FBPixel
Ilustrasi AturToko +

7 Brand Lokal Ini Berhasil Go International, Sudah Tahu?

Ditulis pada 25 Jan 2022 oleh

Kategori :

Kualitas brand lokal makin menjanjikan sampai menembus pasar negara lain. Mana saja 7 brand lokal yang berhasil go international?

Kualitas brand lokal makin menjanjikan. Bahkan, mereka berhasil menembus pasar negara lain. Ini membuktikan kualitas karya dan kreativitas anak negeri mampu bersaing dengan produk luar negeri. Ironisnya, masih ada orang Indonesia yang enggan memakai produk buatan lokal.

Padahal, orang asing saja mau membeli produk tersebut jauh-jauh ke negara kita. Plus, mendapatkan produk lokal juga makin mudah berkat kehadiran marketplace seperti Tokopedia dan Shopee yang membuat pengalaman berbelanja lebih menyenangkan. Tentu sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak bangga memakai produk buatan dalam negeri.

Lantas, apa saja brand lokal yang patut Anda jadikan inspirasi untuk melakukan ekspansi bisnis hingga ke luar negeri? Berikut daftarnya.

1. Erigo

Belum lama ini Erigo menghebohkan jagat fashion tanah air ketika kampanye mereka muncul di videotron Times Square New York. Kemudian selama dua minggu, Muhammad Sadad dan sederet selebriti Indonesia terbang langsung ke sana untuk meluncurkan koleksi teranyar pada New York Fashion Week. Berawal dari brand kecil yang dikelola dalam sebuah  apartemen di Depok, kini Erigo telah dikenal dunia sebagai salah satu clothing brand yang sukses mengawinkan fashion meets function.

2. Cotton Ink

Perempuan muda jadi target produk Cotton Ink. Semula clothing brand ini identik dengan kaos, syal, legging, dan aneka aksesori. Belakangan mereka merilis pakaian ready-to-wear yang nyaman dipakai dan tetap chic. Peraih Most Innovative Brand dalam Jakarta Fashion Week ini mampu menembus pasar beberapa negara Eropa, Australia, Malaysia, dan Singapura melalui sistem penjualan langsung di platform Cotton Ink.

3. Terry Palmer

Siapa sangka produk handuk dan keperluan mandi Terry Palmer merupakan brand lokal Indonesia? Diproduksi PT Indah Jaya di Tangerang, Terry Palmer berhasil mengekspor berbagai produknya ke Singapura, Cina, Malaysia, Jepang, Australia, Amerika, dan Eropa. Bahkan, Anda dapat menjumpai beberapa butik Terry Palmer di Beijing, Sydney, dan Shanghai.

4. Buttonscarves

Label busana muslim yang didirikan Linda Anggrea ini mengawali bisnisnya dengan membuka toko online kerudung pada 2016. Buttonscarves sukses mencuri perhatian pecinta busana muslim dan berlanjut ke pendirian gerai-gerai di beberapa daerah di Indonesia. Setelah berhasil di pasar domestik, Buttonscarves berekspansi ke negeri jiran, antara lain Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia.

5. NAH Project

Penggemar sneakerswajib tahu NAH Project. Presiden Joko Widodo pun pernah mengenakan brand lokal yang berdiri 2017 ini. Memakai material berkualitas tinggi, sepatu NAH Project dikenal lentur, nyaman dikenakan, dan tetap adem sekalipun dipakai saat cuaca panas. Selain sneakers, NAH Project juga merilis hoodie, T-shirt, dan aksesori lain yang punya tempat sendiri di hati pelanggannya.

6. Eiger

Hobi mendaki gunung dan berpetualang? Hampir pasti Eiger mendominasi peralatan Anda. Berdiri di bawah payung PT Eiger Multi Produk Industri, meski sudah diproduksi tahun 1989, Eiger baru punya outlet pertama tahun 1994 di Cihampelas, Bandung. Seiring waktu, nama Eiger mulai dikenal dunia internasional. Selain memiliki distributor resmi di Jepang, Libanon, Malaysia, Filipina, dan Singapura, Eiger membangun outlet resmi di Dortmund, Jerman pada 2010.

7. Major Minor

Suka produk fashion ramah lingkungan dan berkelanjutan? Major Minor wajib masuk daftar pendek Anda. Dirintis oleh pasangan suamk istri Ari dan Sari Saputra tahun 2011, desain dengan cutting asimetris dan detail color block menjadi ciri khas Major Minor. Karakter desain yang menonjol tersebut berhasil membawa Major Minor ke panggung Tokyo Fashion Week tahun 2014 dan menembus pasar Inggris.

Itulah 7 brand lokal yang berhasil menembus pasar dunia. Mereka adalah contoh toko online yang mampu memaksimalkan keberadaan marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Sekarang Anda bisa mengikuti jejak mereka dengan melakukan beberapa langkah cerdas, seperti memakai AturTokoplatform digital untuk solusi terpadu e-commerce.

Yuk, kembangkan usaha Anda lewat pengelolaan toko online yang baik bersama AturToko!

English