Ditulis pada 23 Apr 2022 oleh AturToko
Aktivitas ekonomi yang makin berkembang berdampak pada hadirnya beragam produk, baik berupa barang maupun jasa. Tak hanya itu, kemajuan teknologi juga memegang peran penting dengan munculnya banyak produk berbasis digital. Adanya produk serupa di pasaran tentu membuat pelaku usaha sebaiknya mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk menarik minat pelanggan sehingga mau membelinya.
Inilah peran utama dari iklan, yaitu menjadi sarana bagi pemilik usaha untuk dapat bersaing dalam merebut minat dan perhatian pelanggan. Tak hanya iklan, ada banyak media lain yang dapat dimanfaatkan, seperti personal selling, pemasaran langsung, promosi penjualan, dan hubungan publik. Akan tetapi, iklan menjadi sarana promosi yang dinilai efektif dalam menyampaikan maksud kepada pelanggan meskipun tidak memberikan dampak signifikan pada pembelian produk. Lalu, apa itu iklan dan apa fungsi dari iklan?
Iklan merupakan sarana pemasaran produk yang memiliki tujuan menyampaikan informasi produk sekaligus menarik minat pelanggan sehingga mau membeli produk tersebut. Media promosi ini paling banyak dimanfaatkan oleh pebisnis karena memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan alat promosi lainnya.
Umumnya, iklan dipasang pada tempat yang mampu dilihat oleh banyak orang. Misalnya pada brosur, website, sosial media, billboard atau media massa seperti koran, majalah, radio, dan televisi.
Pengertian iklan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan para ahli adalah sebagai berikut.
Iklan adalah pesan atau berita yang membujuk dan mengajak khalayak ramai agar berminat pada produk yang ditawarkan; pemberitahuan kepada banyak orang tentang produk yang dijual dan dipasang pada media massa atau tempat umum.
Iklan merupakan wujud promosi dan penyajian tentang ide, barang maupun jasa secara non-personal oleh sponsor khusus yang membutuhkan pembayaran.
Iklan merupakan suatu bentuk komunikasi secara komersial dan non-personal mengenai suatu organisasi dan produknya yang disalurkan kepada masyarakat sebagai target melalui media yang sifatnya massal, seperti koran, radio, majalah, televisi, kendaraan umum, reklame, dan pesan langsung.
Iklan merupakan suatu teknik komunikasi massa dengan membayar waktu atau ruang guna menyiarkan informasi mengenai produk yang ditawarkan pemasang iklan.
Iklan adalah suatu bentuk komunikasi non-personal yang menjual pesan yang bersifat mengajak dari suatu sponsor untuk memengaruhi masyarakat supaya membeli produk dengan membayar biaya untuk media yang dipakai.
Secara garis besar, ada dua bentuk iklan, yaitu iklan secara umum dan secara khusus.
Secara umum, iklan terbagi lagi menjadi beberapa bentuk, di antaranya:
Senentara itu, iklan secara khusus terbagi menjadi beberapa bentuk, yaitu:
Iklan menjadi aspek penting untuk memaksimalkan penjualan bisnis. Ada beberapa tujuan iklan, di antaranya:
Baca juga: Segmenting, Targeting, Positioning atau STP Adalah: Apa Itu dan Cara Penerapannya
Setelah mengetahui apa tujuan sebuah iklan, tahukah Anda apa fungsi iklan? Secara umum, fungsi dari pembuatan sebuah iklan adalah sebagai berikut:
Lalu, bagaimana mengetahui sesuatu yang Anda lihat sebagai iklan? Tentunya, iklan memiliki karakteristik dan ciri-ciri tertentu yang bisa dikenali, seperti:
Baca juga: Target Pasar: Definisi, Manfaat dan Cara Menentukannya untuk Kemajuan Bisnis Anda
Supaya dapat menciptakan sebuah iklan yang layak ditayangkan baik di media cetak maupun elektronik, pastinya Anda tak hanya perlu memahami apa manfaat iklan, apa fungsi pembuatan iklan, dan apa tujuan dari iklan. Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara membuat iklan yang tepat. Berikut tipsnya:
Cari tempat yang sering dilewati banyak orang untuk memasang iklan secara konvensional. Sementara itu, untuk iklan digital, Anda bisa memanfaatkan Google Ads, Facebook Ads, atau Instagram Ads.
Gunakan kata-kata unik dan lugas. Pasalnya, judul pada iklan memiliki peran yang sangat penting. Makin menarik judul, makin banyak orang yang membaca iklan Anda.
Selain judul, perhatikan pula aspek visual iklan yang Anda buat, seperti pemilihan font, ukuran huruf, gambar, hingga pilihan warna. Sertakan pula logo sehingga masyarakat lebih mudah mengenal produk Anda.
Pelanggan akan lebih tertarik melihat iklan yang memiliki penawaran tertentu. Misalnya berupa diskon, gratis ongkos kirim, paket bundling dengan produk komplementer, beli satu gratis satu, dan lainnya.
Tujuan sebuah iklan adalah membuat pembaca mengetahui dan membeli produk Anda. Namun, bagaimana cara membuat suatu iklan yang baik? Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi, yaitu:
Ingin memaksimalkan iklan dalam bentuk promosi bisnis? Anda bisa memanfaatkan layanan AturToko. Melalui fitur yang ditawarkan, Anda dapat dengan mudah mengelola bisnis dalam berbagai platform sekaligus memaksimalkan bujet yang Anda miliki untuk beriklan. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, daftar di AturToko sekarang!