FBPixel
Apa Itu Ice Breaking Metode dan Varian untuk Mencairkan Suasana Kantor

Apa Itu Ice Breaking: Metode dan Varian untuk Mencairkan Suasana Kantor

Ditulis pada 08 Mar 2022 oleh

Kategori :

Pernahkah Anda merasakan suasana kerja yang kaku sehingga membuat semuanya jenuh dengan tumpukan pekerjaan di kantor? Mungkin ice breaking adalah solusi yang tepat untuk mengatasi ketegangan ini. Namun, apa itu ice breaking? Bagaimana cara kerjanya untuk meredakan ketegangan di kantor? Ikuti informasi lengkapnya berikut ini.

Pengertian Ice Breaking

Kegiatan yang monoton, tugas atau pekerjaan yang menggunung, serta perbedaan usia maupun jenis kelamin terkadang memicu timbulnya suasana kaku dan tegang—baik di lingkungan kantor, sekolah, organisasi, atau situasi lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya kegiatan ice breaking.

Jika dilihat dari frasa bahasa Inggris, terjemahan langsung ice breaking berarti mencairkan es. Dalam arti lebih luas, dua kata ini bermakna sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh satu atau sekelompok orang untuk mencairkan suasana tegang atau kaku, menciptakan suasana yang lebih mengasyikan, dan menghilangkan kejenuhan.

Ice breaking bisa diterapkan dalam berbagai kegiatan, seperti seminar, rapat organisasi, di lingkungan kantor, saat family gathering, atau ketika proses belajar-mengajar.

Manfaat Kegiatan Ice Breaking

Melakukan ice breaking di sela-sela kegiatan atau pekerjaan yang menjemukan dapat memberikan manfaat sebagai berikut

Dalam Lingkungan Pekerjaan

  • Membangun interaksi yang baik antar karyawan.
  • Memicu terciptanya ide-ide kreatif untuk kegiatan ice breaking.
  • Membantu meningkatkan kekompakan dan kerjasama tim yang solid.
  • Membantu memperbaiki kinerja dan performa karyawan.
  • Membantu karyawan untuk berpikir kritis, kreatif, dan sistematis dalam memecahkan masalah.
  • Membentuk pribadi yang baik dan mengasah jiwa kepemimpinan.
  • Membantu meningkatkan fokus, konsentrasi, dan rasa percaya diri.
  • Melatih karyawan dalam mengatur strategi.

Dalam Kegiatan Seminar

  • Mengubah suasana yang tidak kondusif menjadi lebih kondusif.
  • Membantu menjalin keakraban antar peserta seminar.
  • Melatih konsentrasi peserta untuk mengikuti instruksi dan lebih fokus terhadap kegiatan seminar.
  • Memberikan motivasi kepada peserta untuk mengikuti training atau seminar sampai selesai.

Dalam Kegiatan Belajar-Mengajar

  • Membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi.
  • Menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif.
  • Melatih jiwa kepemimpinan dan rasa percaya diri.
  • Meningkatkan kreativitas dalam memecahkan masalah.
  • Meningkatkan rasa solidaritas dan kerjasama tim.

Waktu Terbaik untuk Melakukan Ice Breaking

Jika dilakukan bagi pekerja kantoran yang memiliki jam kerja mulai pukul 08.00- 17.00, maka waktu ideal untuk ice breaking adalah di sela-sela atau usai makan siang. Jadi, karyawan bisa refreshing sejenak dan kembali fokus bekerja setelahnya. Sementara itu, untuk peserta seminar atau training, ice breaking bisa dilakukan ketika peserta sudah terlihat jenuh, tidak konsentrasi, dan mulai ngobrol sendiri.

Macam-Macam Ice Breaking

Kegiatan ice breaking terbagi menjadi beberapa bentuk berikut ini:

Candaan

Bentuk ice breaking ini biasanya dilakukan dalam kegiatan seminar. Pemateri seminar atau ice breaker akan melemparkan candaan yang membuat peserta tertawa. Dengan demikian, suasana seminar yang tadinya membosankan akan kembali hidup.

Permainan

Kegiatan ice breaking ini bisa dilakukan saat acara family gathering atau outbound. Permainan ringan seperti injak bumi atau tepuk berantai bisa membantu membangkitkan suasana serta kekompakan.

Roasting

Ice breaking ini hampir sama seperti candaan, hanya saja levelnya berbeda. Selain itu, roasting tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Dibutuhkan seorang ice breaker berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi agar tidak membuat orang lain tersinggung dengan roasting yang dia lakukan.

