Ditulis pada 31 Mar 2022 oleh AturToko
Pelaku bisnis pasti familiar dengan aplikasi yang satu ini: WhatsApp Bisnis. Menargetkan para pemilik bisnis, WhatsApp Business resmi dirilis pada 2018. Kehadirannya disambut baik oleh masyarakat Indonesia, karena menawarkan banyak manfaat terutama untuk para pebisnis online.
Melalui WhatsApp (WA) Bisnis, calon konsumen bisa langsung melihat katalog dan melakukan komunikasi langsung dengan penjual. Mengingat pengguna WA di Indonesia sangat banyak, maka menggunakan aplikasi chat ini untuk berbisnis adalah cara yang efektif. Nah, mari mengupas tuntas segala informasi yang Anda butuhkan tentang WA Bisnis!
Bisa diunduh gratis, WhatsApp Bisnis adalah alat pendukung bisnis yang efisien, khususnya bagi pemilik bisnis Usaha Kecil dan Menengah. Fitur-fitur yang diusungnya pun memudahkan Anda berinteraksi dengan konsumen.
Belum memiliki akun WA Bisnis? Simak cara membuatnya berikut ini:
WhatsApp Business didesain dengan fitur-fitur andalan yang tidak ditemukan pada aplikasi pendahulunya, yakni WhatsApp Messenger. Tujuannya tentu saja agar Anda lebih mudah berkomunikasi dengan banyak pelanggan sekaligus. Nah, apa saja fitur-fitur tersebut?
Bila Anda bisa sesuka hati mengganti nama akun pada WA Messenger, di WhatsApp versi bisnis ada syarat nama akun yang wajib dipatuhi. Di antaranya:
Akun bisnis WA Anda bisa menampilkan detail informasi mengenai bisnis Anda. Mulai dari nama bisnis/toko, alamat, email, deskripsi, kategori bisnis, serta alamat website. Selain itu, Anda pun bisa menambahkan halaman media sosial dengan cara mencantumkan tautan link.
Fitur WhatsApp Bisnis yang satu ini berfungsi layaknya etalase toko Anda yang melengkapi profil Anda. Tidak hanya foto produk, harga dan detail produk pun bisa dicantumkan dengan jelas.
Tidak perlu selalu standby untuk membalas pesan pelanggan. Anda bisa memanfaatkan fitur balas otomatis berikut:
Tunjukkan kategori bisnis Anda melalui kolom profil. Bila tidak mendapati kategori yang sesuai di dropdown list, Anda bisa memilih menu “others”.
Fitur ini memungkinkan Anda memantau statistik pesan yang diterima, terkirim, dan dibaca. Caranya: klik tombol Menu, ke “Setelan”, lalu “Setelan Bisnis”, kemudian “Statistik”.
Bagi akun bisnis yang telah terverifikasi oleh pihak WhatsApp, akan mendapat tanda berupa centang berwarna hijau. Tanda centang ini membuat akun Anda tampil lebih profesional. Selain itu, meski konsumen tidak atau belum menyimpan nomor bisnis Anda, nama bisnis Anda tetap akan terlihat.
Dengan fitur ini, Anda bisa mengelompokkan chat menjadi beberapa kriteria tertentu seperti pesan baru, prospek, menunggu pembayaran, ataupun pesan selesai. Label ini bisa Anda tambahkan dan hapuskan sesuai kebutuhan.
WA Bisnis adalah alat pendukung bagi bisnis Anda yang menawarkan banyak manfaat. Berikut di antaranya:
Agar jualan online Anda makin lancar, ini beberapa tips setting WhatsApp Bisnis yang bisa Anda ikuti:
Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa memanfaatkan berbagai media untuk mempromosikan brand, menggaet lebih banyak pelanggan, dan tentunya meningkatkan pemasukan.
WhatsApp Bisnis merupakan media terbaik untuk para pemula yang baru memulai bisnis, karena aplikasi ini sangat mudah digunakan dan menawarkan fitur-fitur andalan yang tidak Anda temukan di platform lain. Ditambah lagi, aplikasi WhatsApp bisnis juga tersedia secara gratis.
Apakah Anda membutuhkan bantuan untuk mengelola bisnis online dengan strategi marketing yang jitu? Atau sekadar ingin meningkatkan performa toko online Anda di marketplace? AturToko adalah solusinya! Daftarkan bisnis Anda sekarang!