FBPixel
Apa Itu Promosi Bisnis Pengertian, Tujuan, Jenis, Contoh dan Manfaatnya

Apa Itu Promosi Bisnis: Pengertian, Tujuan, Jenis, Contoh dan Manfaatnya

Ditulis pada 11 Mar 2022 oleh

Kategori :

Dalam menjalankan suatu bisnis, baik yang bergerak di bidang jasa maupun perdagangan, promosi menjadi salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan. Tanpa promosi yang baik, mustahil bagi calon pembeli atau klien untuk mengetahui produk jualan Anda. 

Di sisi lain, menjalankan promosi secara efektif juga akan membantu perusahaan dalam meraih keuntungan semaksimal mungkin. Supaya lebih paham mengenai pengertian promosi hingga tips melakukannya, ikuti penjelasannya berikut ini.  

Arti Promosi Secara Umum

Bagi seorang karyawan, promosi diartikan sebagai kenaikan jabatan dan biasanya diiringi dengan bertambahnya pendapatan. 

Berbeda dengan pengertian promosi di atas, dalam dunia pemasaran promosi adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk miliknya. Tujuannya adalah menarik minat calon pembeli potensial sehingga dapat menaikkan angka penjualan. 

Misalnya, seorang tenaga pemasar sedang memberikan potongan harga untuk konsumen yang bersedia melakukan transaksi dalam jumlah tertentu. Pemberian diskon seperti ini menjadi salah satu contoh kegiatan promosi. 

Dalam praktiknya, promosi tidak bisa dilakukan tanpa perencanaan dan strategi. Pasalnya, di luar sana tersedia banyak sekali metode atau media promosi seiring berkembangnya teknologi. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan riset mendalam agar promosi tepat sasaran. 

Promosi Bisnis Menurut Para Ahli

Bagaimana pandangan ahli mengenai promosi? Apa kata mereka tentang aktivitas bisnis satu ini? Inilah beberapa sudut pandang promosi bisnis menurut ahli. 

  • Basu Swastha Dharmmesta

Basu Swastha Dharmmesta menjadi ahli bisnis yang banyak menjelaskan tentang apa itu promosi. Menurutnya, promosi dipandang sebagai persuasi satu arah yang dilakukan untuk memengaruhi seseorang hingga akhirnya menciptakan pertukaran dalam pemasaran. 

  • Fandy Tjiptono

Sementara itu, menurut Fandy Tjiptono promosi merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan menyebarkan informasi, membujuk, memengaruhi, dan meningkatkan target pasar atas perusahaan sekaligus produknya agar calon konsumen dapat menerima, membeli, dan merasa loyal. 

  • Zimmerer

Promosi menurut Zimmerer yaitu segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dimaksudkan untuk memberikan informasi produk kepada pelanggan. Tujuannya supaya masyarakat mau membeli produk tersebut. Periklanan, publisitas, dan penjualan perorangan bisa disebut sebagai promosi.

  • Rambat Liyoadi

Promosi diartikan sebagai salah satu komponen dalam dunia pemasaran yang wajib dilakukan dengan baik oleh perusahaan. Tujuannya tentu saja untuk mengenalkan produk yang ada. 

Selain berfungsi sebagai alat komunikasi antara produsen dengan pembeli, menurut Rambat Liyoadi promosi juga menjadi sarana untuk memengaruhi konsumen agar mau membeli atau menggunakan jasa dari perusahaan. 

  • Philip Kotler

Sederhananya, promosi merupakan strategi marketing yang berfungsi sebagai media komunikasi antara perusahaan dengan pasar melalui komposisi marketing mix

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Kemasan? Fungsi, Tujuan dan Jenisnya

Tujuan Promosi Bisnis

Setiap perusahaan pasti punya tujuan dalam melakukan promosi. Inilah beberapa tujuan paling umum yang ingin diraih perusahaan ketika memasarkan produk. 

  1. Menginformasikan Produk

Promosi adalah sarana terbaik untuk menginformasikan produk baru, mulai dari harga, manfaat, atau cara mendapatkannya. 

Selain itu, promosi menjadi metode bagi perusahaan untuk melatih konsumen dalam membedakan sebuah produk yang ditawarkan dengan produk lain milik pesaing. 

Supaya terlihat unggul dari produk pesaing, Anda bisa menonjolkan nilai produk dengan cara menjelaskan berbagai keunggulan dari produk itu sendiri. 

  1. Membangun Citra Merek

Tujuan kedua adalah membantu perusahaan dalam membentuk citra merek atau branding di mata konsumen sesuai dengan reputasi produk yang diinginkan oleh penjual. Promosi secara masif akan sangat membantu perusahaan untuk mencapai branding yang diinginkan. 