Metode-Metode Dalam Ice Breaking

Selain macam-macam bentuk ice breaking, ada beberapa metode yang biasa digunakan, antara lain:

Metode Ceramah

Biasanya dilakukan dalam seminar atau meeting. Dalam metode ini, seorang pemberi materi, pelatih, atau pemimpin kegiatan melakukan ceramah pembuka terlebih dahulu.

Metode Studi Kasus

Dalam metode ini, pemberi materi atau pemimpin kegiatan menyajikan sebuah studi kasus terlebih dahulu. Kemudian, pemateri mengajak peserta seminar atau rapat untuk memecahkan persoalan sederhana dalam kasus tersebut.

Metode Permainan

Sebelum kegiatan seminar atau meeting berlangsung, pemimpin atau pemateri mempersiapkan permainan sederhana terlebih dahulu. Permainan ini yang nantinya akan dilempar ke peserta di tengah-tengah kegiatan dengan tujuan untuk mencairkan suasana.

Hal Penting dalam Ice Breaking

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan ice breaking di kantor, seminar, atau kegiatan apa pun:

  • Tahu waktu terbaik untuk berhenti

Ketika suasana rapat, seminar, atau ketegangan kantor sudah mencair, seorang ice breaker harus tahu waktu terbaik untuk berhenti agar semangat peserta yang sudah membaik tidak redup kembali.

  • Menjaga citra diri dan menimbulkan kesan positif

Seorang ice breaker atau pemateri seminar haruslah bisa menjaga wibawa dan citra diri sendiri agar peserta tetap respect dan mengikuti instruksi ice breaking yang diberikan.

  • Lakukan persiapan

Meski kegiatan ice breaking ini bersifat santai, Anda tetap membutuhkan persiapan dan melakukan riset tentang peserta. Dengan demikian, Anda tahu kegiatan ice breaking seperti apa yang cocok diterapkan saat itu.

Varian Ice Breaking

Berdasarkan cara pelaksanaannya, kegiatan ice breaking ini terbagi menjadi dua varian, yaitu:

  • Ice breaking dengan media

Merupakan kegiatan mencairkan suasana dengan menggunakan media apa pun yang ada di sekitar, agar permainan lebih hidup.

  • Ice breaking tanpa media

Merupakan kegiatan mencairkan suasana tanpa adanya bantuan peralatan atau media lain.

Contoh Permainan Ice Breaking yang Seru

Berikut beberapa contoh game ice breaking yang seru:

Permainan Sambung Kata

Seorang ice breaker akan menunjuk peserta pertama untuk menyebutkan sebuah kata secara bebas. Kemudian, dilanjutkan oleh peserta berikutnya hingga peserta terakhir. Di akhir permainan, peserta paling akhir harus menyebutkan semua rangkaian kata yang telah disebutkan peserta-peserta sebelumnya.

Permainan Tebak Gambar

Di lingkungan kerja, permainan ini bisa menggunakan gambar produk perusahaan. Setiap peserta diberi waktu 5- 10 detik untuk menebak gambar yang ditunjukkan peserta lainnya. Selain seru dan melatih kekompakan, permainan ini juga dapat mengasah pengetahuan karyawan tentang produk-produk perusahaan.

Contoh Permainan Ice Breaking yang Melatih Konsentrasi

Berikut permainan ice breaking yang dapat membantu melatih konsentrasi peserta:

Permainan “Bos Berkata”

Permainan ini melatih karyawan untuk konsentrasi memperhatikan ucapan “bos” atau pemimpin permainan dan melakukan sesuatu sesuai instruksi yang diberikan.

Permainan Kata Kunci

Game ice breaking ini bertujuan menguji konsentrasi dan ketelitian peserta dalam mendengarkan kata kunci yang disebutkan pemimpin permainan saat dia bercerita.

Agar kegiatan ice breaking berjalan lancar, dibutuhkan komunikasi yang baik antara pemimpin permainan dan peserta. Sama halnya dengan bisnis. Dibutuhkan platform yang dapat menyampaikan tentang produk bisnis Anda dengan benar ke pada masyarakat. Oleh karena itu, daftarkan bisnis Anda di AturToko sekarang juga.

AturToko akan membantu proses bisnis Anda, mulai dari mengatur proses order hingga digital marketing. Sekarang, jualan jadi mudah bukan?

English