Ditulis pada 29 Apr 2022 oleh AturToko
Ketika Anda memutuskan untuk membuka usaha dan menjual sebuah produk atau jasa, Anda tidak bisa berharap konsumen akan datang begitu saja. Anda membutuhkan langkah pemasaran yang sesuai untuk membuat orang mau membelinya. Langkah awal yang perlu dilakukan untuk mewujudkan pemasaran yang sukses adalah dengan menentukan target pasar atau target market.
Apa itu target pasar? Bagaimana cara menentukan target pasar dan apa saja manfaatnya untuk bisnis Anda? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!
Target pemasaran adalah sekelompok orang dengan beberapa karakteristik serupa yang sudah diidentifikasi oleh sebuah perusahaan sebagai pelanggan potensial untuk produknya.
Mengidentifikasi pasar sasaran dilakukan dengan meneliti dan memahami minat, hobi dan kebutuhan calon konsumen Anda. Dengan begitu Anda bisa memfokuskan pesan dan anggaran pemasaran pada target yang dituju. Ketika pemasaran dilakukan pada orang-orang yang memang berpotensi untuk membeli produk Anda, maka peluang penjualan juga akan semakin besar.
Target pemasaran bisa dikategorikan secara luas berdasarkan berbagai kategori, termasuk rentang usia, pendapatan, gaya hidup dan lain sebagainya.
Mengidentifikasi target pasar Anda adalah bagian dari perencanaan bisnis. Perlu diketahui bahwa perencanaan adalah sebuah tindakan yang berkelanjutan. Bukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan satu kali. Artinya, dalam proses menjalankan bisnis, Anda harus selalu memikirkan cara untuk lebih memahami calon pelanggan ideal Anda. Ingat bahwa dalam bisnis, perubahan pasar akan selalu ada. Jika Anda tidak mengikutinya, maka Anda akan kalah dengan kompetitor.
Ada beberapa alasan mengapa penting bagi sebuah bisnis untuk mengidentifikasi siapa pasar mereka, antara lain:
Ketika Anda membuat sebuah produk, Anda tidak akan bisa melayani semua orang yang ada di pasar. Ini karena keinginan dan kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Karena itu, Anda perlu mengidentifikasi bagian mana dari pasar yang ingin Anda layani. Ini adalah cara yang ampuh untuk fokus kepada sesuatu yang berpotensi menghasilkan penjualan.
Setelah menentukan target pasar, pertimbangkan siapa audiens target Anda. Seringkali orang yang membeli produk Anda mungkin tidak sama dengan yang menggunakannya. Misalnya saja, semua orang di rumah menggunakan detergen, tapi iklan detergen selalu ditujukan pada ibu-ibu yang sering membeli kebutuhan di rumah.
Ketika Anda sudah tahu siapa yang menjadi target pasar, Anda akan mendapatkan lebih banyak petunjuk tentang kebutuhan mereka. Anda mungkin akan menemukan keinginan atau kebutuhan lain dari target pasar yang bisa digunakan untuk menyempurnakan produk yang Anda jual. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk memenangkan persaingan.
Baca juga: Pentingnya Melakukan Riset Pasar untuk Meningkatkan Angka Penjualan
Karena menentukan target pasar adala hal yang krusial, Anda memerlukan strategi yang tepat untuk melakukannya. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menentukan target pasar yakni:
Anggaplah Anda sudah memiliki produk t-shirt dengan desain kekinian dan harga terjangkau. Anda berencana menjualnya lewat e-commerce atau akun media sosial. Dari sini Anda bisa membuat asumsi bahwa orang yang akan membeli produk Anda alias target pasar Anda adalah anak-anak muda yang sering menghabiskan waktu di media sosial maupun belanja online.
Semua produk di pasaran pasti memiliki pesaing masing-masing. Persaingan memang merupakan ancaman, tapi Anda harus bisa menemukan celah untuk tampil lebih unggul. Coba lihat kompetitor mana yang membuat produk sejenis dan menurut Anda apa yang menjadi kekurangan mereka? Dengan melihat apa yang tidak mereka miliki, Anda bisa melengkapinya pada produk Anda sehingga bisa memenangkan kompetisi di pasar.
Langkah yang tak kalah penting saat menentukan target pasar adalah dengan melakukan riset langsung ke pelanggan, baik dengan komunikasi langsung maupun survei online. Tanyakan kepada mereka produk seperti apa yang mereka inginkan? Kira-kira, masalah apa yang mereka miliki dan apa yang bisa Anda tawarkan kepada mereka sebagai solusi? Dengan melakukan riset langsung, Anda bisa menyesuaikannya dengan asumsi yang Anda miliki pada langkah pertama.
Analytics tools atau perangkat analisis seperti Google Trend bisa membantu Anda mengetahui apa yang sedang tren. Ini bisa membantu Anda menyempurnakan produk yang Anda keluarkan agar semakin sesuai dengan target pasar yang diincar.
Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menentukan target pasar adalah dengan membuat buyer persona atau representasi pelanggan. Buyer persona adalah gambaran yang Anda buat sendiri mengenai siapa kira-kira yang cocok dengan produk yang akan Anda jual. Ini termasuk ciri fisik, jenis kelamin, penghasilan hingga domisilinya.
Sebelum menentukan siapa orang-orang yang menjadi sasaran penjualan Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
Untuk menentukan pasar yang tepat, Anda juga membutuhkan sejumlah strategi. Setidaknya ada 4 strategi yang biasa digunakan oleh para pengusaha antara lain:
Baca juga: Segmenting, Targeting, Positioning atau STP Adalah: Apa Itu dan Cara Penerapannya
Untuk lebih memahami tentang target pemasaran, mari kita buat contoh produk. Misalnya saja Anda adalah pengusaha skincare. Untuk mendeskripsikan target pasar yang ingin Anda tuju, uraiannya adalah sebagai berikut:
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, mengetahui target pasar adalah tugas yang sifatnya berkelanjutan. Anda tidak bisa berhenti begitu saja setelah Anda tahu siapa target pasar Anda. Artinya, Anda tetap harus menciptakan inovasi baru sesuai dengan pergerakan pasar yang dinamis. Dalam industri kosmetik misalnya, ada trending ingredients yang selama beberapa waktu meningkat popularitasnya. Anda juga harus bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kualitas produk Anda sehingga pelanggan tidak berpindah ke merek lain.
Mengubah kemasan, memperbaiki formula, hingga berpromosi dengan cara yang berbeda juga bisa menjadi langkah jitu mempertahankan konsumen Anda. Jangan lupa juga untuk menggunakan AturToko untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Sebagai enabler e-commerce, AturToko siap menjadi mitra Anda mengembangkan bisnis online yang sukses. Daftar sekarang di sini!