FBPixel
Ilustrasi AturToko +

5 Manfaat Komunikasi Bisnis untuk Pelaku UMKM

Ditulis pada 14 Feb 2022 oleh

Kategori :

Komunikasi merupakan unsur penting untuk membangun kehidupan sosial yang baik. Dalam dunia bisnis, jelas ini faktor penentu keberhasilan usaha.

Secara umum, komunikasi bisnis bisa diartikan suatu proses pengiriman informasi atau pesan bisnis yang melibatkan berbagai pihak mulai dari produsen produk hingga konsumen. Skill komunikasi ini wajib dimiliki semua pebisnis jika ingin survive

Jika Anda sudah punya produk bisnis yang bagus, tetapi gagal mengomunikasikannya ke pelanggan, maka kemungkinan besar penjualan sulit terwujud. Berikut ini 5 manfaat komunikasi untuk Anda para pebisnis, khususnya pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM):

1. Pelanggan Bisa Memahami Produk Anda

Komunikasi memungkinkan pelanggan memahami produk usaha yang Anda tawarkan. Bentuknya bisa langsung dan tidak langsung.

Contoh komunikasi langsung misalnya yang dilakukan costumer service, receptionist, dan sales. Mereka biasanya menjelaskan produk bisnis tertentu, hingga bernegosiasi secara langsung dengan pelanggan. Komunikasi dikatakan sukses jika informasi yang diberikan tepat sasaran, tidak rumit, dan mudah dipahami.

Bentuk komunikasi berikut yaitu tidak langsung. Biasanya dilakukan melalui berbagai saluran media. Informasinya bisa berupa branding hingga pemasaran produk. Contoh:

a. Komunikasi menggunakan media cetak:

Meskipun termasuk cara konvensional, branding dan pemasaran produk menggunakan media cetak masih ada peminatnya. Pebisnis bisa manfaatkan space iklan atau halaman khusus di koran atau majalah untuk promosi produk atau penjualan dalam bentuk soft dan hard selling. Spanduk, pamflet, hingga brosur juga masih digunakan sampai saat ini untuk branding dan pemasaran, meskipun cara seperti ini dinilai tidak lagi efektif.

b. Komunikasi menggunakan media daring

Perkembangan teknologi digital telah mengubah perilaku pelanggan. Akses informasi hingga transaksi produk bisnis lebih intens dilakukan secara daring atau online. Dampaknya, dari semua jenis media untuk branding dan pemasaran produk, media online dinilai paling efektif. Media ini memanfaatkan jaringan internet.

Sebagai pebisnis, Anda bisa manfaatkan peluang ini dengan baik. Gunakan website bisnis, platform media sosial hingga aplikasi marketplace sebagai media komunikasi branding dan pemasaran berbagai produk bisnis Anda.

2. Pelanggan Tertarik untuk Membeli Produk Anda

Teknik komunikasi bisnis yang benar bisa menghasilkan penjualan. Artinya, pelanggan tertarik untuk membeli produk Anda. Pendekatan persuasif sangat diperlukan.

Anda bisa mulai dengan mempelajari karakter pelanggan. Dalam berbisnis, Anda pasti menemukan beragam karakter unik pelanggan. Setiap mereka harus diperlakukan dengan cara komunikasi yang tepat. Kemampuan ini memungkinkan Anda mengetahui dengan jelas apa kebutuhan mereka.

Ketika pelanggan sudah nyaman, informasi apapun terkait produk usaha yang ingin Anda sampaikan pasti mendapat respons positif. Pada akhirnya penjualan bisa terwujud, dan Anda bisa memberikan pelayanan terbaik.

3. Membantu Anda Menyesuaikan Target Pasar

Selanjutnya, memahami teknik komunikasi dalam bisnis akan menolong Anda menyesuaikan produk dengan target pasar.

a. Target pasar nasional

Jika produk usaha yang Anda miliki sasarannya pasar nasional, maka branding dan pemasaran bisa dilakukan secara offline dan online. Media komunikasi yang bisa dimanfaatkan antara lain media cetak, website bisnis, platform media sosial bisnis, hingga aplikasi marketplace nasional. Anda bisa gunakan lebih dari satu aplikasi jualan di marketplace.

b. Target pasar internasional

Era pasar bebas saat ini memungkinkan Anda memasarkan produk lintas negara. Jika pasar internasional adalah target Anda, maka cara pemasaran online adalah pilihan paling efektif. Aplikasi marketplace internasional bisa dipilih sebagai media komunikasi branding dan pemasaran. 

Banyaknya aplikasi marketplace yang tersedia saat ini, mungkin membuat Anda bingung untuk mengelolanya. Sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan untuk mengelola semua marketplace Anda dalam satu tempat. AturToko bisa jadi solusi untuk membantu Anda. 

4. Menghasilkan Basis Pelanggan Loyal

Untuk bisa bertahan, sebuah bisnis sangat bergantung pada loyalitas pelanggan. Komunikasi eksternal yang Anda lakukan dengan cara yang benar, tepat dan konsisten, akan menghasilkan basis pelanggan yang loyal. Pelanggan baru yang tertarik dengan pelayanan Anda akan bertambah. Sementara itu, kesetiaan pelanggan lama tetap terjaga. Yang perlu Anda perhatikan berikut adalah disiplin menjaga komunikasi yang sudah terjalin, baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

5. Menghasilkan Kolaborasi Jangka Panjang

Setelah loyalitas pelanggan terbentuk, dampak komunikasi yang Anda bangun dengan tekun akan menghasilkan kolaborasi jangka panjang. Transaksi penjualan bukan hanya terjadi sekali, tapi berkali-kali secara berkelanjutan. Untuk menghasilkan kerjasama seperti ini memerlukan waktu yang tidak singkat. Anda perlu bersabar untuk melakukannya. Anggaplah ini sebagai investasi jangka panjang untuk membawa bisnis Anda sukses, serta menghasilkan relasi bisnis yang kuat. Ternyata komunikasi bisnis menghasilkan manfaat dan dampak sangat signifikan terhadap suksesnya sebuah bisnis atau usaha. Apakah Anda sudah siap untuk menerapkannya pada bisnis yang sementara Anda bangun? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang menolong Anda!

English