FBPixel
Cara Cerdas UMKM Beralih ke Platform Digital

8 Contoh Peluang Usaha yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

Ditulis pada 07 Mar 2022 oleh

Hal penting yang harus Anda perhatikan ketika memutuskan menjalankan bisnis atau usaha salah satunya adalah perencanaan yang matang—mulai dari menentukan bidang bisnis atau usaha yang hendak dijalankan, mempelajari potensi dan peluang dari bisnis tersebut, hingga mengatasi keterbatasan modal. Lantas, apa saja contoh peluang usaha yang cukup menjanjikan di tahun 2022 ini meski dengan modal kecil? Berikut ulasannya.

Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Peluang Usaha

Potensi untuk mendapatkan income yang fantastis membuat banyak orang tergiur untuk terjun membuka usaha. Terlebih lagi, jam kerjanya bebas—bisa ditentukan sendiri. Namun, membuka bisnis ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Berikut beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang peluang usaha sebelum memutuskan membuka bisnis baru:

Cari Peluang Usaha Sesuai Passion

Menjalani sesuatu yang sesuai passion biasanya akan membuat seseorang lebih semangat dan serius menekuninya. Begitu juga dalam membangun sebuah usaha. Anda akan cenderung lebih tahan banting, fokus, dan tenang menghadapi setiap tantangan dalam usaha yang sedang dibangun.

Beberapa contoh usaha yang sesuai passion, antara lain usaha kuliner, traveling, dan lain sebagainya.

Memanfaatkan Perkembangan Teknologi

Kemajuan teknologi membuat segalanya bisa dijangkau dengan mudah. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi ini, Anda bisa mengembangkan usaha tanpa batas waktu, tempat, dan biaya lagi. Potensi keuntungan yang diraih juga lebih besar. Oleh karena itu, daftarkan usaha Anda pada marketplace, situs toko online, atau Google My Business agar lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli.

Kenali Produk Kompetitor

Membangun usaha bukan hanya tentang peluang dan produk yang menarik saja. Akan tetapi, ada persaingan usaha yang harus Anda hadapi. Oleh karena itu, Anda juga perlu mempelajari produk kompetitor dan melakukan riset pasar. Dengan demikian, Anda bisa menghasilkan produk yang lebih menarik dan memiliki keunggulan dibanding kompetitor.

Mempelajari kompetitor dan melakukan riset pasar juga membantu Anda dalam melihat peluang usaha baru yang lebih menjanjikan, belum banyak digeluti orang lain, tetapi di sisi lain banyak peminatnya.

8 Contoh Kegiatan Wirausaha yang Sangat Menguntungkan

Berikut delapan contoh kegiatan wirausaha di tahun 2022 dengan modal kecil, tetapi berpotensi bisa meraih keuntungan yang besar.

Usaha Katering Rumahan

Jika Anda memiliki passion di bidang kuliner atau hobi memasak, peluang usaha katering rumahan patut dicoba. Terlebih lagi, Anda tinggal di lingkungan pekerja kantoran yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk memasak sendiri. Situasi ini tentu menguntungkan bagi Anda.

Selain itu, Anda bisa memulai usaha ini dengan modal yang kecil. Anda bisa memanfaatkan peralatan memasak yang ada untuk menghemat bujet. Dengan demikian, modal yang Anda miliki bisa digunakan untuk belanja bahan makanan.

Mulailah dengan menu sederhana khas rumahan yang banyak disukai dan dirindukan kebanyakan orang. Jenis masakan Anda tidak harus banyak, tetapi perhatikan rasanya dan buat seenak mungkin agar konsumen puas. Kepuasan ini yang akan membuat mereka kembali dan menjadi pelanggan tetap.

Dropship

Peluang usaha nyaris tanpa modal adalah semboyan yang cocok untuk kegiatan dropship. Anda hanya membutuhkan kuota dan keahlian untuk membuat konten marketing yang menarik.

