FBPixel
Cocok untuk UMKM, Ini Dia Aplikasi Jualan Online yang Wajib Anda Coba!

Cocok untuk UMKM, Ini Dia Aplikasi Jualan Online yang Wajib Anda Coba!

Ditulis pada 24 Jun 2022 oleh

Kategori :

Merambah ke penjualan digital atau online merupakan keharusan bagi banyak sektor bisnis, termasuk UMKM. Pasalnya saat ini, makin banyak orang yang merasa lebih nyaman membeli produk maupun layanan secara online. Berdasarkan data dari Telkomsel, penggunaan platform digital di kalangan pelaku UMKM meningkat sebanyak 15% selama pandemi. Ini membuktikan bahwa aplikasi jualan online perlu Anda pertimbangkan untuk memperluas pasar.

Sekarang, ada beragam opsi aplikasi jualan online yang bisa Anda manfaatkan. Jenisnya pun beragam dan masing-masing menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Lalu, apa saja aplikasi yang direkomendasikan bagi para pelaku UMKM? Simak beberapa jenisnya berikut ini!

Marketplace

Marketplace bisa dibilang sebagai pasar dalam bentuk online. Di tempat inilah, Anda sebagai penjual bisa bertemu dengan pembeli. Memiliki akun di berbagai marketplace seperti Shopee, Lazada, atau Tokopedia memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak calon konsumen. Beberapa di antaranya bahkan sudah menyertakan program atau fitur untuk mendukung peningkatan penjualan produk Anda.

Selain mudah digunakan dan bisa diakses secara gratis, keberadaan marketplace juga memudahkan pelaku UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Jangan lupa manfaatkan beragam fitur yang disertakan dalam aplikasi jualan online yang Anda gunakan seperti broadcast chat, live, hingga feed.

Media Sosial

Media sosial adalah aplikasi berjualan online yang wajib dimiliki oleh semua bisnis. Selain bisa membantu publik untuk mengenal bisnis Anda, media sosial bisa menjadi sarana branding dan meningkatkan pengunjung situs Anda. Media sosial juga kerap menjadi tempat bagi konsumen untuk memberikan ulasan.

Beberapa media sosial seperti Facebook dan Instagram bahkan sekarang secara khusus memberikan wadah bagi para pedagang online yang ingin menawarkan produknya.

Facebook, misalnya, hadir dengan fitur Facebook Marketplace yang akan memudahkan Anda menjangkau pelanggan lokal. Sementara itu, Instagram memiliki fitur Instagram Shop yang memungkinkan calon konsumen membeli langsung dari akun bisnis Anda. Maksimalkan fitur-fitur ini dengan baik agar penjualan produk Anda meningkat.

Lalu, di antara sekian banyak pilihan media sosial yang ada, mana yang sebaiknya Anda miliki? Dilansir dari ConnectPOS.com, ada empat media sosial yang dianggap paling mendukung bagi para pebisnis online, yakni:

  • Facebook. Facebook merupakan media sosial terbesar dengan 2 miliar pengguna aktif bulanan. Ada lebih dari 65 juta bisnis yang bisa Anda temukan di Facebook dan mereka bisa terhubung dengan jutaan pelanggan potensial dari berbagai belahan dunia.
  • Twitter. Kelebihan Twitter dibanding media sosial lain adalah sifatnya yang up-to-date karena mampu memberikan informasi secara real-time. Anda bisa memanfaatkan berbagai kampanye berbayar di Twitter untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen.
  • YouTube. Ada beragam konten video mulai dari testimoni hingga review produk yang bisa Anda temukan di YouTube. Semuanya bisa menjadi media untuk memperkenalkan brand Anda secara lebih luas.
  • Instagram. Pamerkan foto terbaik produk Anda di Instagram, lengkap dengan tautan langsung ke toko online atau akun marketplace Anda. Anda juga bisa memanfaatkan fitur shoppable post sehingga konsumen bisa langsung checkout dari postingan yang Anda buat.

Aplikasi Perpesanan

Aplikasi perpesanan atau chatting juga menjadi salah satu alat yang sangat penting bagi para pebisnis online. Tidak hanya menciptakan ruang untuk terhubung secara personal dengan konsumen, aplikasi perpesanan juga bisa menjadi media yang bagus untuk berpromosi dan memberikan update terkait produk maupun layanan yang Anda berikan.

Beberapa aplikasi perpesanan yang bisa Anda manfaatkan untuk jualan online antara lain adalah WhatsApp for Business dan LINE Official. 

Website Toko Online

Sebanyak 63% pembelian yang dilakukan oleh konsumen bermula dari pencarian secara online. Di sinilah pentingnya bagi sebuah bisnis untuk memiliki situs. Bayangkan jika orang mencari produk yang Anda jual, tetapi Anda tidak memiliki situs atau media sosial. Mereka tentu tidak akan bisa menemukan Anda, bukan?

Ketika calon pembeli melakukan pencarian yang mengarahkan mereka ke situs Anda, ada peluang mereka membeli produk tersebut. Dari situs inilah, mereka akan memperoleh informasi seputar bisnis Anda dan produk yang Anda tawarkan. Ini akan memberikan kesan profesional dan membuat calon konsumen merasa yakin untuk membeli.

Agar pengalaman berbelanja pelanggan semakin optimal, pastikan website mudah diakses dan dinavigasi. Buat juga tampilan yang menarik lengkap dengan kemudahan pembayaran dan pengiriman. Dengan begitu, pelanggan tidak akan lari ke kompetitor Anda.

Tidak mau repot-repot membuat website sendiri? Anda bisa memanfaatkan layanan BuatToko dari AturToko. Lewat BuatToko, Anda bisa:

  • Bebas membuat desain toko online Anda termasuk nama domain tanpa perlu repot-repot belajar membuat website sendiri
  • Memudahkan konsumen untuk melihat daftar produk, memasukkan belanjaan ke keranjang hingga checkout dengan website yang interaktif, mobile friendly dan ramah pengguna
  • Menambah produk, menerima hingga mengelola order dari konsumen dengan lebih mudah dan praktis

Maksimalkan penggunaan aplikasi berjualan online agar bisnis Anda melesat pesat. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lengkap!

English