FBPixel
Cara Jualan Laris di Facebook, Dagangan Cepat Habis dan Dapat Cuan Banyak

Cara Jualan Laris di Facebook, Dagangan Cepat Habis dan Dapat Cuan Banyak

Ditulis pada 25 May 2022 oleh

Kategori :

Jejaring sosial seperti Facebook, saat ini bukan hanya menjadi tempat untuk mengekspresikan diri sendiri. Keberadaannya juga memunculkan peluang bisnis yang menarik dan sangat menjanjikan. Buktinya, banyak pelaku usaha  menggunakan Facebook sebagai cara melariskan dagangan yang sepi. 

Kesuksesan dalam berbisnis online melalui Facebook bisa diperoleh siapa saja, termasuk Anda. Anda mungkin bertanya-tanya, dagang apa yang cepat laku di Facebook? Jawabannya sederhana, Anda bisa melariskan dagangan dalam bentuk apa saja di Facebook. Hal tersebut bisa Anda raih dengan tips dan cara berjualan yang tepat. 

Cara Memulai Berjualan di Facebook

Memulai aktivitas berdagang di Facebook sangat mudah. Ada 2 hal penting yang perlu Anda perhatikan, yaitu: 

  1. Buat Akun Facebook Bisnis

Tahapan pertama yang perlu Anda laksanakan ketika memulai berjualan di Facebook adalah membuat akun Facebook Bisnis dan fanpage atau halaman Facebook. Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut: 

  • Masuk ke akun Facebook pribadi yang Anda miliki
  • Akses halaman https://business.facebook.com 
  • Pilih opsi Create a business account dan masukkan nama akun bisnis 
  • Masukkan data lengkap terkait akun bisnis, mencakup nama lengkap serta alamat email
  • Lakukan konfirmasi di email
  • Buat halaman Facebook atau fanspage
  • Lengkapi halaman dengan foto profil, foto sampul, dan deskripsi
  • Selesai, Anda sudah dapat menggunakan akun Facebook bisnis untuk berjualan
  1. Call-to-Action (CTA)

Untuk berjualan di Facebook, Anda perlu menambahkan tombol CTA untuk mengarahkan pembeli ke toko online. Anda bisa menggunakan toko online berupa marketplace atau website sendiri. Cara pembuatan tombol CTA bisa Anda lakukan sebagai berikut: 

  • Login ke halaman bisnis yang telah Anda buat
  • Tekan pilihan + Tambahkan Tombol yang terletak di bawah foto profil
  • Selanjutnya, layar akan menampilkan pop-up dengan berbagai pilihan CTA. Pilih salah satu opsi CTA yang sesuai
  • Lakukan pengisian data secara lengkap
  • Tekan tombol simpan

Tips Jualan Barang Biar Cepat Laris di Facebook

Setelah mengetahui cara bikin Facebook bisnis dan mulai menggunakannya untuk berdagang, ada tips penting biar dagangan Anda cepat laris, yakni: 

  1. Manfaatkan Marketplace Facebook

Facebook menyediakan halaman khusus untuk berjualan yang disebut marketplace. Anda bisa menawarkan barang dagangan di sini. Jangan lupa untuk memberi info dagangan secara lengkap, termasuk foto, deskripsi produk, harga, dan detail lainnya. 

  1. Tawarkan Barang di Grup Jual Beli

Tips jualan laris di FB selanjutnya adalah memanfaatkan grup jual beli. Cari dan temukan grup jual beli yang relevan dengan produk Anda. 

  1. Gunakan Foto yang Orisinal dan Bagus

Cara berjualan di FB yang tidak kalah penting adalah memakai tampilan yang menarik. Oleh karena itu, pakai foto orisinal dan kualitasnya bagus. Dengan begitu, pembeli akan tertarik saat melihatnya. 

  1. Pakai Layanan Facebook Ads

Cara jualan online laris manis di FB yang berikutnya adalah menggunakan iklan. Facebook punya layanan iklan yang disebut sebagai Facebook Ads. Hanya saja, pemakaian iklan ini tidak gratis. Jadi, Anda perlu menyediakan anggaran tertentu untuk penggunaannya. 

  1. Respons Pesan dari Para Pembeli

Tips selanjutnya adalah memberi respons untuk setiap calon pembeli. Respons tersebut bisa Anda lakukan melalui kolom komentar, nomor WA, atau inbox. 

Cara Posting Barang Dagangan di Facebook Biar Diborong Pembeli

Selanjutnya, Anda perlu memiliki trik jitu agar setiap postingan jualan di Facebook diburu oleh para pembeli. Ada 7 tips menarik yang jangan sampai Anda lewatkan, yaitu: 

  1. Update Status Secara Konsisten

Gunakan halaman bisnis untuk update status secara berkala. Kalau perlu, tentukan jadwal posting

  1. Buat Caption yang Menarik

Dalam setiap aktivitas berdagang online, Anda perlu membuat caption menarik. Misalnya, caption jualan makanan harus disertai dengan foto yang bagus. Selain itu, tambahkan kata-kata yang bisa membuat konsumen tertarik untuk membelinya. 