  1. Menaikkan Penjualan

Tujuan promosi yang terakhir adalah menaikkan penjualan. Setelah branding sukses, bukan tidak mungkin bagi perusahaan untuk menaikkan angka penjualan atau membantu penjualan agar tetap stabil. 

Fungsi dan Manfaat Promosi Bagi Bisnis

Agar promosi berjalan optimal, setidaknya perusahaan perlu tahu apa fungsi dari promosi. Berikut ini lima fungsi promosi yang akan membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. 

  • Membangun brand awareness
  • Menjangkau konsumen lebih luas
  • Mendatangkan pembeli baru yang potensial
  • Menambah nilai bisnis yang dijalankan
  • Memberikan informasi terkini terkait produk kepada pelanggan

Jenis-Jenis Promosi dan Contohnya

Menurut Armstrong dan Kotler, jenis promosi dibedakan menjadi 5, yaitu advertising, personal selling, sales promotion, public relation, dan direct marketing. Berikut penjelasan lengkapnya. 

  • Advertising

Advertising atau periklanan merupakan salah satu jenis promosi yang sifatnya berbayar dan jamak ditemukan di radio, televisi, reklame, pers, dan internet. Kampanye iklan ini akan membantu perusahaan dalam menjangkau konsumen baru.

  • Personal Selling

Seperti namanya, personal selling adalah jenis promosi yang prosesnya dilakukan langsung oleh manusia atau biasa dikenal dengan agen, sales, dan wiraniaga. Keunggulan dari jenis promosi satu ini adalah menciptakan hubungan yang lebih akrab antara penjual dan pelanggan.

  • Sales Promotion 

Sales promotion termasuk jenis promosi yang sifatnya jangka pendek. Artinya, melalui sales promotion perusahaan dapat mendongkrak penjualan secara cepat. Adapun beberapa caranya adalah dengan memberikan diskon, penawaran singkat, atau flash sale.

  • Public Relation

Demi memperkuat citra perusahaan, Anda bisa memilih public relation. Umumnya public relation dilakukan dengan cara membuat suatu event, melakukan pemberitaan, hingga berkolaborasi dengan stakeholder

  • Direct Marketing

Terakhir adalah direct marketing, yaitu pemasaran secara langsung menggunakan alat komunikasi, baik itu telepon, SMS, pesan WhatsApp, maupun e-mail.

Tips Melakukan Promosi

Melakukan promosi memang tidak boleh sembarangan. Inilah cara mempromosikan produk dengan efektif yang bisa Anda praktikkan. 

  • Pertama, lakukan segmentasi pasar. Semakin spesifik target pasarnya, semakin besar pula tingkat keberhasilan promosi. 
  • Kedua, tentukan tujuan promosi, apakah untuk membangun brand awareness atau meningkatkan penjualan secara cepat. 
  • Ketiga, pilih jenis dan media promosi yang tepat. Beberapa media yang sering dipakai untuk promosi adalah billboard, flayer, website, e-mail, dan media sosial. 
  • Keempat, buatlah anggaran dana secara efektif agar proses promosi berjalan dengan baik. 
  • Kelima, lakukan pengukuran keberhasilan promosi produk secara berkala untuk menilai apakah promosi telah membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya. 

Baca juga: Apa Itu Bundling? Tipe, dan Strategi untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Promosi 

Inilah beberapa strategi promosi yang bisa Anda praktikkan untuk menaikkan penjualan. 

  1. Strategi Defensif

Strategi defensif atau strategi bertahan merupakan strategi promosi yang sifatnya hanya membantu konsumen agar tidak lupa akan merek suatu produk atau mencegah konsumen berpaling ke merk lain.

  1. Strategi Serangan

Strategi serangan atau ekspansi merupakan strategi yang dilakukan untuk memperoleh atau merebut pangsa pasar yang lebih besar lagi.

  1. Strategi Perkembangan

Strategi perkembangan umumnya digunakan oleh produk yang telah memiliki pangsa pasar yang lebih relatif tinggi namun dengan tingkat pertumbuhan yang sangat lambat.

Di era digital seperti sekarang, teknologi menjadi alat terbaik untuk melakukan promosi. Selain dapat menjangkau konsumen lebih luas, teknologi dapat membantu perusahaan dalam menekan biaya promosi. 

Jika saat ini Anda sedang merintis sebuah bisnis, penting untuk melakukan promosi agar produk dapat dikenal luas oleh masyarakat. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan layanan dari AturToko untuk mengembangkan bisnis yang ada. Klik di sini untuk menikmati layanan AturToko sekarang juga.

English