah dengan memberi detail foto prodak yang bagus, detail deskripsi produk, harga yang jelas, maupun promosi. Hal ini bisa membuat kepercayaan konsumen meningkat, ditambah dengan iklan yang menjanjikan tidak menutup kemungkinan untuk memperbesar kemungkinan mendapatkan order.

KEUNGGULAN IKLAN DI SHOPEE

Kita membayar iklan di shopee dengan cara pay per klik, jika ada yang sekali meng klik produk kita maka produk itu akan terus mengikuti. 

JENIS-JENIS IKLAN DI SHOPEE

Shopee memiliki 3 jenis iklan, yaitu : 

  1. Iklan kata kunci

Yang pertama adalah iklan kata kunci, iklan kata kunci adalah iklan yang menempati 5 produk teratas halaman pencarian di semua tab (terkait, terbaru, terlaris, dan dropdown harga). Iklan kata kunci meningkatkan posisi toko ketika di cari.

  1. Iklan Produk Serupa

Iklan tampil di “Kamu Mungkin Juga Suka” pada halaman rincian produk untuk menjangkau pembeli yang relevan dengan iklanmu.

  1. Iklan Toko

Iklan toko ditampilkan di posisi teratas halaman hasil pencarian saat kata pencarian yang dicari dan yang penjual iklankan sama.

Dalam ber-iklan produk adalah kunci, dan iklan adalah “Alat Bantu”.

CARA MEMILIH PRODUK UNTUK DI IKLANKAN

Anda harus bisa memilah produk di toko anda menjadi empat kategori, yaitu.

  1. Produk unggulan

-Trafik Tinggi

-Konversi Tinggi

  1. Produk perbaikan

-Trafik Tinggi

-Konversi Rendah

  1. Produk Potensial

-Trafik Rendah

-Konvesi Tinggi

  1. Produk “Gagal”

– Trafik Rendah

-Konversi Rendah

Cara memilih produk untuk di iklankan :

  1. Pilih produk dengan trafik yang belum terlalu tinggi (karena fungsi utama iklan adalah untuk mendatangkan trafik), tetapi memiliki tingkat konversi yang baik / tinggi. (Produk Potensial)
  2. Pilih produk yang telah terjual dengan minimal rating bintang 4 dan review positif.
  3. Produk unggulan bisa diiklankan jika orientasinya adalah untuk menjaga performa dan posisi produk.
  4. Pilih produk yang memiliki margin keuntungan yang cukup baik (supaya tidak boncos)
  5. Produk baru boleh jika mau diiklankan, tetapi sifatnya adalah untuk “tes” pasar dan mendapatkan klik , penjualan, serta rating & review.

HAL YANG SEBAIKNYA DI HINDARI :

  1. Memilih produk yang memiliki rating dibawah 4 dan review negative.
  2. Produk yang memiliki tingkat konversi yang rendah (sekalipun produk best seller) (konversi < 1%).
  3. Produk yang sudah memiliki trafik organik yang tinggi.
  4. Produk baru yang belum terjual dan belum memiliki review.

CARA MEMILIH KATA KUNCI UNTUK IKLAN

  1. Pilih kata kunci (KK) yang spesifik dengan produk yang di iklankan

contoh :

Kemeja = Luas

Kemeja batik pria lengan panjang = Spesifik

  1. Pilih KK yang kualitas pencarian min ½ bar
  2. Pilih KK yang volume pencarian diatas 500 (lebih tinggi lebih bagus)
  3. Gunakan sinonim / persamaan, contoh Perempuan = cewek
  4. Kata kunci yang sedang “Trend” / “IN”

Untuk awal anda bisa menggunakan 10-15 kata kunci untuk kemudian dievaluasi. 

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Bahasa Melayu