  1. Tingkatkan Interaksi

Saat mengelola halaman Facebook, Anda perlu melakukan interaksi dengan para follower dan calon pembeli. Interaksi tersebut bisa Anda lakukan dengan menyukai komentar mereka atau membalas inbox serta komentar. 

  1. Variasi Jenis Postingan

Saat membuat postingan di halaman Facebook, Anda jangan terpaku pada aktivitas berdagang. Sesekali, buat pula update yang bertujuan melakukan edukasi atau info menarik. 

  1. Gunakan Bahasa yang Baik

Kata-kata jualan online di Facebook harus Anda tata dengan baik. Anda memang tidak harus selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baku. Tetapi, pastikan kalau kata-kata tersebut sopan dan tidak menyinggung orang lain.

  1. Tambahkan Teman Tertarget Secara Rutin

Melalui akun Facebook bisnis, Anda bisa mengetahui karakteristik dari para follower halaman Facebook. Para follower tersebut adalah orang-orang yang menjadi target pemasaran potensial. Biar jumlahnya bertambah, pertimbangkan untuk mengundang teman agar menjadi follower. Dengan begitu, halaman bisnis Anda bisa berkembang. 

  1. Lakukan Analisis Konten

Tips penting selanjutnya adalah perlunya analisis konten. Analisis perlu Anda lakukan untuk memperhitungkan efektivitas dari setiap postingan. Selanjutnya, Anda bisa memperbanyak jenis postingan yang dinilai menghasilkan banyak respons maupun transaksi. 

Kekurangan Jualan Barang di Facebook

Saat berjualan di Facebook, Anda perlu memahami ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, yaitu: 

  • Keterbatasan audiens. Anda hanya bisa mengakses para calon pembeli yang ada di lingkup atau platform milik Facebook. 
  • Postingan yang cepat tenggelam. Hal ini bisa terjadi karena pebisnis yang menggunakan Facebook untuk berjualan bukan Anda saja. Ada banyak orang lain yang melakukannya. Belum lagi, postingan Anda juga akan tertutupi oleh update status dari orang-orang yang menjadi teman para audiens. 
  • Tidak dilengkapi fitur pencarian konten. 

Kelebihan Berdagang Online di Facebook

Meski begitu, Facebook menawarkan kelebihan yang lebih banyak bagi Anda, di antaranya: 

  • Target pemasaran yang tidak terbatas. Dengan memakai halaman Facebook, Anda bisa memperoleh jumlah follower sangat banyak. Belum lagi, Anda bisa pula memakai akun Facebook pribadi yang bisa dipakai untuk memasarkan kepada teman dengan jumlah maksimal 5.000 akun. 
  • Praktis. Cara berbagi informasi produk di FB sangat mudah. Ada banyak tool yang bisa membantu Anda dalam melakukannya.
  • Layanan iklan tertarget. Pemakaian layanan iklan memberi kesempatan bagi Anda untuk menjual barang secara lebih efektif. 
  • Kualitas gambar yang tidak mengalami perubahan. Foto atau video yang Anda unggah akan tampil dengan kualitas serupa saat dilihat oleh audiens. Tidak ada penurunan kualitas pada foto atau video yang ditampilkan. 
  • Tersedia fitur ulasan produk. Fitur ulasan ini berguna dalam membangun brand. 
  • Unggah video berdurasi panjang. Anda tidak perlu memotong video dalam beberapa durasi yang pendek ketika mengunggahnya. 
  • Fitur analisis lengkap. Keberadaan analisis bisa membantu Anda dalam memantau aktivitas jual beli online di Facebook. 

Baca juga: Memahami Strategi Omnichannel Marketing dan Pentingnya Bagi Bisnis

Serba-serbi Cara Berjualan di Facebook

Bagaimana cara menjual barang dagangan secara gratis di Facebook? 

Ada 3 metode gratis yang bisa Anda gunakan sebagai solusi cara agar dagangan laris terus di Facebook, yaitu: 

  • Memanfaatkan marketplace
  • Bergabung dengan grup jual beli
  • Menggunakan halaman Facebook

Apa itu CTA dan kegunaannya dalam aktivitas jualan online?

CTA adalah upaya yang perlu Anda lakukan untuk mengajak audiens mencari tahu lebih lanjut tentang produk yang ditawarkan. CTA tidak hanya mengajak mereka untuk membeli, tetapi bisa pula Anda pakai untuk memperoleh data terkait para audiens. 

Itulah pembahasan terkait cara berjualan di Facebook yang bisa Anda praktikkan. Untuk membantu upaya Anda dalam membangun bisnis online di Facebook, jangan lupa untuk memanfaatkan layanan AturToko. Ada banyak layanan AturToko yang bisa membantu Anda dalam mengelola bisnis online jadi lebih efektif dan efisien.

English