Menjadi dropshipper merupakan salah satu peluang usaha yang mudah. Anda tidak perlu repot melakukan pengemasan dan pengiriman barang karena semua itu sudah dilakukan oleh pemilik produk. Selain itu, Anda juga bisa menentukan sendiri besar keuntungan yang diinginkan.

Thrift Shop

Baju bekas juga bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2022 ini. Sejak pandemi COVID-19, tren jual beli pakaian bekas layak pakai terus meningkat. Baju-baju yang dijual di thrift shop ini umumnya adalah barang branded. Dengan harga yang lebih terjangkau, banyak anak muda akan tertarik membelinya.

Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Anda bisa memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk berjualan. Jadi, tidak perlu sewa tempat atau toko.

Jualan Makanan Ringan

Satu lagi usaha kuliner yang bisa dicoba untuk Anda yang hobi memasak dan bereksperimen dengan berbagai macam resep. Anda bisa mencoba membuat camilan atau makanan ringan dari bahan-bahan di sekitar. Misalnya, kentang, pisang, ubi, atau berbagai bahan lainnya.

Olah bahan-bahan tersebut menjadi keripik, kue kering, dan berbagai makanan lainnya, kemudian kemas jadi semenarik mungkin. Modal untuk membuat berbagai camilan ini sangat kecil. Namun, usaha ini bisa memberikan keuntungan yang cukup besar.

Freelancer

Modal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang freelancer adalah keahlian, kuota, dan kreativitas. Beberapa profesi yang bisa Anda tekuni sebagai freelancer, antara lain, desainer grafis, penulis, programmer, fotografer, pengajar bimbel online, dan masih banyak lagi. Anda bisa menjual jasa-jasa ini melalui platform khusus, seperti fiverr, sribulancer, upwork, dan lain sebagainya. Melalui platform-platform ini, Anda bisa menjangkau klien secara luas, bahkan hingga ke luar negeri.

Jual Akun dan Top Up Game

Anda suka bermain game? Saatnya memanfaatkan hobi Anda ini untuk ladang cuan. Daripada hanya bermain, Anda bisa jualan karakter game, top up voucher game, atau jual akun game yang berisi karakter-karakter favorit berlevel tinggi.

Bisnis Afiliasi

Jika Anda aktif bermain media sosial dan memiliki banyak followers, ini bisa dijadikan ladang uang. Caranya dengan mendaftar program affiliate di marketplace atau platform tertentu.

Buat review produk-produk yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari followers Anda dan ajak mereka untuk membeli melalui link tertentu. Apabila ada followers yang beli produk tersebut melalui link yang dibagikan, maka Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Jasa Cuci Motor

Peluang usaha ini bisa Anda buka di rumah saja, tanpa perlu sewa tempat. Pastikan air di rumah Anda mengalir dengan lancar. Setelah itu, siapkan sabun, lap pengering, krim pengkilap, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Meski hanya berawal dari cucian motor bermodal kecil, usaha ini akan memberi keuntungan apabila dijalankan dengan gigih.

Cara Menentukan Peluang Usaha yang Paling Menjanjikan untuk Anda

Setiap bidang usaha tentunya menjanjikan masa depan yang baik dan bermanfaat. Akan tetapi, tidak semua usaha akan memberikan hasil yang baik atau bagus ketika Anda geluti. Oleh karena itu, Anda perlu memilih ruang usaha yang paling tepat.

Mulailah membangun usaha dari sesuatu yang Anda sukai atau sesuai passion. Bangun usaha tersebut dengan kreativitas dan inovasi baru, serta manfaatkan teknologi untuk memperluas jaringan.

Daftarkan usaha Anda di AturToko. Platform ini akan membantu Anda mengelola dan mengembangkan usaha, mulai dari mengatur toko agar nyaman digunakan calon konsumen hingga menentukan strategi pemasaran yang tepat.

English