FBPixel
Default Background

5 Ide Bisnis Online Menjanjikan di Tahun 2022

Ditulis pada 16 Feb 2022 oleh

Pandemi covid-19 belum usai. Varian baru omicron mewarnai pemberitaan di awal tahun 2022. Di sisi lain, kekuatiran akibat pandemi yang tak kunjung berakhir justru semakin membuka peluang munculnya berbagai ide bisnis baru yang menjanjikan. Kebijakan new normal yang masih memberlakukan pembatasan sosial mendorong tumbuh subur banyak bisnis online. Model aktivitas jual beli memanfaatkan teknologi internet ini diprediksi makin menjanjikan di tahun 2022. Bagi pebisnis baru, peluang ini tidak boleh Anda lepaskan!

Pengguna internet di Indonesia telah mencapai 212 juta orang. Setali tiga uang, peningkatan kunjungan juga terjadi di website e-commerce, marketplace, dan media sosial bisnis. Fakta ini membuktikan telah terjadi perubahan habit belanja masyarakat dari model offline ke online. Jika Anda bingung menentukan jenis bisnis apa yang ingin digeluti untuk menjawab tantangan ini, 5 ide bisnis online berikut bisa menjadi rekomendasi.

1. Jasa Logistik

Arus pengiriman produk belanja digital akibat dampak pembatasan sosial mengalami peningkatan. Peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan menjajal bisnis jasa logistik. Meskipun pesaing banyak, tetapi permintaan jasa kurir yang terus meningkat masih menjadi celah positif untuk Anda manfaatkan. Lakukan inovasi khususnya dalam model pelayanan yang tidak dilakukan perusahaan jasa logistik lain. Anda bisa mulai dengan metode ‘jemput bola’ ke pelanggan. Selain itu, memperluas koneksi akan memperbesar pasar Anda. 

2. Toko Online

Makin sedikit orang ke toko, restoran, dan tempat belanja offline lain menjadi peluang untuk Anda ikut mengecap sukses jualan online. Anda bisa membuka toko online di marketplace yang banyak tersedia saat ini. Jenis bisnisnya tinggal disesuaikan kebutuhan pelanggan dan minat Anda.

Salah satu tips cara berjualan di marketplace, pilihlah lebih dari satu marketplace untuk menjual berbagai produk unggulan Anda. Bisa kuliner, fashion, aksesori, gadget, jasa, terserah Anda. Yang penting, sesuaikan dengan kebutuhan paling besar pelanggan. Makin pintar Anda membaca kebutuhan pelanggan, makin besar keuntungan yang diraup.

Jangan lupa untuk lakukan branding produk di media sosial bisnis. Lakukan secara konsisten, dan evaluasi berkala, niscaya Anda akan menuai hasil memuaskan. Jika Anda masih bingung bagaimana cara mengatur isi marketplace dan mengelola semua marketplace Anda di satu platform, AturToko adalah jalan keluar terbaik. Silahkan manfaatkan tiga fitur keren di dalamnya untuk mempermudah pekerjaan Anda.

3. Dropshipper dan Reseller

Satu lagi bisnis online yang menjanjikan keuntungan di tahun 2022. Menjadi dropshipper atau reseller produk. Seorang dropshipper bisa menjual berbagai produk milik pebisnis lain tanpa perlu melakukan stok barang. Anda hanya perlu memilih produk apa yang paling banyak dicari pelanggan, kemudian manfaatkan marketplace untuk menjual kembali produk tersebut dengan margin kompetitif.

Berbeda dengan dropshipper, seorang reseller perlu melakukan stok barang untuk berjualan di marketplace. Penentuan harga jual pun tak kalah kompetitif. Keuntungan yang mencapai puluhan juta rupiah dari bisnis ini membuat jumlah dropshipper dan reseller di Indonesia meningkat signifikan. Anda layak mencobanya juga!

4. Content Creator

10 tahun lalu, YouTube tak pernah diperhitungkan. Tetapi semenjak pandemi melanda dunia, jumlah content creator naik gila-gilaan. Ide kontennya pun semakin unik dan kreatif dari waktu ke waktu.

Sejak pembatasan sosial yang membatasi ruang gerak masyarakat, ide mengerjakan konten kreatif berubah dari sekedar hobi untuk mengisi waktu, menjadi bisnis menjanjikan. Tak sedikit content creator yang mendulang ratusan juta hingga miliaran rupiah hanya dari video konten yang dibuat.

Untuk menemukan ide konten, Ana hanya perlu mengeksplore hobi atau minat Anda. Jika suka memasak, tak ada salahnya membuat konten resep kuliner. Jika hobi traveling, bisa mencoba bikin video ulasan destinasi wisata dan tips jalan-jalan. Atau Anda seorang yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu. Bisa juga membuat video tutorial.

5. Jasa Desain dan SEO

Bertambah lagi ide bisnis yang dipastikan gemilang di tahun 2022. Makin banyak pebisnis yang memiliki website e-commerce, jualan di marketplace, branding produk di media sosial membuka peluang bisnis baru di bidang jasa penyedia desain dan penulian konsep SEO (Search Engine Optimization). 

Bisnis ini cocok untuk Anda yang memiliki atau tertarik dengan skill desain dan penulisan artikel SEO. Desain yang Anda tawarkan bisa beragam. Mulai dari desain website yang menarik, hingga desain konten di media sosial. Anda hanya perlu berimprovisasi untuk menghasilkan produk unik dan berbeda dari yang lain.

Sementara itu, Anda juga bisa menawarkan jasa penulisan SEO untuk mengerjakan berbagai artikel marketing yang bersifat soft selling. Penulisan artikel dengan konsep SEO sangat berguna untuk mengoptimasi mesin pencari, sehingga traffic website meningkat. Bagaimana, sudah temukan ide bisnis online apa yang ingin digeluti di tahun 2022 ini? Semoga lima ide bisnis di atas bisa menjadi menginspirasi Anda!

English