Ditulis pada 16 Jun 2022 oleh AturToko
Kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan untuk mendukung perkembangan bisnis. Melalui digitalisasi, pengusaha bisa menjalankan strategi bisnis demi mendapatkan penjualan optimal dengan lebih mudah. Saat ini, ada tiga strategi lintas channel yang umum dikenal, yaitu multi channel, cross channel, dan omnichannel.
Omnichannel merupakan inovasi yang hadir untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pencarian, pembelian, bahkan penukaran produk. Omnichannel adalah menggunakan satu saluran untuk semua platform yang dimiliki sehingga mudah dikelola. Simak pentingnya peran omnichannel dalam bisnis berikut ini.
Untuk melakukan promosi dan pemasaran, pelaku usaha membutuhkan informasi berupa data pelanggan. Melalui omnichannel, data pelanggan dari seluruh platform yang digunakan akan tercatat dengan rapi dan detail.
Data yang terkumpul tersebut dapat digunakan untuk menganalisis perilaku pelanggan. Dengan demikian, pelaku usaha memiliki gambaran mengenai produk yang lebih dibutuhkan dan memiliki peluang penjualan lebih tinggi.
Kehadiran omnichannel berperan dalam mendukung efektivitas pekerjaan. Hal ini karena pelaku usaha tidak perlu memeriksa platform yang digunakan satu per satu untuk mengecek stok, order barang, hingga status pengiriman. Melalui omnichannel, semua tugas itu dapat dilakukan dalam satu channel.
Bukan hanya dari segi tenaga, strategi ini juga meningkatkan efektivitas dari segi waktu. Pelaku usaha dapat mengelola bisnis dengan lebih efisien dan cepat sehingga tidak kehilangan peluang penjualan. Selain itu, fokus utama bisa diarahkan untuk mengatur strategi bisnis.
Dalam bisnis penjualan online, sistem algoritma sangat berperan penting. Karena sistem ini, produk yang pernah dilihat dari sebuah platform biasanya akan muncul kembali setiap seseorang melakukan pencarian. Hal ini membuat trafik penayangan semakin tinggi dan meningkatkan potensi penjualan.
Apabila perusahaan menerapkan strategi omnichannel, peningkatan trafik dan peluang penjualan bisa terjadi di berbagai channel yang digunakan. Sebagai contoh, pelanggan yang melihat produk di website atau marketplace bisa tertarik untuk berbelanja ke toko offline.
Salah satu peran omnichannel dalam bisnis adalah meningkatkan kepuasan pelanggan saat berbelanja. Hal ini dimungkinkan karena pelanggan memiliki pengalaman yang berkesan karena kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan, baik ketika mencari dan memilih produk hingga memantau produk saat pengiriman.
Kepuasan pelanggan merupakan elemen yang sangat penting dalam meningkatkan kesuksesan suatu bisnis. Apabila pelanggan puas, ia tidak ragu untuk melakukan pembelian kembali. Bahkan, ia juga akan bersedia melakukan promosi produk secara sukarela.
Manfaat omnichannel lainnya adalah untuk membantu pelaku usaha menciptakan strategi bisnis yang lebih spesifik. Strategi tersebut dibuat dari hasil analisis data konsumen maupun transaksi yang diperoleh dari omnichannel. Melalui data yang akurat dan detail, strategi yang diterapkan pun bisa lebih spesifik.
Sebagai contoh, pelanggan yang sering melakukan pembelian satu produk dapat didorong untuk membeli produk lain dengan diskon. Dengan demikian, penjualan bisa lebih meningkat.
Pentingnya omnichannel juga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan saat berbelanja. Hal ini karena strategi pemasaran lebih fokus pada hubungan antarmanusia. Melalui omnichannel, kebutuhan pelanggan sebisa mungkin dipenuhi sehingga mendorong terbangunnya loyalitas terhadap merek.
Di satu sisi, hal ini akan membantu pelanggan mendapatkan apa yang mereka inginkan. Namun, di sisi lain, pelaku usaha juga bisa mendapatkan keuntungan yaitu peningkatan pendapatan dari hasil penjualan.
Menggunakan strategi omnichannel, identitas merek perusahaan bisa ditingkatkan. Caranya adalah dengan aktif dan konsisten untuk hadir pada semua saluran yang tersedia. Dengan demikian, merek perusahaan akan lebih mudah dikenali. Pelanggan pun lebih mudah memutuskan produk yang dibeli.
Identitas merek juga bisa dipengaruhi oleh pengalaman positif dari pelanggan. Apabila mereka disodorkan pesan yang jelas, visual yang memancing perhatian, dan pengalaman berbelanja yang mudah dan nyaman, merek tersebut akan lebih disukai.
Tujuan akhir dari strategi pemasaran perusahaan adalah untuk meningkatkan pendapatan. Apabila strategi omnichannel dilakukan, pendapatan perusahaan pun otomatis berpeluang untuk ditingkatkan. Hal ini karena ada banyak saluran yang bisa dimanfaatkan secara sekaligus untuk melakukan penjualan.
Pelaku usaha bisa meraih keuntungan dari penjualan di marketplace. Namun, penjualan di toko offline juga bisa meningkat, khususnya bagi pelanggan yang senang berbelanja secara langsung. Adanya integrasi di antara saluran penjualan yang dimiliki akan meningkatkan potensi penjualan.
Nah, Anda pun dapat menggunakan layanan omnichannel dari AturToko untuk menikmati semua manfaat yang ditawarkan. AturToko merupakan perusahaan enabler ecommerce yang bisa membantu perusahaan, baik dari skala menengah maupun atas untuk mengelola bisnis secara lebih mudah.
Salah satu fitur yang dapat membantu bisnis Anda semakin berkembang adalah OmniPos. Dengan fitur ini, dari satu akses Anda bisa memproses seluruh orderan dari berbagai marketplace dan memantaunya dalam satu dashboard. Bahkan, fitur ini juga akan memudahkan Anda untuk melakukan inventaris produk secara real time.
Untuk mengenal lebih jauh mengenai berbagai layanan yang ditawarkan, Anda bisa berkunjung ke sini. Semoga bermanfaat!